www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


PPDB Riau 2024
Daya Tampung SMA/SMK Negeri Tak Memadai, Ini Langkah Pemprov Riau
Jumat, 21 Juni 2024 - 14:26:01 WIB

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto mengaku prihatin dengan kondisi tidak tertampungnya siswa tamatan SMP sederajat menuju SMA sederajat negeri di Riau.

Kondisi dikatakan SF Hariyanto mencapai 23,47 persen. Di mana tamatan SMP sederajat di Riau tahun ini diperkirakan mencapai 121.475 siswa. Sedangkan daya tampung SMA/SMK negeri hanya 92.965 siswa atau 76,53 persen dari tamatan SMP.

"Saya dapat laporan, jika jumlah tamatan SMP sederajat di Riau mencapai 121.475 siswa. Sedangkan daya tampung SMA Negeri sebesar 60.515 siswa dan daya tampung SMK negeri sebanyak orang 32.450 siswa. Sehingga persentase daya tampung SMA/SMK negeri yang sebanyak 92.965 siswa atau 76,53 persen," kata Pj Gubri, SF Hariyanto, Jumat (21/06/2024).

Atas kondisi itu, untuk mengatasi kekurangan daya tampung itu, Pemprov Riau telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Afirmasi.

"Ini kebijakan yang kita buat untuk mengatasi kekurangan daya tampung SMA/SMK negeri. Kita memberikan bantuan pendidikan kepada peserta didik yang kurang mampu untuk bersekolah di SMA/SMK swasta secara gratis sampai tamat," sebut Pj Gubri.

Selain itu, lanjut Pj Gubri, Pemprov Riau terus berupaya membangun Unit Sekolah Baru (USB) SMA/SMK negeri di kabupaten kota di lahan hibah masyarakat.

"Ini juga solusi, kalau ada masyarakat memberi hibah tanah untuk pembangunan sekolah ya kita terima. Seperti kemarin ada di Kabupaten Rohil kita bangun. Namun kita juga mencari lokasi-lokasi baru untuk pembangunan sekolah baru," ujarnya.

Namun, kata Pj Gubri, hal itu ternyata menimbulkan masalah baru. Di mana sekolah swasta yang dibangun masyarakat akan mati dan banyak tenaga guru tidak bisa mengajar.

"Jadi serba salah. Ini buah simalakama. Karena itu, kita buat kebijakan bantuan pendidikan dengan skema Bosda Afirmasi, agar anak-anak yang tidak tertampung di sekolah negeri bisa bersekolah di sekolah swasta gratis sampai tamat. Yang penting kualitas gurunya yang harus ditingkatkan. Itu kata kuncinya, karena banyak sekolah swasta juga menjadi sekolah unggulan," paparnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Provinsi Riau Roni Rakhmat, tahun ini Disdik Riau menyiapkan dana Bosda Afirmasi bagi SMA/SMK Swasta di Riau. Bosda Afirmasi tersebut diberikan acar para siswa tidak mampu tetap bisa bersekolah meskipun tidak di sekolah negeri.

"Jadi yang tidak tertampung di sekolah negeri, tetap bisa sekolah di swasta. Karena sekolah swasta juga dapat bantuan dana Bosda dari Pemprov Riau," sebutnya.

Untuk menjalankan program tersebut, saat ini pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah swasta yang ada di Riau. Namun tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika hendak sekolah di SMA/SMK swasta dan mendapatkan bantuan dana BOSDA tersebut.

"Kami sudah bekerjasama dengan beberapa sekolah swasta, untuk syarat yang bisa mendapatkan program tersebut akan di informasikan selanjutnya," sebutnya.

Roni menyebut, pihaknya menyiapkan anggaran Rp3,9 miliar untuk biaya sekolah sebanyak 2.500 siswa di SMA/SMK swasta. Namun para calon siswa yang akan menempuh jalur afirmasi, agar mulai melengkapi persyaratannya mulai dari sekarang.

"Ini salah satu upaya kita mengatasi siswa kurang mampu namun tidak tertampung di sekolah negeri. Jadi mereka bisa mengambil alternatif sekolah di SMA/SMK swasta dengan jalur afirmasi," tutupnya.

Berikut daya tampung SMA/SMK Negeri di kabupaten dan kota se-Riau:

1. Kampar (SMA 8.870 siswa dan SMK 2.898 siswa)

2. Inhu (SMA 3.951 siswa dan SMK 2.824 siswa)

3. Bengkalis (SMA 7.738 siswa dan SMK 3.930 siswa)

4. Inhil (SMA 4.788 siswa dan SMK 2.547 siswa)

5. Pelalawan (SMA 3.770 siswa dan SMK 2.576 siswa)

6. Rohul (SMA 5.040 siswa dan SMK 4.365 siswa)

7. Rohil (SMA 6.812 siswa dan SMK 1.036 siswa)

8. Siak (SMA 6.156 siswa dan SMK 2.526 siswa)

9. Kuansing (SMA 3.636 siswa dan SMK 2.772 siswa)

10. Meranti (SMA 2.108 siswa dan SMK 540 siswa)

11. Pekanbaru (SMA 5.702 siswa dan SMK 4.068 siswa)

12. Dumai (SMA 1.944 siswa dan SMK 2.368 siswa).

Penulis: Sri Wahyuni

Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Hinca Panjaitan desak Kejati Riau usut tuntas dugaan korupsi di PT PHR (foto/ist)Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Ketua DPW Pujakusuma Riau, Muhdi Prasojo serahkan SK ke Rinaldi Marsa untuk menahkodai Pujakusuma Pelalawan (foto/Andy)Terima SK, Rinaldi Marsa Resmi Pimpin Pujakusuma Pelalawan
Bupati Inhu, Rezita memulai kegiatan dengan senam bersama masyarakat di Lapangan Porpes, Batang Peranap (foto/andri)Antusias Warga Senam Bersama Bupati Inhu dalam Agenda Irama Desa di Batang Peranap
Aliya Nengsih (foto:ist) Aliya Nengsih, Mahasiswa Fikom Umri Raih Medali Emas Kejuaraan Internasional Taekwondo
Sekda Rohil, Fauzi buka Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045 (foto/afrizal)Sekda Rohil Resmikan Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045
  Kendaraan sumbu tiga belum boleh lewati Jalur Lembah Anai (foto/int)Jalur Lembah Anai Resmi Dibuka, Hanya Kendaraan Ini yang Boleh Lewat
Afrizal Sintong-Setiawan resmi terima SK dari DPP PKS sebagai Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Rohil (foto/Afrizal)Afrizal Sintong-Setiawan Resmi Diusung PKS di Pilkada Rohil 2024
Walikota Dumai (kiri) Paisal bersama Pj Gubri, SF Hariyanto (foto/Yuni)Perbaikan Infrastrukur di Dumai Gencar Dilakukan Pemprov Riau, Ini Reaksi Wako Paisal
Kapolres Rohil, AKBP Isa Imam Syahroni mengungkap motif pembunuhan Putri di Parit Atmo (foto/afrizal)Kapolres Rohil: Pembunuhan Putri di Parit Atmo Dipicu Api Cemburu
Ilustrasi HET baru Minyakita resmi diberlakukan (foto/int)Dikeluhkan Pembeli, Ini Harga Jual Minyakita di Pedagang Eceran Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved