www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
 
Harga Sawit Anjlok, Gubernur Se-Sumatera Khawatir Pabrik Tutup Hingga Chaos di Masyarakat
Kamis, 30 Juni 2022 - 12:06:38 WIB
Rapat Gubernur se-Sumatera bahas tantang anjlok harga sawit hingga potensi chaos di masyarakat (foto/int)
Rapat Gubernur se-Sumatera bahas tantang anjlok harga sawit hingga potensi chaos di masyarakat (foto/int)

PEKANBARU- Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan kekhawatirannya anjloknya harga Tandan Buah Sawit (TBS) sangat rendah. Hal itu juga yang menjadi perhatian Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat ini.

Persoalan itu disampaikan ke Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wepito dan gubernur seluruh provinsi di Pulau Sumatera dalam rapat koordinasi (rakor) di Grand Ballroom Hotel Premiere, Pekanbaru, Kamis (30/6/2022).

"Saya dan Gubernur Riau sangat concern terkait kondisi harga TBS yang sekarang posisinya sangat sangat memprihatinkan. Saya kira kalau kita tidak cepat mengambil sikap dengan pemerintah pusat dan hasil rakor hari ini, saya khawatir menimbulkan gejolak chaos di tengah masyarakat," kata dia.

Rohidin juga menyebut bahwa kondisi pabrik kelapa sawit di Provinsi Bengkulu dan Riau tak jauh berbeda, yaitu terancam tutup. "50-60 persen (pabrik kelapa sawit) dalam 2 minggu ke depan akan tutup, Pak. Bukan cuma harga yang turun," sebutnya.

Rohidin mengaku tidak bisa membayangkan reaksi masyarakat saat melihat kondisi ini. "Kalau ini terjadi, tentunya gubernur di daerah yang akan dianggap masyarakat tak mampu mengatasi persoalan."

Ia mendesak pemerintah pusat untuk segera mencari solusi terkait harga TBS yang semakin anjlok ini. "Kita harus pikirkan ini dengan segera, Pak. Bagaimana nasib masyarakat kita yang menggantungkan mata pencahariannya dari kebun kelapa sawit?" pungkasnya.

Senada dengan Gubernur Bengkulu, Gubri Syamsuar pun menyepakati rakor harus mencari solusi dan mengambil kesimpulan terkait TBS. "Saya sangat setuju dengan Bapak Gubernur Bengkulu. Ini harus kita bicarakan lebih lanjut sampai tuntas," ujarnya. (*)

Penulis: Rinai
Editor: Riki


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Gubernur Riau Syamsuar menerima uang Rupiah kertas baru TE 2022 dari Kepala BI Perwakilan Riau M Nur usai peluncuran 7 uang Rupiah kertas baru TE 2022 secara virtual.(foto: mcr)Gubri Minta BI Riau Gencar Sosialisasi Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022
Kepala BI Perwakilan Riau, M Nur.(foto: mcr)Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022 Lebih Sulit Dipalsukan dan Ramah Tunanetra
  Bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi menggunakan kursi roda keluar dari gedung Jampidsus Kejagung usai jalani pemeriksaan terkait kasus korupsi dan penyerobotan lahan di Inhu.(foto: int)KPK Berencana Gabungkan Penuntutan Surya Darmadi dengan Kejagung
Proses evakuasi 3 crew kapal tongkang dari dalam tangki pelampung kapal.(foto: bayu/halloriau.com)3 Crew Kapal Tongkang Terjebak di Tangki Pelampung, Satu Tewas Kehabisan Oksigen
Gubernur Riau Syamsuar di kebun cabai di Siak.(foto: int)Gubri Bakal Datangkan Cabai dari Sumut dan Gerakkan BUMDes Tekan Inflasi
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Semarakkan HUT ke-77 RI
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved