www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Warga Sempat Melihat Tersangka Pembunuh Penjual Gorengan di Sumbar Kabur ke Semak-Semak
 
Resmikan AI Experience Center Pertama di Solo Technopark
Indosat Perkuat Langkah Menuju Indonesia Emas 2045
Rabu, 21 Agustus 2024 - 10:17:35 WIB
Jajaran Direksi Indosat saat peresmian AI Experience Center di Solo Technopark.(foto: istimewa)
Jajaran Direksi Indosat saat peresmian AI Experience Center di Solo Technopark.(foto: istimewa)

Baca juga:

SOLO - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) semakin mengukuhkan komitmennya dalam memberdayakan Indonesia dengan meresmikan AI Experience Center pertama di Indonesia yang berlokasi di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah, Selasa (20/8/2024).

Fasilitas ini dilengkapi dengan teknologi canggih dan didukung konektivitas 5G, menjadi bukti nyata dedikasi Indosat dalam mempersiapkan Indonesia sebagai negara berdaya AI, sekaligus menempatkan Indonesia sebagai pemain kunci dalam komunitas AI global.

Peresmian ini dihadiri sejumlah tokoh penting, di antaranya Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya yang mewakili Menkominfo.

Kemudian, President Director dan CEO Indosat, Vikram Sinha serta Walikota Surakarta, Teguh Prakosa.

Acara ini menandai langkah penting dalam pencapaian visi Indonesia Emas 2045, dengan teknologi dan konektivitas 5G sebagai tulang punggung transformasi digital.

Dalam kesempatan itu, Wijaya Kusumawardhana menyampaikan apresiasinya terhadap langkah Indosat.

“Kami mengucapkan selamat kepada Indosat sebagai pionir dalam menghadirkan AI Experience Center pertama di Indonesia. Inisiatif ini merupakan momentum penting bagi evolusi industri telekomunikasi," ucap Wijaya.

"Kami percaya bahwa experience center ini akan menjadi katalisator inovasi di berbagai sektor, dan kami secara penuh mendukung kesuksesannya,” sambungnya.

Senada dengan itu, Vikram Sinha menegaskan, AI Experience Center ini adalah bagian penting dari misi Indosat untuk memberdayakan Indonesia melalui teknologi AI.

“AI Experience Center ini menjadi penanda penting dalam perjalanan kami mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia. Kami mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Indonesia dan mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dalam mendorong Indonesia ke panggung global," ujar Vikram.

"Ini barulah permulaan dari berbagai perkembangan menarik lainnya dalam membuka peluang tanpa batas bagi jutaan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, juga menyampaikan rasa bangganya atas pemilihan Solo sebagai lokasi AI Experience Center pertama di Indonesia.

“Kami merasa terhormat dengan dipilihnya Solo oleh Indosat sebagai tempat AI Experience Center pertama di Indonesia. Fasilitas ini tidak hanya akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark, tapi juga memicu efek berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan,” ungkap Teguh.

AI Experience Center ini bermitra dengan perusahaan teknologi global seperti Huawei dan akan memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk manajemen smart city yang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif.

Selain menampilkan inovasi, experience center ini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program-program bagi pelajar, ASN, hingga masyarakat luas untuk memahami manfaat AI dalam meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru.

Fasilitas ini merupakan langkah awal bagi rencana pendirian AI Center of Excellence oleh Indosat dalam waktu dekat, yang juga akan didukung oleh teknologi 5G.

Komitmen Indosat untuk memajukan teknologi di Solo diawali pada tahun 2021 melalui peluncuran layanan 5G, yang kemudian diikuti oleh penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia.

Melalui AI Experience Center ini, Indosat tidak hanya berinvestasi pada teknologi, tetapi juga pada masa depan Indonesia.

Dengan demikian, fasilitas ini diharapkan menjadi katalisator bagi inovasi, memperkuat pengembangan sumber daya manusia yang siap berkompetisi di era AI, serta membawa manfaat besar bagi masyarakat Indonesia.

Dengan semangat yang tinggi, Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk terus membuka peluang tanpa batas bagi seluruh rakyat Indonesia, menciptakan masa depan yang lebih cerah dan inovatif, didukung oleh AI dan teknologi 5G.(rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Polisi terus buru tersangka kasus Pembunuhan di Padang Pariaman (foto/int)Warga Sempat Melihat Tersangka Pembunuh Penjual Gorengan di Sumbar Kabur ke Semak-Semak
Penampakan tapir langka berkeliaran di Rumbai, Kota Pekanbaru (foto/int)Penampakan Tapir Berkeliaran di Rumbai, Ini Respon BBKSDA Riau
Festival Kue Bulan 2024 yang digelar di Ballroom Hotel Furaya, Pekanbaru (foto/dini)Festival Kue Bulan 2024 Berlangsung Semarak di Pekanbaru
  Persiapan pelantikan 40 anggota DPRD Siak dibarengi gladi bersih (foto/riaupos)Karpet Merah Dibentang, 40 Anggota DPRD Siak Dilantik Besok
EGM Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko (foto/yuni)Kenaikan Penumpang 10 Persen di Bandara SSK II Pekanbaru
Pj Gubri, Rahman Hadi sambut kedatangan Kafilah Riau di Bandara SSK II Pekanbaru (foto/Yuni)Pj Gubri Bangga Riau Bisa Raih Prestasi di MTQ Nasional 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved