www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Detik-Detik Gubernur Iran Ditampar Saat Pidato Pelantikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pelabuhan Tanjung Harapan Ditutup 27 September, Aktifitas Embarkasi dan Debarkasi Dialihkan ke Pelabuhan Jelatik
Minggu, 26 September 2021 - 18:32:10 WIB
Spanduk pengumuman akan ditutupnya operasional Pelabuhan Tanjung Harapan dan aktifitas kepelabuhanan akan dialihkan ke dermaga pelabuhan Jelatik
Spanduk pengumuman akan ditutupnya operasional Pelabuhan Tanjung Harapan dan aktifitas kepelabuhanan akan dialihkan ke dermaga pelabuhan Jelatik

SELATPANJANG - Setelah melalui berbagai tahapan, rencana penutupan dan pengalihan operasional Pelabuhan Tanjung Harapan telah diputuskan, mulai diberlakukan Senin (27/9/2021).

Keputusan itu diputuskan melalui hasil rapat koordinasi lintas lembaga dan instansi di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Selatpanjang, Jumat (24/9/2021) sore kemarin.

Awalnya keputusan pemindahan ini diharuskan menunggu agenda hearing yang dilaksanakan Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, namun hingga saat ini belum ada jawaban.

Rencana awal, pelabuhan sementara yang menjadi alternatif untuk aktivitas sandar kapal dan turun naik penumpang. Diantaranya, Pelabuhan Sat Pol Air Polres Meranti yang berada di Jalan Tebingtinggi, Selatpanjang, dan Pelabuhan roll on roll off (roro) di Desa Insit Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Setelah melihat kondisi kedua pelabuhan tersebut dan dilakukan simulasi, masih dianggap cukup riskan untuk aktivitas turun naik penumpang dan sandar kapal. Sehingga pihak KSOP, Pelindo, KPPP dan Pos AL mencari alternatif lain sebelum dilaksanakannya hearing dengan DPRD Meranti

Seperti yang diketahui, kondisi pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang sudah tidak layak lagi untuk aktivitas sandar kapal dan turun naik penumpang. Khususnya untuk kapal ferry, setelah tiang ponton dermaga besar mengalami patah. Sehingga untuk sementara waktu digunakan ponton kecil atau dermaga internasional yang juga dianggap cukup riskan setelah dilakukan kajian teknis

Kepala KSOP Kelas IV Selatpanjang Capt M Ridha R mengatakan rencana pemindahan operasional sandar kapal domestik ini, berdasarkan surat yang mereka terima dari Pelindo beberapa waktu lalu. Dimana rencana penutupan sementara pelabuhan Domestik Tanjung Harapan mulai dilakukan pada 27 September 2021 mendatang.

"Langkah itu tentunya untuk mempermudah proses perbaikan Pelabuhan Tanjung Harapan agar aktivitas pelayanan dan kenyamanan penumpang dapat lebih optimal dari semula," ungkapnya.

Usai rakor tersebut, mereka juga melakukan peninjauan kembali terhadap kesiapan pelabuhan KM Jelatik. Saat itu terdapat sejumlah masukan dari pihak terkait yang harus dipenuhi Pelindo. Termasuk pemenuhan fasilitas penting dan pendukung pelabuhan sementara tersebut.

Kepala KSOP mengaku bahwa jika ditinjau dari aspek keselamatan atau safety, Pelabuhan Jelatik cukup representatif. Baik dari aspek keselamatan bersandar kapal, maupun dari aspek keselamatan turun naik penumpang.

"Selain itu juga ketersediaan ruang tunggu dan toilet, di Pelabuhan Jelatik juga sudah tersedia. Paling tinggal menambah tenda untuk dijadikan ruang tunggu penumpang sebelum naik ke kapal," katanya.

Untuk itu sebelum dilakukan pemindahan, pihak KSOP pun sudah menekankan kepada Pelindo untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Sehingga tiba waktunya tidak mengganggu berlangsungnya aktivitas embarkasi dan debarkasi.

Sementara itu Kepala Pelindo Selatpanjang, Indra Ardiansah, mengakui terhadap jadwal rencana penutupan dan pengalihan operasional Pelabuhan Domestik Tanjung Harapan. Kesiapan yang paling efektif menurutnya jatuh pada 27 September 2021 mendatang.

"Kami sudah siap untuk menyediakan beberapa fasilitas tambahan di pelabuhan sementara ini (KM Jelatik, red). Mulai dari tenda penumpang, pagar pembatas, jembatan penyebrangan hingga toilet," ujarnya.

Karena menurut Indra, keselamatan dan kenyamanan penumpang yang paling utama. Makanya ia mengaku akan menggesa proses perbaikan Tanjung Harapan agar lebih representatif.

"Sementara itu proses perbaikan Pelabuhan Tanjung Harapan target kami rampung dua bulan ke depan. Ya mudah-mudahan tercapai," ungkapnya.

Penulis : Ali Imroen


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Tangkapan layar video Gubernur Iran Abedin Khorram ditampar saat pidato.
Detik-Detik Gubernur Iran Ditampar Saat Pidato Pelantikan
Vaksinasi di Pekanbaru. DPRD Riau Soroti PPKM di 10 Kabupaten Naik ke Level 3
IlustrasiHarga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
IlustrasiLahan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang Belum Dibebaskan Tinggal 750 M
Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut AMSI Nilai Hoaks Pengaruhi Tingkat Kepercayaan Publik terhadap Media Massa
  dr Reisa Broto Asmorodr Reisa Soal Kasus Rachel Vennya: Influencer Harus Bisa Dicontoh
Francesco Bagnaia start terdepan di MotoGP Emilia Romagna 2021, sementara Fabio Quartararo akan start dari posisi ke-15Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Pole, Quartararo Start ke-15
IlustrasiPolisi Diduga Kriminalisasi Petani, Koalisi Desak Kapolres Kampar Dicopot
Adi Putra terpilih secara aklamasi sebagai ketua PWI Kabupaten Bengkalis dalam Konferkab V, periode 2021 - 2024.Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis
IlustrasiSebaran Corona di Indonesia 23 Oktober: Riau Cuma Tambah 9 Kasus
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved