www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kreatif! Narapidana Lapas Kuansing Produksi Batik Asli Kota Jalur
Kamis, 30 Juni 2022 - 07:32:23 WIB
int
int

KUANSING - Kreatifitas Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sangat layak diacungi jempol. Bagaimana tidak, belasan narapidana mampu memproduksi batik khas Kota Jalur.

Adalah DK (30), narapidana yang divonis 8 tahun itu awalnya merasa hancur usai jadi narapidana. DK merasa tertimpa musibah besar atas kasus yang menjeratnya.

"Saya menyanggka masuknya ke penjara adalah musibah besar. Tapi ternyata ada hikmah dan berkah dibalik itu semuanya," kata DK, Rabu (29/6/2022), seperti yang dilansir dari detik.

Semangatnya bangkit setelah dia dan 19 warga binaan dari Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan terpilih mengikuti pelatihan untuk membuat batik Khas Kuansing.

"Saya bersyukur setelah terpilih dari 380 penghuni Lapas dan mengikuti pelatihan membuat batik Khas Kuansing. Apalagi ada perjanjian kerjasama antara Lapas, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan," kata DK.

Selama ikut pelatihan, DK akhirnya busa membuat batik khas Kuansing yang saat ini sedang viral. Tentu saja, kreativitas lahir berkat bantuan instruktur yang juga didatangkan dari Asosiasi Batik Kuantan Singingi.

Batik Kuansing sendiri saat ini sedang melejit namanya. Banyak pejabat Riau mulai dari gubernur dan wagub, bupati serta ibu-ibu pejabat lain memakainya.

Belum lagi sejak ada surat edaran Bupati Kuansing untuk pakaian dinas batik yang mengutamakan motif Batik Kuansing pada akhir Tahun 2021 lalu. Permintaan di pasar semakin membludak.

"Batik Kuansing saat ini semakin diminati semua kalangan, baik itu kalangan anak muda, masyarakat ataupun eksekutif dan perkantoran. Ini peluang dan modal usaha juga bagi kami nantinya," kata DK.

Kepala Lapas Kuansing, Bejo yang selalu mendampingi saat pelatihan juga sangat puas dengan kreatifitas warga binaannya. Sependapat dengan DK, membuat batik dapat dijadikan modal dan bekal setelah narapidana menghirup udara bebas.

"Pada dasarnya sesuai dengan sistem pemasyarakatan setiap warga binaan berhak mendapat pembinaan. Binaan ini berupa pembinaan mental kerohanian, skil, keterampilan dan olahraga. Tidak tekecuali membatik ini," katanya.

Bejo optimis keterampilan membatik yang digeluti warga binaan dapat menjadi bekal mencari nafkah. Terutama setelah selesai menjalani masa hukumannya.

"Harapan kita ini menjadi bekal mencari nafkah setelah selesai masa hukuman. Ini jadi modal," katanya.

Khusus kerjasama dengan berbagai pihak, pihak lapas dan warga binaan tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan modal dan pemasaraan. Sebab semua akan dibantu mulai dari produksi sampai penjualan hasil karya kain batik tersebut.

"Dalam kesempatan ini mereka diajarkan buat beberapa motif seperti motif Jalur, motif perahu baganduang, motif takuluak berembai, motif dayung, motif randai dan sebagainya. Masing-masing motif memiliki filosofi yang berbeda," katanya.*


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Gubernur Riau Syamsuar menerima uang Rupiah kertas baru TE 2022 dari Kepala BI Perwakilan Riau M Nur usai peluncuran 7 uang Rupiah kertas baru TE 2022 secara virtual.(foto: mcr)Gubri Minta BI Riau Gencar Sosialisasi Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022
Kepala BI Perwakilan Riau, M Nur.(foto: mcr)Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022 Lebih Sulit Dipalsukan dan Ramah Tunanetra
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil melakukan peninjauan lahan perkebunan kelapaPulau Rangsang, Kepulauan Meranti Akan Dibangun Sentra Kelapa
Tersangka korupsi, Bos Duta Palma Surya Darmadi menggunakan kursi roda usai jalani pemeriksaan kasus korupsi di Kejagung.(foto: bayu/halloriau.com)Surya Darmadi Sakit Usai Diperiksa Kejagung, Besok Giliran KPK Periksa Bos Duta Palma
  Bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi menggunakan kursi roda keluar dari gedung Jampidsus Kejagung usai jalani pemeriksaan terkait kasus korupsi dan penyerobotan lahan di Inhu.(foto: int)KPK Berencana Gabungkan Penuntutan Surya Darmadi dengan Kejagung
Proses evakuasi 3 crew kapal tongkang dari dalam tangki pelampung kapal.(foto: bayu/halloriau.com)3 Crew Kapal Tongkang Terjebak di Tangki Pelampung, Satu Tewas Kehabisan Oksigen
Gubernur Riau Syamsuar di kebun cabai di Siak.(foto: int)Gubri Bakal Datangkan Cabai dari Sumut dan Gerakkan BUMDes Tekan Inflasi
Heli Water Bombing.(foto: int)BPBD Riau Siagakan 2 Heli Water Bombing di Dumai
Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana.(foto: int)Kasus Duta Palma di Inhu Terus Berlanjut, Kini Kejagung Periksa 2 Saksi Baru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Semarakkan HUT ke-77 RI
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved