www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Detik-Detik Gubernur Iran Ditampar Saat Pidato Pelantikan
 
PT KBI: Pembiayaan Resi Gudang Tembus Rp215 Miliar hingga Kuartal III/2021
Kamis, 14 Oktober 2021 - 05:48:09 WIB
Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Fajar Wibhiyadi. - KBI
Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Fajar Wibhiyadi. - KBI

JAKARTA – PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mencatat pemanfaatan resi gudang pada kuartal III/2021 tumbuh cukup tinggi dari berbagai sisi.

Berdasarkan catatan Pusat Registrasi Resi Gudang, jumlah resi gudang (RG) yang diregistrasi hingga kuartal III/2021 tercatat sebanyak 481 RG, meningkat 86 persen dari posisi yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 258 RG.

Nilai pembiayaan RG juga tumbuh signifikan, di mana hingga akhir kuartal III/2021 tumbuh 203 persen menjadi Rp215,1 miliar. Sementara pada periode yang sama tahun sebelumnya mencatatkan nilai pembiayaan sebesar Rp70,9 miliar.

Pertumbuhan juga terjadi pada volume serta nilai barang. Dari sisi volume barang, sepanjang tahun hingga kuartal III tercatat sebanyak 9,932 juta kg, atau naik 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar 6,022 juta kg.

Sedangkan dari sisi nilai barang tercatat mencapai Rp375,4 miliar sepanjang tahun hingga kuartal III/2021. Angka tersebut naik 206 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 sebesar Rp122,6 miliar.

Selain itu jumlah komoditas yang masuk daftar resi gudangkan, hingga kuartal III/2021 berjumlah 10 komoditas. Adapun pada tahun sebelumnya di periode yang sama berjumlah 7 komoditas.

Pada kuartal III/2021 juga masuk komoditas baru yaitu kedelai dengan 2 resi gudang yang diregistrasi. Adapun komoditas yang paling banyak diregistrasikan di kuartal ketiga tahun ini adalah ayam karkas beku dengan 118 RG.

Direktur Utama Kliring Berjangka Indonesia Fajar Wibhiyadi mengungkapkan, peningkatan pemanfaatan resi gudang ini merupakan hasil dari kegiatan edukasi serta sosialisasi yang terus menerus dilakukan perusahaan dan juga berbagai pemangku kepentingan.

“Kita tahu, dalam mendorong pemanfaatan resi gudang, perlu upaya meningkatkan pemahaman para petani dan pemilik komoditas akan manfaat dari instrumen ini. Untuk itu, kami terus melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi, khususnya ke wilayah-wilayah yang menjadi sentra komoditas,” papar Fajar dalam keterangan resmi, Rabu (13/10/2021), seperti yang dilansir dari bisnis.

Melihat pertumbuhan pemanfaatan resi gudang, Fajar menyampaikan bahwa instrumen tersebut makin diminati masyarakat, khususnya para petani dan pemilik komoditas.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 14 Tahun 2021 yang merupakan Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 33 Tahun 2020 tentang Barang dan Persyaratan Barang yang dapat Disimpan dalam Sistem Resi Gudang, komoditas yang dapat masuk ke sistem Resi Gudang meliputi beras, gabah, jagung, kopi, kakao, karet, garam, lada, pala, ikan, bawang merah, rotan, kopra, teh, rumput laut, gambir, timah, gula putih kristal, kedelai serta ayam karkas beku.*


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Tangkapan layar video Gubernur Iran Abedin Khorram ditampar saat pidato.
Detik-Detik Gubernur Iran Ditampar Saat Pidato Pelantikan
Vaksinasi di Pekanbaru. DPRD Riau Soroti PPKM di 10 Kabupaten Naik ke Level 3
IlustrasiHarga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
  dr Reisa Broto Asmorodr Reisa Soal Kasus Rachel Vennya: Influencer Harus Bisa Dicontoh
Francesco Bagnaia start terdepan di MotoGP Emilia Romagna 2021, sementara Fabio Quartararo akan start dari posisi ke-15Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Pole, Quartararo Start ke-15
IlustrasiPolisi Diduga Kriminalisasi Petani, Koalisi Desak Kapolres Kampar Dicopot
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved