www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ratusan Umat Hadiri Perayaan Kathina di PUB Bodhisatva Mahasthamaprapta
Jumat, 14 Oktober 2022 - 19:12:50 WIB
Perayaan Kathina di PUB Bodhisatva Mahasthamaprapta.(foto: istimewa)
Perayaan Kathina di PUB Bodhisatva Mahasthamaprapta.(foto: istimewa)

PEKANBARU - Persamuan Umat Buddha (PUB) Bodhisatva Mahasthamaprapta Pekanbaru Jalan Sempurna, Gang Flamboyan No 2 C, Kamis (13/10/2022) malam, mengadakan perayaan Kathina 2566 BE tahun 2022.

Perayaan ini dihadiri ratusan umat dan dua anggota Sangha Agung Indonesia, yakni Suhu Badravacana dan Suhu Kirana.

Dalam Dhammadesananya, Suhu Badravacana mengatakan, Hari Kathina menandakan berakhirnya masa Vassa yang merupakan salah satu kewajiban yang dijalankan para bhikkhu/bhikkhuni selama tiga bulan setiap tahunnya.

Vassa merupakan masa berdiam diri bagi para anggota Sangha yang berlangsung di musim penghujan.

Selama musim penghujan para bhikkhu/bhikkhuni tidak melakukan perjalanan penyebaran Dharma, tetapi berdiam bersama di satu tempat hingga musim hujan itu berakhir.

Pelaksanaan Vassa ditetapkan semenjak zaman Buddha Sakyamuni pada sekitar 2500 tahun lalu.

Masa Vassa selain memberi waktu pada para bhikkhu/bhikkhuni untuk melatih diri setelah sepanjang tahun sibuk melayani umat, juga merupakan salah satu perwujudan cinta kasih universal (metta karuna) pada semua mahkhluk hidup.

Pada musim penghujan banyak binatang kecil melata yang berdiam dalam tanah sepanjang musim panas/kemarau akan keluar dari tanah.

Di zaman itu, para anggota Sangha melakukan penyebaran Dharma dengan berjalan kaki, sehingga sangat besar kemungkinannya para binatang tanah yang kecil dan lemah itu akan mati terinjak oleh para bhikkhu/bhikkhuni yang melakukan perjalanan penyebaran Dharma, walau secara tidak disengaja.

Inilah salah satu wujud cinta kasih universal kepada semua makhluk hidup, bahkan kepada para binatang kecil, yang diteladankan oleh Buddha dan dilestarikan keluarga besar Sangha. Selain sebagai penerus pelita Dharma dan penyebar metta karuna.

"Perayaan kathina mengingatkan kita untuk mendukung kelestarian sangha. Dengan berakhirnya masa vassa maka tibalah saatnya bagi para umat perumah tangga untuk menunjukkan metta karuna kepada semua makhluk dengan memberikan dukungan sepenuhnya kepada sangha dalam bentuk dana jubah, makanan, obat-obatan serta hal-hal lain yang berguna untuk mendukung kebutuhan dasar pelestarian sangha, yang pada akhirnya juga menunjang pelestarian dharma," ucap Suhu.

Laurensia selaku Ketua Persamuan mengungkapkan, selain peringatan Hari Kathina Dana 2566 BE/ 2022, juga bertepatan dengan perayaan Hari Besar Bodhisattva Mahasthanaprapta yang diisi dengan sembahyang bersama dan Fangshen burung pada Tanggal 14 Oktober 2022.

Momen Hari Perayaan Kathina juga bertepatan dengan perayaan Hari Besar Bodhisatva Mahasthamaprapta, menurut Ketua Suryanti, momen ini memang sengaja dipilih agar umat Persamuan bisa sekaligus memberikan dana kepada Anggota Sangha yang hadir sekaligus memperingati hari kebesaran Bodhisatva Mahasthamaprapta.

Perayaan Hari Besar Boddhisatva Mahasthamasamaprapta dilaksanakan rutin digelar setiap penanggalan Imlek yang jatuh pada bulan 2 tanggal 19, bulan 6 tanggal 19 dan bulan 9 tanggal 19 setiap tahunnya.(rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Dit Intelkam Polda Riau bersama pengurus RPBD di Kuansing.(foto: rivo/halloriau.com)Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
Sekjen DPW Partai NasDem Riau, Jhony Charles63 Kampung dI Riau Terima Sertifikat Proklim, Jhony Charles Harap Terus Ditingkatkan, Ini Sebabnya
Ilustrasi.(int)Set Top Box Tiba-tiba Meledak, Ini Sebabnya
Bupati Cianjur menerima bantuan donasi untuk korban gempa dari Pemprov Riau.(foto: mcr)Terkumpul Rp676 Juta Lebih, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Korban Gempa Cianjur
Bupati dan pimpinan DPRD Kepulauan Meranti salam komando usai pengesahan APBD Tahun 2023APBD Kepulauan Meranti Tahun 2023 Disahkan Rp1,4 Triliun, Banggar DPRD Berikan Sejumlah Rekomendasi
  Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Diskes Riau Bakal Gelar Seminar Hari AIDS Sedunia Bersama Mahasiswa Kesehatan
Ilustrasi.(int)Sore ini 3 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, Riau Nihil
Ilustrasi.(int)DLHK Riau Verifikasi Administrasi SPJ Sebelum Bangun 2 Sekat Kanal di Rohil dan Pelalawan
Aliansi Masyarakat dan Anggota Poktan Menggala Jaya, unjuk rasa di lahan sengketa. Unjuk Rasa di Lahan Sengketa, Anggota Poktan Menggala Jaya Rohil Minta Syamsuar Bertindak
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, memberikan pemaparan kepada media tentang kolaborasi XL Axiata dan Polri dalam pengamanan KTT G20.(foto: istimewa)XL Axiata-Polri Kolaborasi Terapkan Teknologi Body Worn Camera di KTT G20 Bali
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved