www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Capella Honda Tingkatkan Kualitas SMK Binaan Bidang Teknik Bisnis Motor di Riau
 
Gegara Harga Sawit Merosot, NTP Riau Mei 2023 Ikut Turun
Selasa, 06 Juni 2023 - 10:21:58 WIB

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Riau pada Mei 2023 sebesar 151,69 poin. Angka ini tercatat turun sebesar 3,59 persen dibanding NTP April 2023 sebesar 157,34 poin.

"Penurunan NTP ini disebabkan oleh turunnya indeks harga yang diterima petani sebesar 3,61 persen, lebih besar dari penurunan indeks harga yang dibayar petani sebesar 0,02 persen," kata Penanggung Jawab Kegiatan Fungsi Statistik BPS Riau, Fitri Hariyanti, Selasa (6/6/2023).

Penurunan NTP di Provinsi Riau pada bulan Mei 2023 terjadi pada 3 dari 5 subsektor penyusun NTP. Penurunan NTP terdalam terjadi pada subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat (NTPR) yang turun sebesar 4,06 persen.

Turunnya NTPR ini memang disebabkan oleh turunnya harga komoditas utama di Riau, yakni kelapa sawit. Yang mana memang sejak beberapa bulan terakhir harga tandan buah segar (TBS) sawit terus mengalami penurunan. 

"Penurunan indeks harga yang diterima petani disebabkan oleh turunnya indeks harga kelompok Tanaman Perkebunan Rakyat sebesar 4,08 persen, khususnya kelapa sawit," ujarnya. 

Dia menjelaskan, pada Mei 2023, 9 provinsi di Pulau Sumatera mengalami penurunan NTP. Riau tercatat sebagai provinsi dengan penurunan NTP terdalam ke-3 di Pulau Sumatera setelah Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Jambi. 

Sementara provinsi Lampung tercatat sebagai satu-satunya provinsi yang mengalami kenaikan NTP di Pulau Sumatera, yaitu sebesar 1,61 persen dibanding April 2023.

Dia melanjutkan, pada Mei 2023, terjadi penurunan indeks harga konsumsi rumah tangga pertanian di Provinsi Riau sebesar 0,02 persen.

Hal ini disebabkan adanya penurunan harga pada kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,08 persen.

"Sedangkan Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) Provinsi Riau juga mengalami penurunan sebesar 3,59 persen, yaitu dari 151,94 pada April 2023 menjadi 146,48 pada Mei 2023," pungkasnya.

Penulis: Bayu Derriansyah
Editor: Riki



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Assesment oleh Lahdi Pekbar selaku Vocational Officer PT CDN di salah satu SMK Binaan di Riau (foto/ist)Capella Honda Tingkatkan Kualitas SMK Binaan Bidang Teknik Bisnis Motor di Riau
Telkomsel salurkan bantuan dan layanan komunikasi di Sumbar (foto/ist)Telkomsel Salurkan Bansos dan Layanan Komunikasi di Posko Siaga Bencana Sumbar
Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat.Tak Undang Jokowi-Gibran di Rakernas, PDIP Singgung Kader Langgar Konstitusi
  Mobil box terbalik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (foto/int)Kecelakaan di Tol Pekanbaru-Dumai, Mobil Box Berisi Logistik Terbalik
PT Riau Power melaporkan ke polisi tentang penjualan aset tanpa izin (foto/detik)Penjualan Aset Anak BUMD di Riau Tanpa Izin, Perusahaan Lapor Polisi
Ilustrasi akses barang keluar masuk di Bea Cukai (foto/ist)Viral Beli Cokelat Rp1 Juta Dipajaki Bea Cukai Rp9 Juta, Cek Faktanya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved