www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Gubri Peringatkan Truk Over Kapasitas Tak Lintasi Jalan Provinsi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Sidang Sengketa Pilkada 2020, MK Putuskan PSU di Satu TPS di Inhu
Senin, 22 Maret 2021 - 19:35:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang putusan perselisihan hasil Pilkada Inhu 2020, Senin (22/3/2021). Dalam sidang, MK memutuskan untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di satu TPS yang berada di Desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal, yakni TPS 3.

Keputusan tersebut dibacakan oleh Hakim Enny Nurbaningsih. MK memutuskan hasil penghitungan suara Pilkada Inhu 2020 yang dilaksanakan 17 Desember 2020 lalu tidak sah dan harus dilakukan pemungutan suara ulang di 1 TPS tersebut.

Dalam fakta persidangan, MK memutuskan bahwa benar terjadi penyobekan 76 surat suara yang dilakukan petugas KPPS atas nama Rio Andika Saputra karena tak pernah mengikuti bimtek atau simulasi pemungutan suara bagi KPPS.

Dalam amar putusan tersebut, MK juga meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pemungutan suara ulang paling lama 30 hari kerja setelah dibacakannya amar putusan tersebut.

Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto menyebutkan, ada 307 pemilih di TPS 3 Desa Ringin tersebut. Terdiri dari 154 laki-laki dan 153 pemilih perempuan.

Kasus ini berawal saat KPU Inhu menetapkan pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Rezita Meylani Yopi-Junaidi Rachmat (Rajut) sebagai pemenang Pilkada. Pasangan tersebut mendapat 50.356 suara.

Disusul paslon Rizal Zamzami-Yoghi Susilo 50.048 suara. Pasangan Irjen Pol (Purn) Wahyu Adi-Supriati meraih 36.156 suara. Lalu pasangan Siti Aisyah-Agus Rianto 35.653, dan paslon dr Nurhadi-Kapten (Pur) Toni Sutianto meraih 17.644 suara.

Hasil Pilkada Inhu tersebut kemudian digugat ke MK. Hasilnya, MK memerintahkan KPU Inhu melakukan pemungutan suara ulang di TPS 03 Desa Ringin.

"Memerintahkan kepada KPU Indragiri Hulu untuk melakukan pemungutan suara ulang di TPS 03 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal, dalam waktu paling lama 30 hari kerja sejak diucapkannya putusan Mahkamah ini," kata Ketua MK Anwar Usman dalam sidang yang disiarkan di channel YouTube, Senin (22/3/2021).

Penulis: Bayu
Editor: Rico





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Gubernur Riau H Syamsuar (tengah) ketika melakukan peninjaun jalan yang rusak di sejumlah daerah di Riau.Gubri Peringatkan Truk Over Kapasitas Tak Lintasi Jalan Provinsi
Foto: DetikTimnas Jerman Tolak Pakai Seragam Mini, Lawan Seksualisasi Olahraga Senam
IlustrasiSaat Terpapar Covid-19 di Hari Keberapa Hilang Penciuman? Berapa Lama Terjadinya?
IlustrasiButuh Booster, Antibodi Sinovac Memudar 6 Bulan
Kapolda Riau resmikan pembukaan Diktukba Polri.Diktukba Polri Resmi Dibuka, Kapolda Riau: Bentuk Ketrampilan, Pikiran dan Sikap Polri Sejati
  Rapat Paripurna DPRD Inhu.Rapat Paripurna DPRD Inhu, Bupati Sampaikan Pidato Pertamanya
Telkomsel dan Gojek kembali melanjutkan kolaborasi dengan menghadirkan Paket Data Telkomsel khusus bagi mitra UMKM GoFood.Sinergi Telkomsel dan Gojek Terus Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi
Walikota Dumai H Paisal membagikan masker kepada PKL di Jalan Sukajadi Dumai baru-baru ini.
Walikota Dumai Keluarkan Surat Edaran PPKM Level 3, Mulai Berlaku Hari Ini
Petugas berjaga saat pemberlakuan One Way di Selatpanjang Dishub Kepulauan Meranti Hentikan Pemberlakuan One Way di Selatpanjang
Ilustrasi3 Zodiak Ini Bakal Ketiban Rezeki Agustus Mendatang, Kamukah?
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Peserta Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved