www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Warga Kampung Baru Kuansing Resah Akibat Beruang Madu Berkeliaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Mengulang Sejarah 49 Tahun Silam, Kelvin Ramahenda Siswa Asal Selatpanjang Lolos Paskibraka Nasional
Kamis, 01 Juni 2023 - 20:28:45 WIB
Kelvin Ramahenda asal Selatpanjang lolos Paskibraka Nasional. Hal ini mengulang sejarah dimana sebelumnya pada tahun 1974 Amran juga pernah menjadi Paskibraka di Istana Negara
Kelvin Ramahenda asal Selatpanjang lolos Paskibraka Nasional. Hal ini mengulang sejarah dimana sebelumnya pada tahun 1974 Amran juga pernah menjadi Paskibraka di Istana Negara

Baca juga:

Mengulang Sejarah 49 Tahun Silam, Kelvin Ramahenda Siswa Asal Selatpanjang Lolos Paskibraka Nasional
Gelar Pembukaan Latihan, Sekda Inhu: Bangga, Ada Siswa Kita Wakili Paskibraka Nasional
Pelajar SMAN 1 Teluk Kuantan Kembali Jadi Paskibra Nasional

SELATPANJANG - Kelvin Ramahenda, kelas X di SMAN 1 Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi salah satu wakil dari Provinsi Riau, untuk bergabung menjadi pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional di Istana Negara, pada peringatan HUT RI ke 78.

Kelvin begitu namanya disapa mewakili Riau bersama tiga orang pelajar lainnya yakni Evan Ro Gae Hutagalung dari Pelalawan, Kezia Maruny Paramitha dari Pekanbaru dan Naysila Ayunita Sari dari Kuantan Singingi.

Mereka yang terpilih menjadi wakil Riau, setelah melalui proses seleksi di tingkat Provinsi, keempat nya bergabung dengan perwakilan seluruh provinsi di Indonesia dan ikut mengibarkan bendera di hari HUT RI di Istana pada Kamis, 17 Agustus 2023 nanti.

Kevin yang merupakan anak pertama dari pasangan Mashudi dan Endah Nozalia ini memang dikenal sebagai anak yang menonjol dan segi prestasi dan organisasi.

Hal itu terungkap dari cerita orang tuanya saat bersilaturahmi di kediaman Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar bersama pihak Badan Kesatuan Bangsa Dan PolitikPolitik, Kamis (1/6/2023).

"Dari hitungan akademik, walaupun tidak juara, namun nilainya naik terus dan sering masuk 10 besar. Model anaknya suka bergaul dengan anak lain, hal itu terbukti dengan aktifnya dia di beberapa organisasi di sekolah," kata Endah Nozalia bercerita.

Dikatakan Endah, anaknya sedari kecil bercita-cita ingin menjadi seorang polisi. Disebutkan, sosok Kevin juga terlihat sudah tertanam jiwa kepemimpinan, hal ini sudah terlihat bagaimana cara dia bergaul dan berkumpul dengan sekelilingnya.

Diceritakan Endah, dalam hal Paskibra anaknya bukan tanpa halangan, pada tahun 2022 lalu Kevin yang memiliki tinggi 178 sentimeter ini malah gagal memperkuat tim Paskibra Kabupaten Kepulauan Meranti karena fisiknya yang belum memungkinkan, namun tanpa putus asa ia terus menerus meningkatkan latihan.

"Kevin ini memiliki hobi videographer, dia juga bercita-cita ingin menjadi seorang polisi, selain itu dia juga selalu ditunjuk menjadi pemimpin di beberapa kegiatan dan bahkan sering ditunjuk jadi imam saat solat berjamaah,"ujarnya.

Sementara itu pihak sekolah juga bangga dan bahagia dengan prestasi Kevin, sejak sekolah itu berdiri baru kali ini muncul perwakilan dari SMA 1 Selatpanjang untuk Paskibraka Nasional.

"Sebagai pihak sekolah turut bangga, dengan prestasi yang dibuat Kevin, baru kali ini ada perwakilan SMA 1 Selatpanjang jadi perwakilan Paskibraka Nasional," kata Kepala SMAN 1, Poyadi.

Poyadi menambahkan, ini merupakan capaian tertinggi karena sebelumnya belum pernah siswa SMAN 1 yang lolos seleksi menjadi Paskibraka Nasional. Ia juga berharap bisa menjadi motivasi bagi siswa lain di masa yang akan datang.

"Semoga ini jadi motivasi bagi yang lainnya. Dan banyak lagi anak dari Kepulauan Meranti yang mewakili Riau di tingkat Nasional," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kepulauan Meranti, Wan Zulkifli didampingi Sekretaris Ismiatun dan Kepala Bidang Kesbangpol, Husni Mubarak mengatakan bahwa anak yang dikirim ini diambil dari rekomendasi Tim Seleksi Paskibraka Kabupaten Kepulauan Meranti yang sudah terseleksi secara profesional sesuai juknis dari BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila).

Lebih lanjut kata Wan Zulkifli, dimana masing-masing kabupaten dan kota diminta mengirim 4 orang siswa siswi yang terdiri dari 2 putra dan 2 putri. Dari hasil seleksi tersebut, nantinya akan dipilih 2 orang yang terdiri dari 1 putra dan 1 putri untuk utusan dari Provinsi Riau yang akan menjadi Paskibraka Nasional pada peringatan HUT RI ke 78 di Istana Negara.

Selanjutnya dari sejumlah sekolah didapatkan kuota sebanyak 173 siswa dan 43 orang diikutsertakan dalam Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Pengetahuan Ideologi Pancasila (PIP). Selanjutnya lagi, didapatkan peserta sebanyak 30 orang dan mengikuti seleksi dengan beberapa latihan yakni PBB, samapta dan parade.

"Kita baru pertama kalinya melakukan seleksi untuk Paskibra ini, karena awalnya memang berada di Bagian Kesra dan Disparpora. Mereka yang lolos diikutsertakan dalam Paskibra tingkat kabupaten. Selanjutnya dari 4 orang yang kita kirim semunya lolos, 3 orangnya lolos mengikuti Paskibra tingkat Provinsi Riau dan satunya lagi lolos ke tingkat Paskibraka Nasional," ujarnya.

Disebutkan, adapun mereka yang lolos di tingkat Provinsi Riau yakni Dino Agustian Saputra dari SMAN 1 Tebingtinggi Barat, Sabila Anjani, SMAN 1 Rangsang dan Cindy, Puji Afrianti dari SMAN 1 Selatpanjang.

"Alhamdulillah, mereka putra dan putri terbaik Kabupaten Kepulauan Meranti. Semoga mereka mampu mengharumkan nama baik daerah. Tidak lupa kami ucapkan kepada seluruh pelatih, panitia dan keluarga besar Kesbangpol Provinsi dan tidak lupa kepada seluruh masyarakat yang telah mendo'akan," pungkasnya.

Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih siswa tersebut. Menurutnya ini menjadi kebanggaan dan mengharumkan daerah dan ia akan mendukung penuh terhadap hal itu. Ia berharap kepada tiga siswa yang lolos ke Provinsi Riau dan Kevin yang lolos ke Paskibraka Nasional bisa sukses menjalankan amanah negara menjadi pasukan Pengibar Bendera di Istana.

Menurut Bupati, menjadi anggota Paskibraka merupakan modal yang besar untuk kesuksesan di masa depan. Hal tersebut, menurutnya karena tidak banyak generasi muda yang mendapat kesempatan menjadi anggota Paskibraka.

"Saya secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah mengapresiasi kepada anak kita yang berprestasi di Paskibra tingkat Provinsi Riau dan Paskibraka Nasional. Semoga mereka sukses menjalankan tugasnya sebagai pasukan pengibar bendera dan tentunya kebanggaan bagi kita pemerintah dan masyarakat. Pada intinya kita mendukung penuh anak-anak kita untuk berprestasi dimana pun baik tingkat provinsi maupun Nasional," kata Asmar.

Prestasi Kelvin Ramahenda yang menjadi Paskibraka tingkat Nasional mengulang sejarah 49 tahun silam. Dimana pada tahun 1974, salah seorang siswa asal Kota Selatpanjang bernama Amran A. B utusan Provinsi Riau juga pernah menjadi anggota Paskibraka di istana Negara pada masa Presiden Soeharto Amran yang waktu itu bersekolah di SMEA Negeri Pekanbaru di zaman pemerintah Gubernur Arifin Achmad menjadi pasukan formasi 45 bagian penurunan bendera Pusaka.

Diceritakan, waktu itu ia masih duduk di bangku kelas 2 SMEA. Setelah menyelesaikan tugas sebagai Paskibraka, Amran ditawari oleh presiden Suharto untuk bekerja di istana Negara setelah menyelesaikan pendidikan. Namun ia menolak dengan alasan tidak ingin dan berniat menjadi pegawai negeri dan bercita-cita ingin menjadi pengusaha.

"Setelah menyelesaikan tugas sebagai Paskibraka saya ditawarkan untuk bekerja di Istana Negara jika sudah tamat sekolah, namun saya menolaknya dan ingin menjadi pengusaha. Waktu itu respon pak Harto bagus, dia mengatakan jika ingin menjadi orang kaya jangan jadi pegawai negeri tapi harus jadi pengusaha, karena saat itu memang gaji pegawai sangat kecil," cerita Amran.

Penulis : Ali Imroen

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Beruang madu di Kuansing.(foto: int)Warga Kampung Baru Kuansing Resah Akibat Beruang Madu Berkeliaran
Honda CRF1100L Africa Twin 2024.(foto: int)Dibanderol Rp633 Juta, Honda CRF1100L Africa Twin Terbaru Mengaspal di Indonesia
BRK Syariah menggelar pelatihan dan sertifikasi Penaksir Gadai Emas produk Rahn Emas (foto/ist)Terus Meningkat, Gadai Emas BRK Syariah Tumbuh Mencapai Rp79,2 M
Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel menunjukkan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu yang gagal diselundupkan (foto/bambang)Diwarnai Tembakan, Kejar-kejaran Lanal Dumai dengan Penyelundup 11,6 Kg Sabu Asal Malaysia
Ilustrasi harga sawit swadaya di Riau turun pekan ini (foto/int)Harga TBS Sawit Swadaya di Riau Juga Turun, Ini Rinciannya
  Gibran Rakabuming Raka resmi mundur dari jabatan Walikota Solo (foto/detik)Gibran Mundur dari Walikota Solo: Fokus Persiapan Pelantikan Wapres
Mobil Peugeot yang sudah disuntik mati.(foto: detik.com)Ini Deretan Mobil yang Tak Lagi Dijual di Indonesia pada 2024
Komitmen Telkomsel Ventures membuka peluang kolaborasi guna akselerasi pertumbuhan ekosistem inovasi dan transformasi digital Indonesia (foto/ist)Telkomsel Ventures Pimpin Pendanaan Startup Tictag: Akselerasi Inovasi Digital dan AI di Indonesia
Polisi Riau tangkap penjual ribuan kartu perdana teregistrasi ilegal (foto/int)Terungkap, Penjual Ribuan Kartu Perdana Teregistrasi di Pekanbaru Raup Rp20 Juta per Bulan
Pj Sekda dr Fahdiansyah buka pentas Kesenian Tradisional Randai Kuansing (foto/ist)Pentas Kesenian Tradisional Randai Kuansing Semarakkan HPN 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved