www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Kejari Pelalawan Musnahkan Barang Bukti TPU yang Telah Inkracht
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


4 Jabatan Eselon II Pemkab Kepulauan Meranti yang Ditunda M Adil, Segera Dilantik
Kamis, 27 April 2023 - 19:13:57 WIB

SELATPANJANG - Pasca AKBP (Purn) H. Asmar menjabat sebagai Plt Bupati Kepulauan Meranti, sejumlah jabatan yang kosong untuk waktu yang lama akan segera diisi.

Hal ini mengingat kekosongan jabatan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah saat ini masih diisi oleh pelaksana tugas (Plt).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Bambang Suprianto menjelaskan bahwa pemenuhan kekosongan jabatan tersebut telah diusulkan kepada Kemendagri beberapa waktu yang lalu.

Karena menurutnya pelantikan pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti harus seizin kementerian terkait, mengingat terbatasnya wewenang jabatan Plt Bupati.

"Pelantikan harus izin dari Kemendagri. Karena kapasitas dan wewenang Plt Bupati masih terbatas. Termasuk urusan pelantikan pejabat di lingkungan Pemkab Meranti," ungkap Bambang saat diwawancara Kamis (27/4/2024) siang.

Dijelaskan Bambang saat ini usulan berupa izin pelantikan kepada empat orang pejabat yang telah dinyatakan lolos seleksi pimpinan tinggi pratama (PTP) pada Mei 2022 yang lalu.

"Sudah kita usulkan sebelum lebaran kemarin terhadap empat orang pejabat yang sudah mengikuti seleksi JPTP tahun lalu ke Kemendagri," ujarnya.

Adapun empat jabatan ini terdiri dari Kepala Diskominfotik, Kepala BKPSDM, Kasatpol PP dan satu kekosongan kursi jabatan Staf Ahli Bupati.

Namun, Bambang masih enggan menyampaikan empat nama yang bakal dilantik setelah izin dari Kemdagri itu mereka terima.

Bambang tidak menampik pelantikan ke empat posisi tersebut tertunda hingga setahun merupakan keputusan Muhammad Adil yang saat itu menjabat Bupati Kepulauan Meranti.

"Tertundanya mereka (dilantik) itu murni pertimbangan dari Bupati saat itu," Bebernya.

Disamping itu, selain empat jabatan yang dimaksud, Bambang tidak menampik masih terdapat jabatan lain yang mengalami hal serupa. Namun pemenuhan merata masih sulit karena beberapa pejabat yang lolos seleksi PTP tahun lalu, telah pindah tugas ke luar daerah.

"Hanya itu aja. Pejabat yang lain itu sudah pindah, ada juga yang sudah pensiun. Makanya baru itu saja yang bisa kita atensikan untuk dilakukan pelantikan," tuturnya.

Namun jika pelantikan empat jabatan tersebut rampung, mereka akan kembali membuka seleksi JPTP dalam tahun ini. Namun waktu pelaksanaan masih tentatif mengingat ada regulasi yang harus dipenuhi menuju usulan seleksi.

"Harus dilantik dulu yang lolos seleksi kemarin baru kita bisa usulkan seleksi. Makanya harus cepat ini dilantik agar kita bisa kembali menggelar seleksi untuk memenuhi jabatan lain yang masih kosong atau masih diisi oleh Plt. Tahun ini target kita tak ada lagi jabatan yang kosong," pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Nonaktif, Muhammad Adil melantik 13 pejabat eselon II yang merupakan hasil dari proses assesment Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Padahal ada 30 pejabat yang bersaing untuk mendapatkan 22 jabatan yang dilelangkan. 

Adil waktu itu tidak membantah adanya pejabat eselon II yang mengikuti proses assesment beberapa waktu lalu tidak dilantik. Dia beranggapan ada sejumlah calon yang dinilai belum layak untuk menempati jabatan tersebut. Selain itu ada juga yang mendekati masa pensiun, dan ada belum mendapat rekomendasi dari Gubernur Riau. 

"Ada beberapa yang masih ditunda. Ada ang sengaja saya tunda. Sebetulnya jangan ditunda tapi jangan dilantik lagi, karena belum memenuhi kehendak saya.  Namun hasil proses assesment sudah bagus, hanya saja panitia menyatakan agak dibawah standar," kata Adil. 

Penulis : Ali Imroen

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kegiatan pemusnahan barang bukti di Kejari Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Kejari Pelalawan Musnahkan Barang Bukti TPU yang Telah Inkracht
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Kepulauan Meranti melaksanakan layanan KetupatPermudah Masyarakat Urus Paspor, Imigrasi Selatpanjang Gelar Layanan Ketupat
Plt Direktur Ormas, Risnandar Mahiwa (kiri) disebut-sebut bakal dilantik jadi Pj Wako Pekanbaru (foto/ist)Lusa, Pj Gubri Lantik Pj Wako Pekanbaru, Nama Risnandar Mahiwa Mencuat
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menandatangani kontrak swakelola Program TJSL bersama mitra pelaksana di Pekanbaru (foto/ist)Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
Pengungkapan kasus narkoba di Mapolres Bengkalis Jalan Pertanian Bengkalis (foto/Zulkarnain)Ungkap Kasus 3 Kg Ganja dan 1 Kg Sabu, Bupati Apresiasi Kapolres Bengkalis
  Anggota Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Dedi Yuhara LubisDPRD Pertanyakan Anggaran Lelang Mobil Dinas yang Tak Dilaporkan, Ada Indikasi Penyelewengan
BPOM Dumai bersama pelaku usaha obat tradisional Bagansiapiapi.(foto: afrizal/halloriau.com)BPOM Dumai Beri Edukasi Pelaku Usaha Obat Tradisional Bagansiapiapi
Anggota DPRD Pekanbaru, Hamdani.(foto: int)Kritik Biaya UKT, Hamdani: Peningkatan Pendidikan Jadi Alasan, Harusnya Gratis
PGN Saka miliki teknologi digital twin (foto/ist)PGN Saka Miliki Teknologi Data Real Time Guna Monitor Produksi Migas
PPP Rohil tutup pendaftaran calon bupati dan Wabub untuk Pilkada 2024 (foto/Afrizal)PPP Tutup Pendaftaran Calon Bupati dan Wabub Rohil, 6 Orang Kembalikan Formulir
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved