www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
 
Jalur Kemitraan Percepat Program Peremajaan Sawit Rakyat
Rabu, 20 September 2023 - 10:05:20 WIB
CEO Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau, Feredy, menyampaikan pidato sambutan dalam acara penanaman perdana PSR jalur kemitraan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau (foto/ist)
CEO Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau, Feredy, menyampaikan pidato sambutan dalam acara penanaman perdana PSR jalur kemitraan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau (foto/ist)

Baca juga:

Peremajaan Kebun Sawit Petani di Riau Capai 1.135 Ha Selama 2023
Jalur Kemitraan Percepat Program Peremajaan Sawit Rakyat
Kick Off Tanam Perdana Percepatan PSR Mitra Gapki, Produksi Sawit Riau Diharap Meningkat

PEKANBARU - Jalur kemitraan yang melibatkan perusahaan perkebunan kelapa sawit mampu mempercepat program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Dengan cara ini, petani bisa bekerja sama dengan perusahaan mitra dalam penyediaan bibit, penanaman kembali (replanting), serta pendampingan budi daya.

Program PSR yang berlangsung di berbagai daerah di Indonesia bertujuan meningkatkan volume maupun kualitas produksi tandan buah segar (TBS) sawit para petani.

Salah satu program PSR jalur kemitraan dilakukan oleh PT Buana Wiralestari Mas, grup Sinar Mas Agribusiness and Food yang berlokasi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, terhadap para petani yang tergabung dalam Koperasi Berkat Ridho Mitra.

Penanaman perdana dilakukan bersama Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) pada Senin (18/9/2023). Dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian.

Menurut pemaparan Feredy selaku CEO Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau, pihaknya menyelenggarakan program PSR pola kemitraan strategis atau inclusive closed loop model untuk membuka peluang para petani berkembang lebih jauh.

“Kami mendukung para petani mitra dari tahap pengumpulan dokumen, pengajuan program PSR, verifikasi oleh surveyor, hingga proses pencairan dana. Kami juga menyediakan bibit berkualitas, membantu persiapan lahan, serta melakukan transfer pengetahuan good agricultural practice atau cara budi daya yang baik," ujarnya.

Feredy memaparkan, Sinar Mas Agribusiness and Food telah terlibat aktif dalam percepatan PSR bersama para petani swadaya sejak tahun 2014. Total lahan PSR di Riau yang dikelola langsung perusahaan saat ini sekitar 4.200 hektare, melibatkan 1.880 petani. Perusahaan juga menyalin kemitraan dengan lebih dari 16.300 petani dengan total luas lahan 32.700 hektare. Pada tahun 2023, perusahaan menargetkan program PSR seluas 3.884 hektare.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah, menyambut baik jalur kemitraan dalam program PSR. Menurutnya, cara ini dapat mempercepat pencapaian target PSR.

"Untuk Riau sudah diberikan target PSR sekitar 10 ribu hektare, baik itu melalui jalur kemitraan bersama dengan perusahaan negara maupun swasta, kemudian melalui jalur Dinas Perkebunan," ujarnya.

Dirjen juga menjelaskan, sebanyak 42 persen perkebunan sawit di Indonesia dikelola oleh para petani swadaya. Namun, produktivitas yang rendah dapat menjadi ancaman industri sawit di masa yang akan datang. Oleh karena itulah program PSR perlu lebih digencarkan secara lebih luas untuk meningkatkan produktivitas.

“Saya berharap, perusahaan-perusahaan kelapa sawit bisa memberikan transfer teknologi, pengetahuan budi daya, akses pasar, dan pemetaan kepada para petani binaannya," harap Andi.

Salah satu mitra Sinar Mas Agribusiness and Food yang telah merasakan manfaat dari program PSR adalah Koperasi Berkat Ridho Bersama. Hasil panen TBS koperasi yang semula berkisar 10 ton per hektare per tahun, meningkat dua kali lipat menjadi 23,43 ton per hektare per tahun pada rata-rata usia tanaman 6 tahun.

Bahkan, pada usia tanaman 10-20 tahun, potensi produksi dapat mencapai 30 ton per hektare per tahun. Pencapaian tersebut berpengaruh pada keuntungan hasil produksi.

Ketua Koperasi Berkat Ridho Bersama, Misdan, mengatakan PSR jalur kemitraan yang dijalin bersama Sinar Mas Agribusiness and Food sangat membantu koperasinya untuk terus berkembang.

“Produktivitas lahan petani yang tergabung dalam program PSR jalur kemitraan ini semakin membaik. Dulu cara pengelolaan lahan kami tak memenuhi standar agronomi sehingga hasil produksinya pun rendah," ujarnya.

Pendampingan dalam berbagai tahap bukanlah satu-satunya keuntungan yang didapatkan oleh para petani mitra. Menurut H. Misdan, manfaat lainnya adalah penyerapan hasil TBS sesuai harga yang ditetapkan oleh pemerintah. Ia merasakan taraf ekonomi yang semakin baik setelah mengikuti program PSR jalur kemitraan bersama Sinar Mas Agribusiness and Food.

Dirinya berharap program ini dapat semakin baik dan semakin banyak pula petani yang turut serta sehingga mendapatkan manfaatnya. (rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal.(foto: int)PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
LLDIKTI Wilayah XVII sosialisasi KIP-K di UIR.(foto: mcr)Sosialisasi KIP-K di UIR, LLDIKTI Wilayah XVII: Peran Yayasan dan PT Penting untuk Sukseskan Program
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Ikuti MTQ ke-42 Riau, Besok Kafilah Pekanbaru Berangkat ke Dumai
  Service AHASS siaga untuk pemudik.(foto: istimewa)AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
NETA V.(foto: istimewa)Makin Populer, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto bersama Menhub RI.(foto: sri/halloriau.com)Dukung Gebyar BBI/BBWI, Menhub Beri Bantuan 'By The Service' ke Pemprov Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved