www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
ETLE Kini Pakai Sistem Poin, Resiko SIM Bisa Dicabut
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Gunung Marapi Erupsi Lagi, Abu Vulkanik Melambung Setinggi 1 Km
Selasa, 11 Juni 2024 - 16:19:52 WIB

AGAM - Gunung Marapi, Sumatera Barat kembali erupsi, Selasa (11/6/2024). Letusan terjadi pada pukul 11.37 WIB, disertai dengan lontaran abu vulkanik yang mencapai ketinggian 1 kilometer di atas puncak gunung.

Kepala Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi di Kota Bukittinggi, Ahmad Rifandi, memberikan keterangan resmi terkait peristiwa ini.

"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2024 pukul 11.38 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 1000 meter di atas puncak," ujar Rifandi.

Rekaman seismograf menunjukkan bahwa erupsi ini memiliki amplitudo maksimum 7,2 milimeter dan berlangsung selama 35 detik.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan," tambah Rifandi.

Tak hanya siang ini, erupsi juga tercatat terjadi pada Selasa pagi, pukul 07.12 WIB, dengan lontaran abu vulkanik setinggi setengah kilometer dari puncak gunung. Kolom abu ini juga berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan mengarah ke tenggara.

Saat ini, Gunung Marapi masih berada pada Status Level III Siaga. PGA Marapi mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar gunung untuk tidak mendekati dan beraktivitas dalam radius 4,5 kilometer dari kawah.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lembah atau aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi juga diminta untuk selalu waspada terhadap potensi ancaman bahaya lahar, terutama di saat musim hujan.

Warga diimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas guna menghindari gangguan pernapasan maupun gangguan kesehatan lainnya akibat paparan abu vulkanik, seperti dikutip dari detiksumut.

Dengan status yang masih siaga, masyarakat di sekitar Gunung Marapi diharapkan tetap tenang namun waspada, mengikuti arahan dari pihak berwenang, dan selalu memperhatikan informasi terkini terkait aktivitas vulkanik gunung ini. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ETLE terapkan tilang pakai poin.(ilustrasi/int)ETLE Kini Pakai Sistem Poin, Resiko SIM Bisa Dicabut
Bencana galodo Sumbar beberapa waktu lalu.(foto: int)Pemprov Sumbar Siapkan 3,8 Hektare Lahan Relokasi untuk Korban Bencana di Tanah Datar
Prakiraan cuaca di Riau hari ini.(ilustrasi/int)Cuaca di Riau Hari ini: Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Saat Memimpin Rapat Kegiatan Bakti Sosial Sinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.Kamis Ini Pemko dan Provinsi akan Gelar Aksi Bersih-bersih Sempena Hari Jadi ke-240
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Sekda Ingatkan ASN Pemko Pekanbaru Tak Tambah Libur
  Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 19 Juni 2024: Aquarius Hindari Kesalahan, Gemini Berhemat
Titik panas di Riau.(ilustrasi/int)Riau Menyala 1 Hotspot di Rohul Pagi ini, Sumatera Ada 10 Titik Panas
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF HariyantoSosok Syekh Ma'sum Tambusai di Mata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto
Sapi kurban milik anggota DPRD Pekanbaru yang terberat se-Sumatea, kalahkan sali Jokowi.(foto: tribunpekanbaru.com)Lampaui Jokowi dan Terberat se-Sumatera, Politisi Muda Pekanbaru Kurban Sapi 1,3 Ton
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved