www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Belum Sempat Nikmati Hasil, 3 Pelaku Curanmor di Rimba Melintang Dibekuk
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Ribuan Warga Tionghoa Meriahkan Festival Kue Bulan di Pekanbaru
Sabtu, 30 September 2023 - 10:58:58 WIB
Festival Kue Bulan atau Zhong Qiu di Kota Pekanbaru (foto/bayu)
Festival Kue Bulan atau Zhong Qiu di Kota Pekanbaru (foto/bayu)

PEKANBARU - Ribuan masyarakat Kota Pekanbaru tumpah ruah di Jalan Karet untuk mengikuti Festival Kue Bulan atau Zhong Qiu yang digelar pada Jumat (29/9/2023) malam. Festival yang berlangsung meriah ini dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

"Terimakasih kepada panitia yang sudah melaksanakan festival kue bulan ini. Ini memang sebuah tradisi dari masyarakat Tiongkok yang sudah turun temurun. Bayangkan dari abad 16 Sebelum Masehi sudah diperingati dan dilaksanakan di Tiongkok," ujar Sekda Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (29/9/2023).

Ia mengaku sangat bahagia dengan kegiatan yang bertemakan "merajut kebersamaan menuju Indonesia maju" ini.

"Jadi Indonesia ini memang banyak elemen yang ada di Indonesia termasuk di Pekanbaru. Ada 37 etnis di Pekanbaru termasuk Tionghoa, ini merupakan etnis yang kita anggap sama di Pekanbaru. Gabungan etnis ini menjadi masyarakat Melayu Kota Pekanbaru, yang mana semua mesti bersatu padu untuk membangun Pekanbaru," ungkapnya.

Berkenaan dengan festival ini, Pemko sangat menyambut baik dan berharap festival ini menjadi agenda tahunan. Biasanya agenda tahunan yang dilaksanakan setiap tahun itu makin lama makin ramai. Dan tentu nanti kegiatannya akan lebih bertambah.

"Nanti tak hanya diikuti oleh masyarakat Pekanbaru tapi dari luar Riau seperti Selatpanjang, Rohil, Bengkalis, bahkan harapannya dari luar Riau juga seperti Jakarta dan daerah lain datang kesini untuk menyaksikan festival kue bulan," harapnya.

"Harapan kedepan kita bisa lebih makmur sehat dan bisa bersama bangun pekanbaru dan Riau," imbuhnya.

Ketua Pelaksana acara Romo Toni mengatakan bahwa dalam rangkaian festival kue bulan juga diadakan perlombaan menghias lampion, lomba fotografi dan berbagai kegiatan lainnya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh organisasi yang telah hadir. Ada sekitar 1.650 orang yang ikut dalam kegiatan kita. Dan kalau ditambah dengan pengunjung mungkin sampai 2.000 orang," ujar Romo Toni.

Dirinya mengatakan kegiatan malam ini berjalan lancar dan sangat meriah. "Apalagi kemarin sempat terhenti selama tiga tahun karena Covid-19. Dan kita lihat malam ini sangat meriah," sebutnya.

Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya menceritakan histori dari perayaan ini adalah mau memasuki musim dingin (gugur) yang sebelumnya itu dari musim panas (Mei - Agustus). Pada saat itu juga hasil panennya baik sehingga disyukuri.

"Biasanya orang dulu Festival ini menjadi ajang mencari jodoh. Karena keliling pakai lampion. Jadi kan berkumpullah, sehingga jadi ajang untuk mencari jodoh juga," ujar Stephen Sanjaya.

Dikatakan Stephen, dikatakan Kue Bulan itu berasal dari Sejarah Putri Bulan. Jadi ada seorang raja memberikan obat ramuan kepada seorang wanita. Harusnya obat tersebut diberikan kepada suaminya.

"Raja atau Kaisar itu berpesan agar ramuan tersebut diberikan setengahnya kepada suami perempuan tersebut dan setengah lagi untuk perempuan tersebut. Tapi karena terlalu senang, dirinya justru meminum semua ramuan tersebut. Setelah itu, tubuhnya menjadi ringan," ujarnya.


"Pada saat dirinya mulai mau melayang, dia mencoba meraih sesuatu agar tubuhnya tidak terbang. Yang diraih itu kandang kelinci dia termasuk kelincinya ada di dalam dibawa. Makanya dia naik ke bulan, sehingga disebut Putri Bulan. Makanya di dalam kue bulan itu biasanya ada kuning telur yang melambangkan bulannya itu," jelasnya.

"Dan dipercaya itu kedua suami istri tersebut di setiap tahun pada tanggal lunar tanggal 15 bulan 8 itu mereka bertemu lagi," pungkasnya.

Penulis: Bayu
Editor: Riki

 
    Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Belum Sempat Nikmati Hasil, 3 Pelaku Curanmor di Rimba Melintang Dibekuk
Ilustrasi.(int)Hotspot di Sumatera Meningkat, Sumbar Paling Terdampak
Ilustrasi.(int)Akhir Pekan ini, Hujan Lebat dan Petir Bakal Guyur Riau
Kandidat Capres-Cawapres Pilpres 2024.(foto: int)Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 Dimulai Pekan Depan, Ini Lokasi dan Jadwal Lengkapnya
Bupati Bengkalis, Kasmarni kunjungi warga korban banjir di Dusun Bengkuang Baru.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Dikunjungi Bupati Bengkalis, Warga Dusun Bengkuang: 10 Hari Rumah Kami Terendam Air
  Honda Vario 125 meraih Best Medium Automatic Scooter 110-125 cc dari GridOto Award 2023Honda Vario 125 Raih Best Medium Automatic Scooter 110-125 cc di GridOto Award 2023
Foto bersamaUIR Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Rakernas APSKORI Tahun 2023
Marc Marquez.(foto: int)Marc Marquez Pindah ke Gresini untuk Nikmati Balapan Tanpa Beban
LBH Batas Indragiri saat sosialisasi bantuan hukum kepada WBP Rutan Rengat.(foto: andri/halloriau.com)LBH Batas Indragiri Sosialisasikan Bantuan Hukum WBP Rutan Rengat
Cawapres Muhaimin Iskandar motivasi kader saat meresmikan Kantor DPW PKB Riau di Kota Pekanbaru (foto/ist)Ajak Kader Solid Agar Menang Pilpres, Cak Imin: Rakyat Menunggu Perubahan, AMIN Menang!
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Syukuran HUT ke-13 Media Siber www.halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved