www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pekanbaru Diselimuti Kabut Pagi Hari, Ini Penjelasan BMKG
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Ternyata Masih Mahasiswa, Pembuat Aplikasi Link Undangan Nikah Kuras Rekening Ditangkap Polisi
Kamis, 02 Februari 2023 - 16:43:42 WIB
Ilustrasi pembuat aplikasi link undangan nikah ditangkap (foto/int)
Ilustrasi pembuat aplikasi link undangan nikah ditangkap (foto/int)

Baca juga:

JAKARTA - AI (20), seorang mahasiswa ditangkap tim siber Bareskrim Polri. Ia ditangkap karena membuat aplikasi penipuan dengan modus mengirimkan link undangan elektronik pernikahan melalui pesan WhatsApp.

Kepala Sub Direktorat Cyber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah, Komisaris Sutomo membenarkan penangkapan tersebut. AI tercatat sebagai warga Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

AI pembuat aplikasi pembobolan rekening tabungan dengan modus undangan pernikahan ke korbannya. Sutomo menyebut sebelumnya sudah dua orang diamankan pelaku menyebarkan undangan pernikahan yang berisi link penipuan.

"Pembuatnya ini sudah ditangkap Tim Siber Mabes Polri. Dia jaringannya yang beli aplikasi yang sudah diamankan di Sumatera dan Kabupaten Wajo," sebut Sutomo, Kamis (2/2/2023) seperti dikutip Merdeka.com.

Sutomo menyebut AI membuat aplikasi dan memperjualbelikan. Lalu pembelinya memanfaatkan aplikasi itu untuk berbuat kejahatan menipu banyak korbannya.

"Modus yang dijalankan para pelaku dengan menyebarkan secara acak ke WhatsApp, dengan bentuk pesan berisi link aplikasi dokumen bertuliskan undangan pernikahan. Korban melihat ada pesan, dan diminta untuk membukanya dengan pura-pura saling kenal," sebut Sutomo.

Jika korban terperdaya dengan membuka pesan itu, kata Sutomo, secara otomatis data dalam handphone terunduh hingga masuk ke sistem perbankan. Saat korban membuka aplikasi mobile perbankan di ponselnya maka langsung terbaca pada sistem aplikasi.

"Pelaku kemudian mengubah nomor pin dan menguasai. Selanjutnya, menguras isi tabungan korban dengan mentransfer ke rekening lain," sebut Sutomo.

Aksi kejahatan siber telah terjadi di beberapa daerah termasuk Sulsel. Sejumlah korban bahkan telah melaporkan kejadian penipuan tersebut dengan kerugian puluhan juta.

Korbannya yang melapor ada dua orang. Modus operandi dari kejahatan siber ini timbul karena adanya legal akses. Kami terus mengembangkan kasus ini dan membongkar jaringan-jaringannya," sebutnya.

Sutomo pesan warga agar berhati-hati saat menerima pesan dari orang tidak dikenal. Alasannya, hal tersebut, bisa menjadi awal korban penipuan. (*)

 
    Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kota Pekanbaru diselimuti kabut (foto/yuni)Pekanbaru Diselimuti Kabut Pagi Hari, Ini Penjelasan BMKG
Perayaan HUT Hotel New Hollywood ke-13 beralngsung meriah (foto/ist)Manajemen dan Karyawan Rayakan HUT Hotel New Hollywood ke-13
Pembersihan drainase di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru dengan mini excavator (foto/IG PUPRpku)Pemko Pekanbaru Keruk Drainase Pakai Excavator, Netizen: Kok Baru Sekarang?
Ilustrasi hotspot di Riau masih nihil (foto/int)Hotspot Pulau Sumatera Membara Lagi, BMKG: Riau Tetap Nihil
Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Indra.Pj Sekda Harap MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Riau Berjalan Sukses dan Lancar
  ARA menggelar halalbihalal di Kebun Pribadi salah satu anggota ARA yaitu Prof Dr H Syafrinaldi (foto/ist)ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
Timnas Indonesia U-23 bersiap hadapi Yordania dalam pertarungan penentu nasib di Piala Asia U-23 2024 (foto/detik)Menegangkan, Timnas Indonesia Hadapi Yordania dalam Laga Penentu Nasib di Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi banjir di Pekanbaru dampak hujan lebat seharian (foto/int)Prakiraan Cuaca Hari Ini, Riau Hujan Lebat Sore-Malam, Waspadai Angin Kencang
ilustrasi Karhutla.Petugas Gabungan Siap Siaga di Sejumlah Pos Rawan Karhutla
Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.Pilwako Pekanbaru, Masyarakat Kota Pekanbaru Jangan Terlibat Politik Uang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved