www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Sudah Terendus Sejak Januari, Ini Jejak Corona B117 di 5 Provinsi
Selasa, 09 Maret 2021 - 09:06:41 WIB

JAKARTA - Empat kasus tambahan infeksi varian baru Corona B117 kembali ditemukan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Disebutkan oleh Menkes Budi, empat kasus baru ini ditemukan setelah Kemenkes melakukan pemeriksaan genome sequencing dan tidak terkait dengan dua kasus sebelumnya yang dilaporkan di Karawang, Jawa Barat.

Berikut rincian jejak varian Corona B117 di lima wilayah RI dikutip dari detik:

1. Karawang, Jawa Barat
Dua kasus pertama varian Corona B117 di Indonesia dilaporkan ditemukan di Karawang, Jawa Barat bertepatan dengan satu tahun pandemi COVID-19 di Indonesia. Menurut laporan, kedua kasus tersebut ditemukan pada dua TKW yang baru saja tiba dari Arab Saudi.

Kedua orang berinisial M (40) dan A (45) ini dilaporkan tiba di Indonesia dari Arab Saudi pada waktu yang berbeda, yaitu pada 28 dan 31 Januari. M yang tiba terlebih dahulu dinyatakan positif COVID-19 bersama tujuh dari 49 penumpang lainnya dalam penerbangan menggunakan Qatar Airways.

M dinyatakan positif varian Corona B117 usai dilakukan pemeriksaan hasil tes di Litbangkes. Sementara itu, A yang datang pada 31 Januari dinyatakan positif COVID-19 bersama empat dari 33 penumpang lainnya dalam penerbangan menggunakan pesawat Garuda, di mana A dinyatakan positif varian Corona B117.

Saat ini, keduanya telah dinyatakan negatif dari strain baru asal Inggris tersebut usai menjalani isolasi di DKI Jakarta. Sebelumnya, kedua orang yang terinfeksi varian B117 itu hanya mengalami gejala berupa batuk dan demam.

2. Palembang, Sumatera Selatan
Satu dari empat kasus baru Corona B117 yang diumumkan oleh Menkes Budi berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Disebutkan, kasus tersebut ditemukan di Palembang pada 11 Januari lalu.

3. Kalimantan Selatan
Di Kalimantan Selatan, ditemukan satu orang yang dinyatakan terinfeksi varian Corona B117 pada 6 Januari 2021. Hal ini turut diungkap oleh Menkes Budi dalam konferensi pers Senin (8/3/2021).

4. Balikpapan, Kalimantan Timur
Ditemukan pada 12 Februari, kasus terinfeksi varian Corona B117 ditemukan di Balikpapan, Kalimantan Timur setelah hasil tes genome sequencing menyatakan positif.

5. Medan, Sumatera Utara
Wilayah lainnya yang juga terdapat laporan kasus varian Corona B117 adalah Medan, Sumatera Utara, yakni pada 28 Januari. Sama dengan ketiga orang yang ditemukan di Palembang, Kalsel, dan Balikpapan, saat ini keempat orang tersebut diketahui telah dinyatakan sembuh dari varian tersebut.

Menkes Budi juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan contact tracing kepada keempat kasus baru tersebut untuk kemudian dilakukan genom sequencing. (*)

 

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved