www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Mitsubishi Fuso eCanter Punya Teknologi Canggih ala Mobil Mewah
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Diresmikan
Minggu, 07 Juli 2024 - 22:34:11 WIB

PADANG - Masjid kebanggaan masyarakat Ranah Minang kini resmi menyandang nama Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, tepat saat momen 1 Muharram 1446 Hijriah.

"Pada peringatan tahun baru 1 Muharram 1446 H, nama masjid ini secara resmi adalah Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sumatera Barat," ujar Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dilansir antaranews.com, Minggu (7/7/2024).

Masjid yang berdiri di atas lahan seluas ±7,5 hektar ini pertama kali digagas Gubernur Sumbar periode 2005-2009, Gamawan Fauzi, pada tahun 2006.

Masjid ini diproyeksikan menjadi kawasan Islamic Center di ibukota Provinsi Sumbar, Padang, karena pada saat itu belum ada Islamic Center yang representatif di kota tersebut.

Desain arsitektur masjid ini dirancang Rizal Muslimin yang terinspirasi dari bentuk bentangan kain yang digunakan Nabi Muhammad untuk mengusung batu Hajar Aswad serta sudut lancip keempat tiangnya yang mewakili ciri khas gonjong Rumah Gadang.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan pada Desember 2007 dan secara bertahap selesai pada tahun 2012, selama masa pemerintahan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Sebelum diresmikan dengan nama Masjid Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, awalnya masjid ini dikenal dengan nama Masjid Raya Sumbar.

Namun, merujuk pada Keputusan Menag Nomor 394 Tahun 2004, masjid yang ditetapkan Pemprov dan berada di ibukota provinsi disebut Masjid Raya. Sehingga, Masjid Raya Sumbar sebelumnya belum secara resmi memiliki nama.

"Maka hari ini, setelah berkomunikasi intens dengan ahli waris, nama Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi disematkan sebagai nama masjid," jelas Mahyeldi.

Penamaan masjid ini diharapkan dapat memperkuat peran masjid sebagai pusat pembelajaran adat dan agama Islam serta pusat ekonomi halal di Sumbar.

Acara peresmian ini juga dihadiri Gubernur Sumbar periode 2005-2009, Gamawan Fauzi, Gubernur Sumbar periode 2010-2021, Irwan Prayitno, Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazhar, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat Sumbar.

Dalam rangkaian peresmian ini, juga diluncurkan dua buku yang berkaitan dengan sejarah masjid dan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Buku pertama adalah tentang sejarah Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi yang ditulis Hasril Chaniago, dan buku kedua adalah novel yang mengangkat sejarah Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi yang ditulis oleh Khairul Jasmi.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Acara diskusi Mitsubishi Fuso di GIIAS 2024.Mitsubishi Fuso eCanter Punya Teknologi Canggih ala Mobil Mewah
Penjabat (Pj) Walikota Risnandar MahiwaWalko Risnandar Berencana Tarik Event di Pusat, Riau Bhayangkara Run Jadi Acuan
Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
  Ilustrasi anjungan pengeboran minyak lepas pantai.PGN & Premier Oil Jajaki Peluang Komersialisasi Gas Blok Tuna
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Rombongan Agung-Markarius kunjungi pemilik Ponpes Babussalam Tuan Guru Ismail Royan, Selasa (23/7/2024) (foto:ist)Tuan Guru Ismail Royan Doakan AMAN, Sebut Calon Pemimpin yang Berpotensi
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved