www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Sinergi Kunci Bangun Ekosistem Sistem Resi Gudang
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
FGD Kanwil Kemenkumham Riau, Kepala Rutan Rengat: Kami Rutin Razia
Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:50:49 WIB
Kepala Rutan Rengat Refin Tua Simanullang
Kepala Rutan Rengat Refin Tua Simanullang

INHU - Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau mengadakan focus group discussion dengan menghadirkan seluruh kepala UPT Pemasyarakatan beserta kepala kesatuan pengamanan lapas/rutan di ruang serbaguna Ismail Saleh, Kanwil Kemenkumham Riau, Kamis (22/7/2021).

FGD itu menindaklanjuti beberapa kasus gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi di beberapa UPT Pemasyarakatan se-Riau serta untuk melakukan review terhadap capaian kinerja sampai Semester II Tahun 2021,

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto dalam menyampaikan bahwa FGD ini dilaksanakan demi menciptakan rasa keamanan dan ketertiban yang kondusif. Dimana apabila dalam suatu organisasi tidak tercipta rasa aman atau terjadi ganguan keamanan, maka akan berpengaruh pada sleuruh aspek. 

“Pembinaan tidak akan terlaksana dengan efektif. Begitu juga dengan perawatan dan pelayanan terhadap WBP lainnya,” ucap Pujo. 

Beberapa waktu lalu telah terjadi gangguan keamanan di UPT Pemasyarakatan di Riau, seperti pelarian dan percobaan pelarian, adanya kasus peredaran narkoba dari dalam lapas/rutan, serta masih beredarnya handphone (HP) di lapas dan rutan. 

Oleh karena itu, kata dia, maka perlu diadakan suatu diskusi untuk memecahkan permasalahan yang ada. “Diharapkan hasil dari pembahasan FGD ini dapat dituangkan dalam bentuk komitmen bersama dan dilaksanakan oleh seluruh kepala UPT dan kepala pengamanan masing-masing UPT, sehingga kedepannya nanti tidak ditemukan lagi gangguan kamtib di seluruh UPT di Riau,” harap Pujo.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal beserta panitia pelaksana kemudian membagi peserta kegiatan menjadi empat komisi. Setiap komisi akan membahas seluruh persoalan yang ada dan kemudian mencari solusi. Setiap komisi juga diwajibkan untuk memaparkan hasil dari diskusi kelompok sehingga diharapkan peserta dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengahadapi suatu masalah.

Senada dengan hal itu Rutan Kelas II B Rengat sendiri terus berinovasi dalam menjaga keamanan serta ketertiban WBP yang menjadi tanggung jawab mereka.

Mulai dengan melakukan pemeriksaan serta razia barang-barang yang tidak seharusnya di dalam rutan.

Kepala Rutan Rengat, Refin Tua Simanullang mengatakan selain kegiatan yang bersifat preventif dirinya juga melakukan pendekatan secara persuasif kepada warga binaannya.

Langkah itu sendiri diambil olehnya agar warga binaan tak sesekali mencoba untuk melakukan hal yang bersifat dilarang selama massa pemasyarakatan berjalan.

"Selain razia yang terus rutin kita lakukan, agenda pendekatan persuasif kepada warga Binaan juga selalu kita lakukan. Langkah itu diambil menyusul agar terciptanya kondisi yang aman dan nyaman didalam Rutan kita," ungkapnya, Sabtu (24/7/2021)

Masih kata dia, jika di perjalanannya ditemukan ada kesalahan yang dinilai cukup fatal dilakukan oleh warga binaan, petugas di sana juga tak akan sangsi untuk bertindak tegas.

"Tindakan tegas itu wajib kami lakukan menyusul dan mempertimbangkan kesalahan warga binaan sendiri, namun hal itu hingga saat ini belum pernah terjadi, yang artinya warga binaaan kita memang sangat mau di Bina untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi," tuturnya.

Penulis: Andri
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
IntSinergi Kunci Bangun Ekosistem Sistem Resi Gudang
Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana (foto Arsip Bappebti)Tindak Tegas, Kemendag Blokir 249 Domain Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Tanpa Izin
ilustrasiHujan Diprediksi Guyur Sebagian Besar Wilayah Riau
ilustrasiTak Bisa Urus Parkir, Kadishub Yuliarso Sebaiknya Mundur
Rumah Yatim Cabang Riau salurkan program bantuan tunai biaya hidup, bantuan bahan-bahan pokok, serta bantuan kitab Alquran untuk warga prasejahtera serta beberapa MDTA di Kecamatan SukajadiBerbagai Program Bantuan Dibagikan Rumah Yatim kepada Warga Kecamatan Sukajadi Pekanbaru
  IlustrasiRiau Usulkan Pembebasan Lahan Percepatan 4 Jalan Tol ke Pusat
Tokoh masyarakat Riau asal Meranti Wan Abu Bakar menyerahkan formatur kepengurusan PerMasKab Kepulauan Meranti kepada ketua terpilih, NazaruddinNazaruddin Pimpin PerMasKab Kepulauan Meranti Pekanbaru Periode 2021-2026
Juru bicara (jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Indra Yovi30 Anak di Riau Meninggal Akibat Covid-19, Orang Tua Harus Waspada
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga Wamendag: Sinergi Kunci Bangun Ekosistem SRG untuk Sejahterakan Petani
ZodiakRamalan Zodiak Hari Ini 18 September 2021
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Tim Verifikasi Diskominfotik Inhu Kunjungi halloriau.com
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved