www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
PGN & Premier Oil Jajaki Peluang Komersialisasi Gas Blok Tuna
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Target Rampung Kuartal III dan IV, Progres Tol Padang-Sicincin Sudah 67,20 persen
Selasa, 09 Juli 2024 - 17:31:27 WIB

PEKANBARU - Hingga kini, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dilakukan PT Hutama Karya (HK) (Persero) masih terus berlanjut.

Bahkan dua proyek JTTS yang ditangani HK masuk dalam pembangunan Tahap I telah menunjukkan progres yang signifikan.

Diantaranya Jalan Tol Ruas Padang-Sicincin sepanjang 36 kilometer yang berada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tidji-Seulimum sepanjang 25 kilometer di Provinsi Aceh.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan HK, Adjib Al Hakim mengatakan, ketersediaan lahan untuk pembangunan kedua jalan tol ini sudah hampir selesai, sehingga
proses konstruksi diharapkan dapat berjalan lancar.

"Kita (HK) menargetkan dua ruas ini dapat segera rampung di Kuartal III dan IV tahun 2024. Sehingga konektivitas dan mobilitas antar provinsi akan semakin lancar," ungkap Adjib, Selasa (9/7/2024).

Selain itu, Adjib menjelaskan hingga akhir Juni, progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Padang - Sicincin bertumbuh mencapai 96,68 persen, dengan progres konstruksi mencapai 67,20 persen.

Lalu pada periode yang sama, progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tidji-Seulimum sudah mencapai 76,65 persen, terhadap Penetapan Lokasi (Penlok) lama dan tambahan. Sementara untuk progres pengerjaan fisik jalan tol ini sudah mencapai 88,55 persen.

"Dan nanti, jalan Tol Padang-Sicincin ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur seperti 1 simpang susun, tiga gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal," tuturnya.

"Rencana kecepatan pada ruas ini mencapai 80 km/jam yang mana dapat mempersingkat waktu perjalanan dari Padang menuju Sicincin dari 1,5 jam menjadi hanya 30 menit dan berpotensi bagi pengembangan daerah sekitar," sambungnya.

Sementara jalan Tol Sigli-Banda Aceh, sambungnya, memiliki panjang keseluruhan total 74 km, yang kemudian terbagi menjadi 6 Seksi.

Jika tersambung sepenuhnya, Jalan Tol Sigli-Banda Aceh akan dilengkapi
dengan enam simpang susun, tujuh gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal dengan kecepatan rencana yakni 100 km/jam.

Di sisi lain, ucapnya lagi, untuk kenyamanan bagi pengguna jalan tol, Hutama Karya juga tengah membangun empat Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) atau Rest Area yang ditargetkan rampung pada kuartal III mendatang.

Adapun ruas yang telah beroperasi Seksi 2 hingga 6 (Seulimeum-Baitussalam) dengan ekuivalen panjang 49 km.

"Jika Seksi I rampung, maka Tol Sigli-Banda Aceh akan tersambung sepenuhnya dan dapat mengefisiensikan waktu tempuh dari Sigli ke Banda Aceh yang sebelumnya 2-2,5 jam menjadi 1-1,5 jam perjalanan saja," ujar Adjib.

Adjib juga menambahkan bahwa HK aktif untuk berkoordinasi dengan regulator terkait percepatan proses pengadaan lahan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi I sebagai salah satu strategi percepatan.

Sebagai informasi, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI, Selasa
(2/72024) pekan lalu, Dirut HK, Budi Harto memaparkan progres terbaru dari pembangunan, serta target konstruksi JTTS.

"Sampai dengan 25 Juni 2024, Hutama Karya telah mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 800 km serta direncanakan Tahap I dan sebagian Tahap II selesai pada tahun 2024," ujar Budi Harto.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun JTTS sepanjang ±1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. Dan untuk ruas tol Konstruksi 230 km dan 800 km ruas tol Operasi.

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km), Tol
Palembang-Indralaya (22 km), Tol Medan-Binjai (17 km), Tol Pekanbaru-Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2-6 (49 km) serta Tol Binjai-Langsa Seksi Binjai-Tanjung Pura (38 km).

Kemudian Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17 km), Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 km), Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar (25 km), Tol Indralaya-Prabumulih (64 km), Tol Indrapura – Kisaran (48 km), Tol Tebing Tinggi-Indrapura (28,5 km).

Penulis: Rivo Wijaya
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi anjungan pengeboran minyak lepas pantai.PGN & Premier Oil Jajaki Peluang Komersialisasi Gas Blok Tuna
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Rombongan Agung-Markarius kunjungi pemilik Ponpes Babussalam Tuan Guru Ismail Royan, Selasa (23/7/2024) (foto:ist)Tuan Guru Ismail Royan Doakan AMAN, Sebut Calon Pemimpin yang Berpotensi
  Penjabat (Pj) Walikota Risnandar MahiwaWalko Risnandar Berencana Tarik Event di Pusat, Riau Bhayangkara Run Jadi Acuan
Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
Pj Gubri, SF Hariyanto menyerahkan SK PPPK guru honor Kuansing dan Inhu (foto/int)Akhirnya 332 Guru Honorer di Inhu dan Kuansing Terima SK PPPK
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved