www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Warga Kampung Baru Kuansing Resah Akibat Beruang Madu Berkeliaran
 
Tips Merawat Baju Batik agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Minggu, 17 September 2023 - 14:24:30 WIB

Batik adalah kain indah berharga tinggi yang merupakan warisan budaya Indonesia. Untuk menjaga keindahan dan kualitas baju batik, Anda harus merawatnya dengan cara yang benar. Tujuannya agar baju batik Anda tidak mudah rusak, luntur, dan awet digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk itulah dibutuhkan tips merawat baju batik yang benar yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

Tips Merawat Baju Batik agar Tetap Awet dan Tahan Lama   

Baju batik tidak bisa dirawat dengan cara yang biasa seperti pakaian dari bahan lainnya. Pasalnya kain batik, terutama batik tulis, diproduksi dari dengan menggunakan pewarna alami yang mudah pudar dan luntur jika Anda menggunakan cara yang tidak tepat ketika membersihkannya. Berikut ini tips merawat baju batik yang benar agar baju bisa Anda pakai dalam jangka waktu lama.

  1. Cuci Manual dengan Lembut

Salah satu kunci utama dalam merawat baju batik adalah dengan cara cuci manual. Hindari menggunakan mesin cuci karena gesekan dan putaran mesin dapat merusak motif dan warna batik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pisahkan warna. Jika Anda memiliki baju batik dengan warna-warna yang berbeda, pastikan untuk memisahkan yang berwarna gelap dan yang berwarna terang. Pisahkan juga dari pakaian lain agar tidak terkena warna yang luntur.
  • Gunakan air dingin. Gunakan air dingin atau suam-suam kuku, jangan pernah menggunakan air panas, karena bisa membuat warna batik memudar.
  • Gunakan deterjen lembut. Pilih deterjen yang tidak mengandung pemutih yang bisa merusak warna baju. Jangan gunakan pemutih atau pelembut pakaian, karena bisa merusak warna dan serat batik.
  • Cuci perlahan. Gosok baju batik secara lembut dengan tangan, hindari menggosok atau meremas kain dengan kasar. Pastikan untuk membersihkan noda dengan lembut menggunakan tangan atau sikat lembut.
  • Bilas dengan baik. Pastikan baju batik Anda dibilas hingga bersih dari deterjen. Air sabun yang tertinggal bisa merusak warna dan motif.
  1. Jemur dengan Hati-hati

Setelah mencuci baju batik dengan benar, langkah berikutnya adalah proses pengeringan. Hindari penggunaan mesin pengering, karena panas dan putaran mesin dapat merusak kualitas batik. Jemur baju batik Anda dengan hati-hati dan lakukan cara berikut ini:

  • Hindari sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat memudarkan warna batik. Jemurlah baju batik di tempat yang teduh atau terlindung dari sinar matahari langsung.
  • Jangan Gunakan Pemberat. Hindari menggantung baju batik dengan pegangan atau klip yang bisa merusak serat kain. Gunakan gantungan baju yang lembut atau jemur dengan cara dilipat di bagian tengah.
  • Bentangkan dengan hati-hati. Saat menjemur baju batik, pastikan untuk meratakan kain dengan lembut sehingga motif dan warnanya tetap terlihat indah.
  1. Gunakan Gantungan yang Tepat

Ketika Anda menyimpan baju batik dalam lemari, gunakan gantungan baju yang lembut. Baju batik jangan digantung dengan gantungan baju yang memiliki ujung yang tajam atau kasar, karena bisa merusak serat kain. Juga, pastikan baju batik tidak terlalu berdesakan dalam lemari, karena bisa menyebabkan kerutan dan merusak motif.

Nah, itulah tips merawat baju batik agar tetap awet dan tahan lama. Baju batik yang unik dan berkualitas, namun dengan harga terjangkau bisa Anda dapatkan di Blibli. Online mall ini menyediakan berbagai macam model baju batik terbaru yang bisa Anda pilih sesuai anggaran yang sudah disiapkan.

Anda juga bisa mendapatkan baju batik murah berkualitas premium di Blibli. Caranya mudah, cukup dengan mengakses Blibli melalui aplikasi atau browser dan memilih produk dari merek batik premium yang tersedia di Blibli. Lanjutkan proses belanja Anda dan ambil penawaran harga menarik berupa potongan harga atau kupon cashback. Agar Anda bisa menghemat lebih banyak, gunakan juga promo gratis ongkir tanpa minimum pembelian. Baju batik pilihan akan segera tiba di rumah Anda. Ayo belanja di Blibli sekarang juga!. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Beruang madu di Kuansing.(foto: int)Warga Kampung Baru Kuansing Resah Akibat Beruang Madu Berkeliaran
Honda CRF1100L Africa Twin 2024.(foto: int)Dibanderol Rp633 Juta, Honda CRF1100L Africa Twin Terbaru Mengaspal di Indonesia
BRK Syariah menggelar pelatihan dan sertifikasi Penaksir Gadai Emas produk Rahn Emas (foto/ist)Terus Meningkat, Gadai Emas BRK Syariah Tumbuh Mencapai Rp79,2 M
  Gibran Rakabuming Raka resmi mundur dari jabatan Walikota Solo (foto/detik)Gibran Mundur dari Walikota Solo: Fokus Persiapan Pelantikan Wapres
Mobil Peugeot yang sudah disuntik mati.(foto: detik.com)Ini Deretan Mobil yang Tak Lagi Dijual di Indonesia pada 2024
Komitmen Telkomsel Ventures membuka peluang kolaborasi guna akselerasi pertumbuhan ekosistem inovasi dan transformasi digital Indonesia (foto/ist)Telkomsel Ventures Pimpin Pendanaan Startup Tictag: Akselerasi Inovasi Digital dan AI di Indonesia
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved