www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
MyTelkomsel Super App dari Telkomsel Hadir dengan Fitur Lifestyle Digital
 
Harga TBS Bakal Jeblok Lagi, Gubri Minta PKS Tak Terlalu Murah Beli Sawit Masyarakat
Senin, 05 Juni 2023 - 20:06:41 WIB

PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Riau diperkirakan kembali turun. Menyikapi hal ini, Gubernur Riau, Syamsuar meminta perusahaan kelapa sawit (PKS) membeli sawit dengan harga tak terlalu murah.

Sebelumnya Tim penetapan harga TBS sawit di Riau merujuk surat Penetapan Harga TBS kelapa sawit provinsi No 21 periode 31 Mei-6 Juni 2023, telah menyepakati harga sawit Riau umur 10-20 tahun turun Rp43,67/Kg menjadi Rp2.246,64/kg.

"Tadi Kadisbun sudah menyampaikan ke saya, harga sawit diperkirakan turun lagi," ucap Syamsuar dilansir mcr, Senin (5/6/2023).

Adapun faktor penyebab turunnya harga TBS periode ini karena terjadinya penurunan harga jual Crude Palm Oil (CPO) dari perusahaan yang menjadi sumber data.

Meski demikian, Syamsuar berharap pengusaha sawit yang ada di Riau tidak membeli TBS sawit masyarakat terlalu rendah, karena akan mempengaruhi perekonomian masyarakat.

"Karena sebagian besar rakyat bergantung pada sawit, tak hanya masyarakat tapi dampak ekonomi riau juga berpengaruh," tuturnya.

Ia mengungkapkan, saat ini ekonomi Indonesia sangat bagus, inflasi juga masih bisa dikendalikan sehingga tidak ada lonjakan harga.

Maka dari itu diharapkan tidak terpengaruh dengan adanya permainan dari Uni Eropa yang menilai sawit di Indonesia dan malaysia melakukan deforestasi.

"Inikan tahun politik, bisa saja uni eropa melakukan permainan tidak sehat terhadap indonesia, karna ekonomi indonesia bagus," terangnya.

"Dulu tahun 2018 yang merupakan tahun politik, kita dihantam sehingga harga sawit anjlok sampai di bawah seribu. Kedepannya kita harapkan hal yang serupa tidak terjadi," pungkasnya.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Direktur Utama Telkomsel, Nugroho saat peluncuran aplikasi MyTelkomsel Super App.(foto: istimewa)MyTelkomsel Super App dari Telkomsel Hadir dengan Fitur Lifestyle Digital
Karhutla di Riau.(ilustrasi/int)Hari ini 11 Hotspot Terdeteksi di Sumatera, 1 Titik di Rohil
Pj Gubri SF Hariyanto diisukan lobi DPP PAN agar diusung maju Pilgubri.SF Hariyanto Disebut Lobi DPP untuk Dapat Dukungan, PAN Riau: Semua Bisa Mengklaim
  Bakal calon Gubernur Riau, Syamsuar, saat menyerahkan formulir pendaftaran calon kepala daerah ke DPW PAN Riau bulan Mei yang lalu. (foto:rinai/halloriau)PAN Beri Sinyal Dukung Syamsuar, Hasil Survei yang Tinggi dan Koalisi Indonesia Maju Jadi Acuan
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.(foto: int)Hari Ini Batas Akhir SF Hariyanto Mundur dari Pj Gubri Jika Ingin Maju Pilgub Riau 2024
Ilustrasi harga emas turun drastis Jumat ini di Pekanbaru (foto/int)Alamak, Harga Emas 1 Gram di Pekanbaru Anjlok Jumat Ini, Berikut Rinciannya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved