www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
 
Vaksin Sinovac Belum Lolos Jadi Syarat, Arab Saudi Izinkan Warga Asing Masuk
Jumat, 18 Juni 2021 - 13:36:04 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RIYADH - Kerajaan Arab Saudi telah membuka pintu bagi 11 negara asing. Beberapa contoh negara yang dapat izin, yakni Amerika Serikat, Portugal, Swiss, Prancis, Jerman, dan Jepang.

Indonesia belum mendapat izin. Selain itu, vaksin Sinovac yang digunakan secara luas di Indonesia belum menjadi syarat masuk ke Arab Saudi.

Berdasarkan laporan Saudi Gazette, Jumat (18/6/2021), otoritas penerbangan Saudi meminta agar warga asing terlebih dahulu mendaftarkan jenis vaksin mereka di situs registrasi Muqeem. Vaksin untuk masuk Arab Saudi harus yang sudah lolos di kerajaan tersebut.

"Mendapatkan salah satu vaksin yang disetujui Kerajaan, yang sejauh ini dosis Pfizer-Biontech, dua dosis vaksin Oxford-AstraZeneca, dua dosis vaksin Moderna, satu dosis vaksin Jansen," tulis keterangan di situs Muqeem.

Vaksin Jansen adalah vaksin Johnson & Johnson yang hanya butuh satu dosis.

Warga asing juga harus membawa sertifikasi vaksin ke Arab Saudi. Aturannya adalah warga asing itu baru boleh ke Saudi setidaknya dua pekan setelah mendapatkan dosis kedua.

Harapan Bagi Umrah 2021

Wakil Sekjen Pengurus Pusat Asosiasi Bina Haji dan Umrah Nahdlatul Ulama (PP ASBIHU-NU) HM Nashir Maqsudy menyambut baik diberikannya akses Indonesia pada aplikasi Tawakkalna untuk mendaftar umrah maupun haji.

"Mudah-mudahan ini sebagai sinyal bahwa setelah musim haji 2021 selesai jamaah umrah dari Indonesia diizinkan masuk Kerajaan Arab Saudi," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (14/6/2020).

Menurutnya, puluhan ribu calon jamaah umrah dari Indonesia menunggu izin dari Arab Saudi untuk berangkat menunaikan ibadah umrah setelah setahun Saudi melarangnya.

"Banyak yang menanyakan kapan jamaah umrah dari Indonesia bisa diberangkatkan," ujar Nashir.

Sebagaimana informasi, aplikasi Tawakkalna kini telah bisa diakses di 75 negara termasuk Indonesia.

Pada tahap pertama Tawakkalna hanya bisa diakses negara negara Arab seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, Oman, Yordania, Aljazair, Sudan, Somalia, Maroko, Tunisia, Djibouti, Palestina, dan Libya.

Kini pada tahap kedua, sudah bisa diakses di Mesir, Mauritania, Bosnia, Indonesia, Afghanistan, Uzbekistan, Afrika Selatan, Lebanon, Nigeria, India, Eritrea, Ethiopia, Sri Lanka, Filipina, Bangladesh, Portugal, Republik Ceko, Denmark, Swedia, Inggris, Norwegia, Austria, Amerika Serikat, Jepang, Yunani, Spanyol, Estonia, Italia, Andorra, Irlandia, Islandia, dan Brunei.

Juga beroperasi di Belgia, Polandia, Jerman, Rumania, San Marino, Slovakia, Slovenia, Singapura, Swiss, Prancis, Finlandia, Siprus, Kazakhstan, Kroasia, Kanada, Latvia, Luksemburg, Lithuania, Liechtenstein, Malta, Malaysia, Monako, Selandia Baru, Belanda, Montenegro, Maladewa dan Azerbaijan.

Disebutkan Nashir, dengan diberinya Indonesia akses ke aplikasi Tawakkalna ini menjadi angin baru bagi jamaah umrah Indonesia karena haji belum diizinkan. Aplikasi Tawakkalna telah memiliki lebih dari 21 juta pengguna sejak diluncurkan.

Perlu dicatat bahwa Tawakkalna adalah aplikasi resmi yang diakui oleh Kementerian Kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona, dan dikembangkan oleh Pusat Informasi Nasional.

Aplikasi ini menyediakan informasi instan dan langsung tentang jumlah infeksi virus corona di Arab Saudi, dan membantu dalam mendeteksi dini kemungkinan infeksi begitu pengguna menunjukkan gejala virus corona. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Pegawai Lapas Klas II B Pasir Pangaraian salurkan 100 paket sembako ke masyarakat.Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi resmi membuka acara simulasi pilkades serentakBupati Inhu Resmi Buka Simulasi Pilkades Serentak di Desa Seresam
Tim RPK PT Arara Abadi APP Sinar Mas Berjibaku dengan Warga Padamkan Karhutla di Desa Mengkapan
  Bengkalis Raih Penghargaan KLA Pratama dari Menteri PPPA
Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak
Kepala Bappeda Pelalawan Syahrul SyariefRPJMD Pelalawan 2021-2026 Raih Penghargaan Bergengsi SIPP Award 2021
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Peserta Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved