www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Mantap, Personel Brimobda Riau Urai Kemacetan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pura-pura Pingsan, Nyawa Petani Karet di Kuansing Selamat dari Amukan Beruang
Rabu, 29 Juni 2022 - 10:34:16 WIB
Petani karet di Kuantan Singingi selamat dari terkaman beruang setelah pura-pura pingsan (foto/ilustrasi)
Petani karet di Kuantan Singingi selamat dari terkaman beruang setelah pura-pura pingsan (foto/ilustrasi)

KUANSING- Abdul Mutolib tak akan pernah melupakan kejadian yang menimpanya seumur hidup. Bagaimana tidak, warga Desa Teratak Baru, Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Singingi itu selamat dari terkaman seekor beruang madu (Helarctos malayanus).

Dilansir dari Antarariau.com, kejadian itu berlangsung Jumat (24/6/2022). Nyawa Abdul selamat, setelah ia berpura-pura pingsan. Beruang madu itu akhirnya berhenti menyerang dan pergi, mungkin menduga Abdul sudah meninggal.

Hal itu dibenarkan Plt Kepala BBKSDA Riau Fifin Arfiana Jogasara, Selasa (28/6/2022). Dirinya menjelaskan kejadian terjadi sekira pukul 10.00 WIB. Abdul sedang menyadap karet di kebun yang jaraknya tak jauh dari rumah. Sekitar 3 kilometer saja.

Saat akan mengumpulkan karet, tanpa diketahui seekor beruang madu sudah didekatnya dan menyerang dari belakang. Abdul melihat satwa tersebut mempunyai tanda berwarna putih di bagian dada.

Abdul tersungkur. Sementara beruang menggigit lengan kirinya. Bersusah payah Abdul berusaha melepaskan gigitan beruang, tapi gagal.

"Setelah yang bersangkutan berpura-pura pingsan dan tidak bergerak barulah si beruang melepaskan gigitan dan cakarannya," kata Fifin.

Setelah beruang itu berlalu, Abdul langsung ambil langkah seribu. Berlari minta tolong pada warga yang ada di sekitar kebun karet. Abdul kemudian segera dibawa ke rumah sakit.

"Kondisi tangan korban mengalami patah tulang dan luka di lengan bagian kiri," katanya.

Lokasi konflik antara manusia dan satwa itu diketahui masih habitat satwa liar sekitar Taman Nasional Tesso Nilo. Pihak BBKSDA Riau tidak menemukan bekas darah maupun cakaran beruang di batang pohon karet di lokasi itu.

Namun tim mendapatkan informasi dari Kepala Desa bahwa di areal tersebut masih banyak satwa beruang madu. "Kepala Desa meminta kepada tim kami untuk mengambil upaya lebih lanjut. Sebab sudah banyak masyarakat yang menjadi korban. Dalam waktu dua tahun tercatat sudah lima orang diserang beruang," terang Fifin.

Dari kejadian itu, diharapkan masyarakat waspada dan tidak sendirian saat beraktivitas di kebun. Untuk beruang sendiri pihak BBKSDA peringatkan jangan dibunuh, sebab satwa itu dilindungi UU. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Personel Brimobda Riau terlihat sibuk mengurai kemacetan yang terjadiMantap, Personel Brimobda Riau Urai Kemacetan
Bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi menggunakan kursi roda keluar dari gedung Jampidsus Kejagung usai jalani pemeriksaan terkait kasus korupsi dan penyerobotan lahan di Inhu.(foto: int)KPK Berencana Gabungkan Penuntutan Surya Darmadi dengan Kejagung
Proses evakuasi 3 crew kapal tongkang dari dalam tangki pelampung kapal.(foto: bayu/halloriau.com)3 Crew Kapal Tongkang Terjebak di Tangki Pelampung, Satu Tewas Kehabisan Oksigen
Gubernur Riau Syamsuar di kebun cabai di Siak.(foto: int)Gubri Bakal Datangkan Cabai dari Sumut dan Gerakkan BUMDes Tekan Inflasi
Heli Water Bombing.(foto: int)BPBD Riau Siagakan 2 Heli Water Bombing di Dumai
  Ilustrasi.(int)Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Gubernur Riau Syamsuar menerima uang Rupiah kertas baru TE 2022 dari Kepala BI Perwakilan Riau M Nur usai peluncuran 7 uang Rupiah kertas baru TE 2022 secara virtual.(foto: mcr)Gubri Minta BI Riau Gencar Sosialisasi Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022
Kepala BI Perwakilan Riau, M Nur.(foto: mcr)Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022 Lebih Sulit Dipalsukan dan Ramah Tunanetra
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil melakukan peninjauan lahan perkebunan kelapaPulau Rangsang, Kepulauan Meranti Akan Dibangun Sentra Kelapa
Tersangka korupsi, Bos Duta Palma Surya Darmadi menggunakan kursi roda usai jalani pemeriksaan kasus korupsi di Kejagung.(foto: bayu/halloriau.com)Surya Darmadi Sakit Usai Diperiksa Kejagung, Besok Giliran KPK Periksa Bos Duta Palma
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Semarakkan HUT ke-77 RI
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved