www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Musrenbang Lubuk Batu Jaya, Infrastruktur dan Pendidikan Dominasi Usulan Prioritas
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kapolres Kepulauan Meranti Patroli Sepeda dan Blusukan ke Pasar di Selatpanjang
Rabu, 30 November 2022 - 18:11:28 WIB
Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul dengarkan curhat pedagang di Pasar modern Selatpanjang
Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul dengarkan curhat pedagang di Pasar modern Selatpanjang

SELATPANJANG - Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SH SIK MH bersama perwira lainnnya melakukan patroli sepeda menyusuri jalan di Kota Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi, Rabu (30/11/2022) pagi

Kapolres yang didampingi Kasat Samapta, AKP Timur Brata Yuda N SH, Kasat Lantas, AKP Boy Setiawan, dan Kapolsek Tebingtinggi, AKP Gunawan itu juga menyambangi beberapa tempat dan menyapa warga.

Perwira menengah Polri yang hobi bersepeda itu mengatakan goes disamping menyehatkan tubuh juga memudahkan untuk menjalin kemitraan antara polisi dan masyarakat.

"Patroli sepeda, selain dalam rangka giat preventif monitor situasi, dan mengantisipasi gangguan kamtibmas, juga untuk meningkatkan pelayanan Polisi serta memudahkan petugas agar lebih leluasa langsung menyapa warga yang ditemui di pusat keramaian," ungkapnya.

Salah satu tempat yang dikunjungi Kapolres dan jajaran adalah Pasar Modern yang berada di Tanjung Harapan. Disana AKBP Andi Yul yang merupakan perwira Polri lulusan Akpol tahun 2003 itu melakukan dialog bersama beberapa pedagang sayur dan warga sambil melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan dan kenaikan.

Sesekali mereka bercengkrama.
Polisi dan warga nampak cair, tidak ada kekakuan dan perasaan sungkan walaupun AKBP Andi Yul saat itu mengenakan seragam lengkap dengan atribut pangkatnya.

Beberapa keluhan para pedagang Pasar Modern juga disampaikan langsung kepada AKBP Andi Yul. Mulai dari sepinya pembeli sampai dengan sarana penunjang di pasar tersebut.

Salah satu pedagang yang mengeluhkan sepinya pembeli menuturkan bahwa sudah dalam beberapa bulan omzetnya turun dan baru beberapa hari ini pula pembeli mulai ramai karena adanya bantuan yang disalurkan pemerintah pusat.

"Sudah lama pasar disini pembelinya sepi pak, tidak banyak masyarakat yang berbelanja. Namun dalam dua hari ini agak ramai karena adanya penyaluran BLT di kantor Pos," curhatnya kepada Kapolres.

Salah satu wanita paruh baya yang diketahui sebagai pekerja di lapak pedagang tersebut juga sempat mengeluhkan kepada Kapolres jika dirinya tidak pernah mendapatkan bantuan sejenis dan dalam bentuk apapun.

Mendengarkan hal itu, Kapolres langsung memerintahkan Bhabinkamtibmas nya untuk mencatat identitas wanita tersebut untuk segera disalurkan bantuan.

Selanjutnya, orang nomor satu di jajaran Kepolisian Resor Kepulauan Meranti ini juga membuka ruang diskusi terbuka dengan beberapa pedagang di warung kopi di pasar tersebut untuk menyikapi perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah itu maupun beberapa permasalahan yang dihadapi.

Disitu Kapolres berbincang dengan Ketua
Persatuan Pedagang Pasar Modern Selatpanjang (P3MS) Muhammad Nasir dan beberapa pedagang lainnya. Disana. kapolres mentraktir seluruh mereka yang duduk dengan memborong semua kue yang dijual seorang nenek tua.

Dalam kesempatan itu, para pedagang lagi dan lagi curhat mengeluhkan kondisi pasar yang sepi pembeli hal itu justru membuat omzet mereka turun drastis.

Dikatakan, penyebab utama kondisi tersebut adalah tidak berputarnya ekonomi masyarakat karena minimnya lapangan pekerjaan, selain itu banyaknya pasar liar yang menyebabkan fokus pembeli tidak berada pada satu tempat.

"Harapan yang kami sampaikan ke pak Kapolres, entah tepat entah tidak, kami hanya minta pedagang yang berada di beberapa tempat seperti di Jalan Imam Bonjol dan Sungai Juling direlokasi kesini agar fokus pembeli tertuju pada satu tempat, lagipula fasilitas tempat berjualan disini ada. Sayang jika tidak dimanfaatkan," kata Muhammad Nasir.

Terhadap kondisi tersebut, Kapolres akan memerintahkan jajaran personilnya untuk berbelanja di pasar tersebut. Terkait relokasi pedagang, Kapolres akan segera berkoordinasi ke Bupati yang mempunyai wewanang terhadap hal tersebut.

"Saya akan perintahkan seluruh polisi untuk wajib membeli dan berbelanja di pasar ini, karena jika ekonomi tidak berputar juga bisa menyumbang angka kriminalitas. Terkait keinginan pedagang disini yang menginginkan pedagang di beberapa tempat direlokasi, saya akan berkoordinasi dan bicara dengan Bupati," ujar Andi Yul.

"Ini juga harus pelan-pelan kita benahi, karena yang kita hadapi itu masyarakat yang sedang mencari makan, namun kalau pedagangnya sudah tertib enak juga mata memandang," ujarnya lagi.

Selanjutnya Kapolres yang mengitari keramaian pasar sekaligus memantau aktifitas jual beli tampak mentraktir warga yang membeli daging. Kapolres juga menyempatkan diri untuk membeli ikan yang akan dimasak dan makan bersama rekan wartawan.

"Ini saya beli ikan, nanti dimasak buat makan bersama rekan media di kantin Mapolres," ujarnya.

Usai mengunjungi Pasar Modern, Kapolres mengatakan, dalam beberapa kali kesempatan pihaknya telah melakukan dialog bersama pedagang, seperti beberapa waktu lalu yang dilaksanakan di pinggiran Kolam Telaga Bening bersama pedagang kaki lima.

Menurut dia, kesempatan bertemu langsung dengan warga di lokasi itu merupakan salah satu cara untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat.

Dengan cara tersebut, diharapkan akan terjalin kerja sama yang baik antara kepolisian dengan masyarakat sehingga akan memudahkan dalam menjaga situasi kamtibmas.

Selain itu melalui pendekatan yang baik juga akan memudahkan pihaknya dalam menyampaikan pesan-pesan pembinaan, penyuluhan dan edukasi kepada warga.

"Kami akan terus melanjutkan kegiatan seperti ini secara berkala karena dengan ngopi bersama, suasana menjadi santai dan mudah kita berbaur di tengah warga," pungkasnya. 

Penulis : Ali Imroen

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Musrenbang Kecamatan Lubuk Batu Jaya 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu (foto/int)Musrenbang Lubuk Batu Jaya, Infrastruktur dan Pendidikan Dominasi Usulan Prioritas
Rumah Kapitan Oei Hi Tam jadi destinasi wisata di Rohil (foto/int)Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
Rizky Billar dan Lesti Kejora saat berada di stadion (foto/int)Haters Ditetapkan Tersangka, Rizky Billar Bersyukur
Ilustrasi Pemko Pekanbaru dapat bantuan bibit dari pemerintah pusat (foto/int)Pemko Pekanbaru Dapat Bantuan Bibit Cabai dan Bawang Ditanam Lahan 10 Hektare
Simpang Garuda Sakti-Soebrantas akan dibangun flyover pada tahun 2024 (foto/int)Tahun Ini Ganti Rugi Lahan, Flyover Simpang Garuda Sakti Dibangun 2024
  Kasatpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian saat razia mengantisipasi LGBT (foto/Rahmat)Antisipasi LGBT, Satpol PP Pekanbaru Sidak Tempat Hiburan Malam
Nissan X-TrailNissan X-Trail Tawarkan 32 Aksesori Baru
Peggy Melati Sukma dinikahi pengusaha New Zealand (foto/int)Cuma Sekali Bertemu, Peggy Melati Sukma Mantap Dinikahi Pengusaha New Zealand
Ilustrasi ratusan ribu militer Rusia disebut akan dikerahkan persiapan serangan baru Ukraina (foto/int)Menhan Ukraina Curigai Rusia Kerahkan 500 Ribu Pasukan Persiapan Serangan Baru
Ilustrasi kunjungan turis asing ke Riau meningkat (foto/int)BPS: 5.280 Turis Asing Berkunjung ke Riau Selama Desember 2022
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved