www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Cegah Kecelakaan Jalan Raya, Polda Riau Bikin Terobosan
Rabu, 22 Mei 2024 - 06:35:24 WIB

PEKANBARU - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau kini terus melakukan terobosan demi mencegah terjadinya kecelakaan jalan raya. Salah satunya adalah program 'Bung Selamat' atau Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan.

Direktur Lantas Polda Riau, Kombes Taufiq Lukman Nurhidayat menyebut terobosan tersebut dibuat untuk keselamatan dalam berlalu lintas. Langkah ini demi menciptakan lalu lintas yang aman, tertib dan lancar.

"Program tersebut menindaklanjuti arahan pimpinan beberapa waktu lalu. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya yang melibatkan angkutan umum, baik kendaraan angkutan barang atau kendaraan angkutan orang," tegas Taufiq di Pekanbaru, Selasa (21/5/2024).

Taufik menilai ada tiga sasaran penting dari program Bung Selamat. Pertama soal perilaku pengemudi angkutan umum berkeselamatan, kedua bagaimana mewujudkan kendaraan angkutan umum yang berkeselanatan dan terakhir adalah bagaimana melakukan rekayasa lantas titik-titik daerah rawan laka lantas.

"Kita Ditlantas Polda Riau akan bersinergi dengan semua stakeholder terkait bagaimana menekan angka kecelakaan di Provinsi Riau yang melibatkan kendaraan angkutan umum baik barang maupun angkutan orang. Maka kita hadirkan program Bung Selamat," imbuh Taufik.

"Secara data dapat kita lihat, tahun ini laka lantas cukup tinggi dan banyak melibatkan kendaraan angkutan umum. Banyak aktifitas kendaraan over dimensi over load atau ODOL yang mengakibatkan jalan rusak, juga adanya keluhan masyarakat karena terjadinya kemacetan yang disebabkan iring-iringan kendaraan ODOL tersebut," kata Taufiq.

Untuk melancarkan program itu, Ditlantas Polda Riau bakal menggelar rapat forum lalu lintas dan angkutan jalan. Dalam forum itu nantinya, Ditlantas akan menginisiasi kebijakan bersama dalam menekan angka laka lantas yang melibatkan kendaraan angkutan umum.

Selain itu, melaksanakan sinergi dengan Dinas Perhubungan dan BPTD melakukan pengecekan kendaraan angkutan umum layak, baik di terminal maupun pool dan di tempat parkir kendaraan angkutan umum. Termasuk edukasi dan pelatihan kepada para sopir angkutan umum dengan melibatkan Diklat Tenaga Kerja Kementerian maupun provisi.

Tak hanya itu saja, Ditlantas Polda Riau juga akan melakukan pengecekan kesehatan dan narkoba kepada para sopir angkutan umum. Termasuk melakukan penegakan hukum gabungan kepada kendaraan-kendaraan angkutan umum yang melanggar ODOL dan melakukan rekayasa lantas terhadap daerah-daerah yang rawan kecelakaan.

"Melalui program Bung Selamat ini yang juga dilaksanakan serentak di seluruh Satlantas jajaran Polda Riau, saya berharap angka kecelakaan lalu lintas, kemacetan dan pelanggaran ODOL angkutan umum dapat kita tekan semaksimal mungkin," kata Taufiq.

Terakhir, Dirlantas Polda Riau menghimbau kepada seluruh pengusaha angkutan umum dan para sopir untuk lebih meningkatkan kesadaran saat berkendara. Termasuk mengecek kondisi fisik kendaraan angkutan yang digunakan sebelum beraktivitas, seperti lampu rem, lampu sen, kondisi ban kendaraan dan kelengkapan lainnya, seperti yang dilansir dari detik.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF HariyantoSosok Syekh Ma'sum Tambusai di Mata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto
Sapi kurban milik anggota DPRD Pekanbaru yang terberat se-Sumatea, kalahkan sali Jokowi.(foto: tribunpekanbaru.com)Lampaui Jokowi dan Terberat se-Sumatera, Politisi Muda Pekanbaru Kurban Sapi 1,3 Ton
Kantor Gubernur Riau.(foto: int)Proses Pengisian Jabatan Eselon II Pemprov Riau dalam Pengajuan Rekomendasi KASN
Plt Kakanwil Kemenag Riau, H Muliardi.(foto: mcr)Ribuan Jemaah Haji Riau Pulang Bertahap Mulai 24 Juni 2024
  Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Saat Memimpin Rapat Kegiatan Bakti Sosial Sinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.Kamis Ini Pemko dan Provinsi akan Gelar Aksi Bersih-bersih Sempena Hari Jadi ke-240
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Sekda Ingatkan ASN Pemko Pekanbaru Tak Tambah Libur
Pintu Tol Pekanbaru-Dumai.(foto: tribunpekanbaru.com)Peningkatan Arus Balik Iduladha di Tol Riau Diprediksi Memuncak Hari ini
Honda Brio.(foto: int)Honda Prospect Motor Raih Penjualan Positif di Kuartal Kedua 2024
PT BSP diwakili Sekper, Ardian menyaksikan pemotongan hewan kurban di Sekretariat PWI Riau, Selasa (18/6/2024).Wartawan PWI Riau Gotong Royong Potong 9 Hewan Kurban
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved