www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Musrenbang Kecamatan Mempura Fokus Pembangunan Infrastruktur dan Stunting
 
Gapki Proyeksi Ekspor CPO Makin Anjlok pada 2024
Jumat, 02 Februari 2024 - 07:13:53 WIB

BANDUNG – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memprediksi ekspor minyak sawit kembali mengalami penurunan pada 2024. Hal ini didorong potensi peningkatan konsumsi apabila biodiesel B40 diterapkan.

Riset dari Gapki menunjukkan peningkatan konsumsi minyak sawit domestik menjadi 25,4 juta ton pada 2023 atau naik 9,08% dari 23,28 juta ton pada 2023. Konsumsi biodiesel mendominasi dengan penyerapan 11,6 juta ton.

Ketua Kompartemen Media Relation Gapki Fenny Sofyan mengatakan peningkatan konsumsi dalam negeri akan memengaruhi ekspor CPO yang diproyeksi turun 11,95% apabila implementasi biodiesel B35 berlanjut dan B40 diberlakukan.

“Kalau di 2024 itu akan meningkat sekitar 9,08%, jadi kalau tadi ditambah 2 juta ton untuk biodiesel [proyeksi konsumsi B40] berarti meningkat ya menjadi 27,4 juta ton konsumsi dalam negeri, ekspor nya turun menjadi 13,95%,” kata Fenny dalam agenda Workshop Jurnalis Industri Hilir Sawit di Bandung, Kamis (1/2/2024).

Laju ekspor minyak sawit mengalami penurunan sejak 2019. Kala itu, volume ekspor mencapai 37,4 juta ton yang kemudian turun menjadi 34 juta ton pada 2020.

Tren penurunan ekspor juga berlanjut pada 2021 di mana volume ekspor hanya mencapai 33,6 juta ton, kemudian pada 2022 naik tipis menjadi 33,9 juta ton. Gapki memprediksi ekspor sepanjang 2023 hanya mencapai 32,9 juta ton.

"Ekspor terus turun, di 2023 ini unik ada sebagian yang menyebutkan ekspor turun itu bukan karena produksi yang stagnan," ujarnya.

Menurut Fenny, ekspor 2023 turun merupakan dampak dari langkah Rusia untuk menandatangani Black Sea Grain Initiative pada 2022. Perjanjian tersebut membuka jalur perdangan sehingga biji-bijian dan sunflower oil dapat di ekspor dengan harga murah.

Hal ini membuat negara tujuan ekspor utama komoditas tersebut yakni China dan India kebanjiran stok pada tahun 2023. Stok biji-bijian dan sunflower oil di kedua negara tersebut diproyeksi akan habis pada momentum Imlek tahun ini.

"Makanya kemudian itu di Oil World, Pakistan juga konsisten bahwa penurunan ekspor dari Indonesia lebih karena mereka [China dan India] punya stok yang cukup tinggi, tetapi kalau lihat disini ya memang produksinya juga stagnan," tuturnya.

Adapun, Fenny menuturkan, produksi CPO/CPKO Indonesia stagnan selama 4 tahun, sementara penerapan biodiesel terus memicu peningkatan konsumsi domestik untuk pangan, biodiesel, oleochemical.

"Dengan adanya el nino di tahun 2023, sedikit banyak akan mempengaruhi penurunan produksi hingga 2024 mrskipun tidak terlalu signifikan. Realisasi Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) sangat rendah," pungkasnya, seperti yang dilansir dari bisnis. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wabup Siak saat Musrenbang Mempura.(foto: diana/halloriau.com)Musrenbang Kecamatan Mempura Fokus Pembangunan Infrastruktur dan Stunting
Buku nikah yang diterbitkan KUA.(ilustrasi/int)Rencana Yaqut Ingin Jadikan KUA Tempat Nikah Semua Agama, Begini Respon DPRD Pekanbaru
PHR beri edukasi bahaya api kepada para siswa TK.(foto: istimewa)Anak-anak TK Duri Terima Edukasi Kebakaran dari PHR
  Ketua Bawaslu Riau AlnofrizalPilgubri 2024 Butuh Rp31,5 Miliar, Bakal Ditanggung APBD
Rekapitulasi suara Pemilu 2024.(ilustrasi/int)490 Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Ketat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Pekanbaru
Bikers HPCI Kampar Chapter saat hangout ke Hutan Pinus Bangkinang.(foto: istimewa)Honda PCX Club Indonesia Chapter Kampar Hangout di Hutan Pinus Bangkinang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved