www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
DPRD Riau Soroti PPKM di 10 Kabupaten Naik ke Level 3
 
Santet, Sihir Maupun Tenung, Ini Doa Penangkal dan Cara Mengatasinya
Kamis, 14 Oktober 2021 - 06:05:33 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Terlepas dari urusan percaya atau tidak, urusan santet maupun memang pelik dan ternyata masih ada di sekitar kita.

Tentu saja, sebagai Muslim kita dilarang mempelajari maupun mengamalkannya.

Seperti diketahui, wejak berabad lalu santet atau ilmu hitam telah dipercaya masyarakat.

Mereka percaya penyakit yang menurut mereka tidak jelas asal muasalnya adalah akibat santet.

Bagi masyarakat yang percaya, orang yang kena santet mengalami penyakit yang tidak diketahui penyebabnya, datang tiba-tiba dan bersifat kronis.

Bisa juga munculnya benda-benda asing di tubuh seperti rambut, paku, atau benda tajam lainnya, dikaitkan dengan santet.

Keyakinan sebagian masyarakat ini berbanding terbalik dengan pendapat ahli medis yang menyatakan penyakit semacam tersebut di atas semata-mata disebabkan adanya gangguan kesehatan.

Sebagian orang mungkin bertanya apa bacaaan doa menghilangkan santet dari tubuh.

Maka berikut jawabannya:

UNTUK penyakit-penyakit yang tidak dicantumkan namanya di sini, terutama penyakit-penyakit yang berkaitan dengan sihir, santet, tenung dan lain-lain, dapat dilakukan terapinya dengan cara berikut:
Ilustrasi Santet Lihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.
Ilustrasi Santet (Darwinsyah/BangkaPos)

1. Tulislah dengan tinta Za’faran di sebuah bejana putih dan baru doa berikut:

“A’udzu bi kalimatillahit tammaati wa as maaihil husnaa kullaha ‘ammatim min syarris saamati wal haammati wa min syarril ‘ainil laammati wa min syarri haasidi idza hasad.”

(Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dan semua nana-nama terbaik-Nya dari kejahatan samah dan hamah dari kejahatan pandangan mata, dan dari kejahatan penghasut).

-  Lalu ayat-ayat Surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas,
-  tiga ayat dari Surah Al-Baqarah yang dimulai dari ayat 163-164,
-  Ayat Kursi,
-  Amanar Rasul sampai akhir surah,
-  sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terakhir Surah Ali Imran,
-  ayat pertama Surah An-Nisa’,
-  ayat pertama Surah Al-Maaidah,
-  ayat pertama Surah Al-An’am,
-  ayat pertama Surah Al-A’raf dan ayat: “Inna rabbakumulahul ladzi” sampai “rabbul ‘aalamiin” dan ayat: “Qaala muusaa maa ji-’tutum bihis sihru innallaaa sayubtiluhu” dan ayat: “Wa alqi maa fii yamiinika talqaf maa shana’uu” sampai “haitsu ataa” dan sepuluh ayat pertama Surah Ash-Shaffaat.

2. Kemudian tulisan itu dihapus dengan air.

Airnya dicampurkan ke bejana yang berisi air lebih banyak. Syaratnya, air tersebut harus bersih dan suci.

3. Kemudian gunakanlah air tersebut untuk mandi dan berwudhu, lalu hirup serta minum sedikit-sedikit sebanyak tiga tegukan.

4. Kemudian usapkanlah sisa air tersebut ke wajah dan seluruh badan.

5. Selanjutnya kerjakanlah salat sunnah dua rakaat dan mintalah kesembuhan kepada Allah SWT.

6. Lakukanlah ibadah salat ini selama tiga hari berturut-turut.
Ilustrasi benda-benda untuk santet Lihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.
Ilustrasi benda-benda untuk santet (Moh Habib Asyhad via Intisari.grid.id)

Seorang sahabat bernama Hasan ra, berkata: “Kami telah mencoba terapi ini dan ternyata memang manjur, berkat izin Allah SWT.” (Sumber : Kamus Salat oleh Dr Muhsin Labib).

Doa terhindar dari sihir

Selain itu, ada doa penangkal santet menurut tuntunan Islam.

Seperti apa doanya?

Umat Islam dianjurkan untuk banyak membaca doa terhindar dari sihir, guna-guna, santet, dan hal-hal mistis lainnya.

1. Doa terhindar dari sihir dan santet

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaha illallah wahdahu la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumit, wa huwa 'ala syai'in qadir

Artinya: Tidak ada Tuhan Selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik Allah segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

Selain itu, ada juga doa lengkapnya yakni:

AUDZU BIKALIMATILLAHITAMMATILLATII LA YUJAAWIZUHUNNA BIRRUN WALAA FAAJIRU MIN SYARRI MA KHOLAQ, WA BAROA WA DZARROA, WA MIN SYARRI MA YUNAZZILU MINASSAMAAI, WA MIN SYARRI MA YA’RUZU FIIHA, WA MIN SYARRI MA DZAROOA FIL ARDHI, WA MIN SYARRI MA YUKHROJU MINHA, WA MIN SYARRI FITANILLLAILI WANNAHAARI, WA MIN SYARRI KULLI THOORIQIN ILLA THOORIQON YATRUQU BIKHOIRIN YA ROHMAN.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, yang tidak akan diterobos oleh orang baik dan orang durhaka, dari kejahatan apa yang diciptakan dan dijadikanNya, dari kejahatan apa yang turun dari langit dan yang naik ke dalamnya, dari kejahatan yang tumbuh di bumi dan yang keluar daripadanya, dari kejahatan fitnah-fitnah malam dan siang, serta dari kejahatan-kejahatan yang datang (di waktu malam) kecuali dengan tujuan baik, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih".
Ilustrasi orang kena santet Lihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.
Ilustrasi orang kena santet (Tribunnews.com)

2. Doa Penangkal Santet

Ada cara menangkal sihir di rumah. Doa penangkal santet ini bisa diamalkan sesuai dengan hadis riwayat Bukhari nomor 3371, Nabi Muhammad SAW berdoa untuk meminta perlindungan untuk Hasan dan Husain:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Latin: Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli 'ainin laammatin

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun dan dari pengaruh 'ain yang buruk

Doa penangkal sihir ini dapat dibaca kapan saja terutama setelah bangun tidur, selesai salat wajib dan salat sunah, dan sebelum tidur.

Itulah doa terhindar dari sihir, guna-guna, santet, gangguan setan, dan hal-hal mistis lainnya.

Cara Mengatasi Santet, Sihir, Teluh hingga Pelet

Pakar ruqyah sekaligus pimpinan Majelis Zikir Alawiya Bangka, Ismail Permana blak-blakan menyebut sihir, santet dan jin memang nyata adanya di tengah masyarakat.

Ismail Permana yang biasa disapa Bang Mael menyebutkan, ruqyah sebagai bentuk cara atau metode dalam Islam untuk mengusir sihir dari orang-orang yang berbuat zolim kepada kita.

"Ruqyah ada dua metode, pertama Syar'iyah yang menggunakan ayat-ayat suci Al-Qur'an sedangkan ruqyah Syirkiyah menggunakan ayam hitam, kelapa atau memakai sesuatu yang tidak disunnahkan itu merupakan musrik," ungkap Bang Mael dalam Dialog Ruang Tengah Bangka Pos, Kamis (24/9/2020) malam.

Bang Mael menjelaskan mengenai tentang ruqyah, sihir dan khodam keturunan.

Dijelaskannya, setan menggoda hati, ada sekeliling kita misalnya saat salat digoda dan akhirnya tidak menunaikan shalat.

Bang Mael menyebut di antara ciri orang dimasuki jin bisa dilihat dari tingkat laku orang tersebut, misalnya yang biasa pendiam jadi temperamen, orang yang biasanya riang kemudian sering melamun.

"Caranya dengan ruqyah mandiri. Waktu yang paling baik ruqyah mandiri setelah shalat, minimal setelah magrib dan setelah subuh. Baca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas dan Ayat Kursi," terangnya.

Namun apabila seperti santet, sihir dan khodam keturunan memang harus memerlukan bantuan dari peruqyah.

Mael juga menyebut, akibat kena sihir membuat wajah manusia kurang bersinar dan terlihat lebih hitam. Santet bagian dari ilmu sihir yang ditujukan kepada orang yang menyakiti fisik maupun batin.

"Kalau disantet sakit di tempat yang sama misalnya di kepala atau tangan, memang benar ada benda dalam bentuk nyata seperti beling, jarum atau benda lainnya, hanya saja melibatkan alam gaib, melibatkan jin untuk menyakiti sasaran," ungkap Mael.

"Terkena santet karena kesalahan diri sendiri yang lalai salat, ngaji sehingga mudah dimasuki santet dan Allah izinkan masuk ke dalam tubuh kita," lanjutnya.

Dia menceritakan, yang diruqyah semua kalangan dari anak kecil sampai orang tua termasuk bayi yang kasusnya nangis dari jam 8 malam sampai pagi.

"Sihir masuk tergantung dari keimanan kita, kalau iman kuat tidak akan mudah dipasuki oleh sihir dan sebaliknya jika iman kita lemah maka akan mudah dimasuki," tuturnya.

Dijelaskannya, Jin yang dikirim melalui santet misalnya lebih jahat ketimbang jin yang ketempelan, jin kiriman karena dihidupin diberikan makan seperti darah.

Pada kesempatan ini juga Bang Mael memberikan cara scaning diri apakah ada ketempelan jin.

"Yang harus dilakukan membaca Al-Fatihah. Pegang dada dan niatkan ya Allah izinkan saya merasakan jin yang ada dalam tubuh saya, apabila jin tersebut membuat hal yang tidak baik dalam tubuh saya hancurkan energi mereka dengan Al-Fatihah," sebutnya.

Pesan Bang Mael jangan mengamalkan ilmu yang tidak sesuai dengan syariat Islam, tidak sesuai Sunnah Rasulullah karena itu membuka gerbang alam gaib yang akan masuk ke dalam tubuh kita dan diwariskan ke anak-anak kita itulah dinamakan Khodam keturunan.

Kedua selalu membaca bismillah apapun yang dilakukan atau aktifitas apapun agar jin-jin tidak mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Ketiga adalah harus bersabar, dalam artian tidak mudah cepat marah, karena kalau tidak, jin akan mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Ke empat terus beribadah, tingkatkan iman dan taqwa kita semata-mata karena Allah Ta'ala, karena kalau tidak ibadah itulah peluang mereka untuk mendzholimi diri kita.

Terakhir adalah jadilah pribadi yang santun. Jangan sekali-sekali menyakiti orang, secara sadar maupun tidak sadar. Segera ucapkan maaf bila kamu merasa ada yang tidak beres antara hubunganmu dengan orang tertentu. Jaga juga perbuatanmu agar tetap disenangi banyak orang.

Sekali lagi, kamu boleh percaya ataupun tidak terkait hal-hal ini. Memang pada akhirnya ilmu-ilmu semacam ini tidak akan lepas dari diri masyarakat Indonesia. Iri, dengki, marah, akan menggelapkan mata seseorang untuk tetap melakukan tindakan jahat ini.

Berikut beberapa jenis ilmu hitam santet yang masih populer di Indonesia yang dilansir Bangkapos.com dari sejumlah sumber.

1. Santet tali gaib

Santet ini sama halnya dengan ilustrasi sebuah tali.

Bisa dibilang santet paling mengerikan, pasalnya santet ini korbanya terus dijaga dan dikontrol dalam kurun waktu tertentu.

Biasanya akan ada semacam tali gaib yang tersambung antara korban dan pelaku.

Jika korban mulai kuat menghadapi santet, maka dukun atau pelaku akan mengisi santet lagi hingga tak ada habisnya.

2. Santet Khodam

Jenis santet ini bekerja ketika dukun atau pelaku santet mengirimkan makhluk halus seperti jin atau setan kepada korban.

Makhluk ini akan mengganggu korban hingga merasukinya.

Banyak korban dari santet ini yang bisa mengalami gangguan mental sampai menyebabkan kematian.

3. Teluh pelesit matimang

Santet ini berasal dari Kalimantan, bahkan sangat terkenal di masyarakat Dayak.

Korban yang terkena santet ini harus ditolong dalam 40 hari, jika tidak ia akan mengalami kematian yang sangat cepat.

4. Santet susuk konde

Santet ini sangat terkenal di tanah Jawa.

Santet susuk konde akan sangat berbahaya bagi manusia jika mengenai manusia.

Biasanya korban santet ini akan mengalami berbagai macam penyakit aneh-aneh yang tak masuk akal.

5. Buhul cacing abin

Santet yang terkenal di Sumatera ini menguasai urat saraf manusia.

Akibatnya orang bisa mengalami kelumpuhan atau mendapatkan penyakit yang aneh.

Jika tak segera diselamatkan maka korban akan meninggal dunia dengan rasa sakit yang sangat maksimal.

6. Santet lepas

Santet jenis ini biasanya dikirimkan oleh seseorang atau dukun kepada korban seperti peluru.

Santet ini masuk ke dalam tubuh dan dibiarkan begitu saja.

Orang yang mengirimnya hanya mengamati dari jauh akan reaksi dari korban.

7. Santet susuk

Jenis santet ini biasanya menggunakan benda-benda seperti jarum, paku, lidi, atau apapun itu yang bisa membuat penerima santet ini merasa kesakitan hingga ke ubun-ubun.

Biasanya media yang digunakan pun seperti boneka, foto atau benda lainnya.*


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Vaksinasi di Pekanbaru. DPRD Riau Soroti PPKM di 10 Kabupaten Naik ke Level 3
IlustrasiHarga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
IlustrasiLahan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang Belum Dibebaskan Tinggal 750 M
  Francesco Bagnaia start terdepan di MotoGP Emilia Romagna 2021, sementara Fabio Quartararo akan start dari posisi ke-15Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Pole, Quartararo Start ke-15
IlustrasiPolisi Diduga Kriminalisasi Petani, Koalisi Desak Kapolres Kampar Dicopot
Adi Putra terpilih secara aklamasi sebagai ketua PWI Kabupaten Bengkalis dalam Konferkab V, periode 2021 - 2024.Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved