www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Walko Risnandar Berencana Tarik Event di Pusat, Riau Bhayangkara Run Jadi Acuan
 
Jangan Telepon Balik Missed Call dari Nomor Ini!
Senin, 24 Juni 2024 - 07:35:56 WIB
ilustrasi: Missed Call.
ilustrasi: Missed Call.

Baca juga:

JAKARTA - Bermacam rupa jenis penipuan yang ada di dunia. Salah satu yang terkenal dan masih ada saja adalah wangiri fraud atau penipuan wangiri. Penipuan ini menggiring orang penasaran untuk menelepon balik missed call dari nomor luar negeri tak dikenal.

Penipuan wangiri sudah dikenal sejak bertahun-tahun silam. Modus ini sempat viral di Indonesia pada tahun 2018. Modus penipuan ini pertama kali terjadi di Jepang sekitar tahun 2000.

Menurut situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), apabila kamu terpancing menelepon nomor telepon asing, pulsa bisa tersedot banyak karena itu merupakan sambungan langsung internasional. Bahkan, kalau nomor itu termasuk ke layanan premium, kerugian lain yang mengintai adalah kamu akan dibebankan biaya tambahan. Tentu saja biaya tambahan itu sebagian besar akan masuk ke kantong penipu.

Kominfo menyarankan pengguna untuk cek prefiks atau awalan nomor yang melakukan missed call. Bila nomor tersebut berasal dari internasional, lebih baik cek kembali, apakah nomor tersebut terasa familiar atau tidak. Apabila tidak, sebaiknya jangan menelepon balik.

Perlu diketahui, setiap negara memiliki kode nomor seluler. Misalnya, Indonesia memiliki kode negara +62, lalu ada +24 yang berasal dari Kongo, hingga +91 dari India.

Meski penipuan ini lagu lama, imbauan tersebut masih berlaku hingga sekarang. Jangan asal menerima telepon atau menelepon balik nomor tak dikenal. Jika penasaran, kamu bisa melakukan penelusuran nomor asing itu di mesin pencari, seperti yang dilansir dari detik.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Penjabat (Pj) Walikota Risnandar MahiwaWalko Risnandar Berencana Tarik Event di Pusat, Riau Bhayangkara Run Jadi Acuan
Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
  Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved