www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
6 Tanda Wanita Berselingkuh dengan Pria Lain
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Dua Oknum PNS Pelaku Pungli di Rohil Diringkus Aparat
Minggu, 20 Juni 2021 - 19:30:36 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

BANGKO PUSAKO - Tim Satuan Reskrim Polres Rokan Hilir  melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap dua oknum PNS yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) terkait pengurusan Permohonan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kecamatan Bangko Pusako, Jumat (18/6/2021) pekan lalu.

Adapun oknum PNS yang diamankan yaitu berinisial B Boru Sitinjak, warga Kepenghuluan Bangko Mukti, Kecamatan Bangko Pusako dan rekannya berinisial S (39) Warga jalan H. Annas Maamun, Kepenghuluan Bangko Kanan, Kecamatan Bangko Pusako. Kedua ASN itu bertugas di Puskesmas Bangko Pusako.

Demikian disampaikan Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismato SH SIk melalui

Kassubag Humas Polres Rohil, AKP Juliandi, Minggu (18/6), mengatakan kalau proses penangkapan operasi tangkap tangan kedua oknum PNS Puskesmas Bangko Pusako itu berawal saat melakukan pungli untuk permohonan dana UMKM Kabupaten Rohil Tahun Anggaran 2021.

Dari hasil penindakan OTT tersebut, Tim Satuan Reskrim Polres Rokan Hilir mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp1.200.000 di rumah korban yang berada di Jalan menuju PKS PT Bukit Mas, Kepenghuluan Karya Mukti, Kecamatan Rimba Melintang, dan 48 berkas permohonan dana UMKM.
 
Hasil operasi tangkap tangan ini sebelumnya didapat atas informasi dari seorang warga bernama ET selaku penerima dana UMKM pada Rabu (16/6) lalu. Warga itu mengatakan kalau ada oknum PNS Puskesmas Bangko Pusako meminta uang sebesar Rp500.000 dari pencairan Dana UMKM yang sudah diterimanya.

"Pelaku juga ada mengancam korban (penerima dana UMKM) bil korban tidak memberikan sejumlah uang tersebut, maka tidak ada mendapat bantuan BLT UMKM di periode berikutnya karena namanya akan dicoret," ujar Juliandi.

Dari informasi tersebut, Tim Satuan Reskrim Polres Rokan Hilir langsung melakukan penyelidikan dan pengembangan pada Jumat (18/6). tepat pada pukul 09.15 WIB, Tim Satreskrim Polres Rohil melihat korban ET memberikan uang tunai Rp500.000 kepada B BR Sitinjak saat di depan rumah korban dan langsung tim melakukan tindakan dengan cara mengamankan pelaku dan barang bukti.

Hasil interogasi pelaku B Boru Sitinjak, uang tunai Rp500.000 tersebut akan dibagikan kepada rekannya bernama S selaku PNS di Puskesmas Bangko Pusako sebesar RP300.000 dan sisanya Rp200.000 untuk pelaku B Boru Sitinjak. Aparat akhirnya melakukan penangkapan pelaku S di Puskesmas Bangko Pusako.

"Kedua pelaku ini masing-masing memiliki peran yang berbeda, kalau pelaku berinisial S tugasnya mengumpulkan berkas-berkas pemohon sedangkan pelaku B Boru Sitinjak tugasnya meminta uang kepada para penerima dana UMKM. Ada total 48 berkas pemohon. Namun yang sudah dicairkan sebanyak 22 berkas sebesar Rp6.600.000," terang Juliandi.

Namun ada juga sisa dari 5 pemohon yang sudah cair sebelumnya belum membayarkan kepada para pelaku, sementara ada 21 pemohon masih belum menerima dana UMKM dari pemerintah rencananya akan ditransfer melalui bank.

Hasil pengumpulan barang bukti yang diamankan yakni uang tunai Rp1.200.000 dari B Boru Sitinjak (Rp500.000 pada saat OTT dan Rp700.000 uang pungli sebelumnya), selanjutnya uang tunai Rp3.000.000 dari rekannya pelaku berinisial S (sisa uang pungli yang masih ada), 1 unit sepeda motor supra X warna hitam dan merah BM 2199 PA (kendaraan yang digunakan tersangka mendatangi rumah korban) dan 1 buah handphone merk vivo 1919 warna putih silver milik pelaku S.

Para pelaku disangkakan Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Ancaman pidananya penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 200.000.000 dan paling banyak Rp 1.000.000.000 (satu milyar rupiah)," pungkas Juliandi.

Penulis: Afrizal
Editor: Rico



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
ilustrasi6 Tanda Wanita Berselingkuh dengan Pria Lain
ilustrasiRamalan Zodiak 24 Juli 2021: Capricorn, Aquarius, dan Pisces, Saatnya Cari Teman Hidup
AMSI Akan Luncurkan Crisis Center Covid-19
SyamsurizalSyamsurizal Dipastikan Pimpin PPP Riau, Siapa Calon Sekretaris?
Pramugara Lion Air Digerebek dengan Selingkuhan, Begini Fakta Sebenarnya
  Nia RamadhaniSopir Nia Ramadhani Mengaku Tak Digaji, Cuman Dikasih Uang Bensin Motor
Dinas Perhubungan Provinsi Riau bersama tim gabungan dari POM TNI AD, Ditlantas Polda Riau dan Korwas PPNS Ditreskrimsus Polda Riau melakukan razia kendaraan angkutan barang termasuk truk Over Dimensi Over Load92 Truk Ditilang Selama Tiga Hari Razia Tim Gabungan
Kapolda Riau saat membagikan sembako ke warga. Polda Riau Bagikan Ribuan Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19
IlustrasiDaftar Wilayah yang Pekerjanya Bisa Dapat Subsidi Gaji Rp 1 Juta di Riau?
IlustrasiPLN dan DLHK Riau Jalin Kerja Sama Tingkatkan Pelayanan Listrik Desa Sekitar Kawasan Hutan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Monev Program Pamsimas dan IPAL Pesantren di Bengkalis
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved