www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
 
Cerita Crazy Rich Mualaf, Bangun Bisnis Besar JNE Berkat Sedekah
Sabtu, 19 Juni 2021 - 15:00:27 WIB
Johari Zein
Johari Zein

JAKARTA - Johari Zein dikenal sebagai pengusaha besar, pendiri yang kini menjadi komisaris JNE. Bagi yang suka belanja di e-commerce pasti tahu perusahaan kurir yang satu itu kan? Kisah Johari merintis bisnisnya itu menarik untuk disimak.

Bersama Coach Yudi Chandra, Johari Zein mengungkap bagaimana bisnisnya menjadi raksasa berkat sedekah. Gara-gara sedekah kok bisa jadi sukses? Ya, diakui Johari Zein, JNE bisa sebesar sekarang berkat sedekah.

"Iya saya rasa, banyak orang yang mengatakan seperti itu. Mengatakan JNE itu menggunakan manajemen spiritual," ungkap pria 67 tahun itu, dilansir dari haibunda melalui Youtube Coach Yudi Chandra.

"Itu salah satu yang orang percaya karena di dalam praktiknya kita itu setiap kali kegiatan kita selalu ada anak-anak yatim yang kita undang. Anak-anak yatim yang kita santuni."

Kegiatan seperti itu rupanya sudah berjalan selama 29 tahun sampai sekarang ini. Diceritakan Johari, ia selalu ingin membahagiakan anak yatim, di mana intinya mengajak mereka gembira. Jadi, bentuknya tidak harus selalu berupa santunan.

"Tapi santunan salah satunya lah. Tapi yang lain-lain bisa kita lakukan, misalnya kita ajak mereka makan di restoran," jelas ayah lima anak itu.

"Nonton film bareng kalau ada film yang cocok untuk anak yatim itu juga kita lakukan. Bahkan kita ajak mereka belanja bareng di supermarket."

Johari mengatakan, manfaat sedekah begitu banyak dan lebih dari apa yang dirasakan. Namun, menurutnya, bisa saja jika tidak dibukakan mata hatinya, belum tentu bisa merasakan keberkahan tersebut.

"Sebetulnya banyak ya, kalau kita telusuri, kalau kita teliti. Tentu saja keberkahan, hikmah dari sebuah peristiwa itu yang semuanya adalah datang dari Allah, datang dari Tuhan kita. Cuma kalau kita tak dibukakan mata hatinya belum tentu kita bisa melihatnya juga," ujarnya.

Sang crazy rich mualaf ini juga bercerita bagaimana bisnisnya perlahan bangkit dari krisis ekonomi 1998 dan pilih membantu orang-orang untuk menjalankan bisnis.

"Cuma kalau saya ingat, kalau di JNE itu adalah di tahun 1998 ketika terjadi krisis ekonomi kita melihat banyak orang kena PHK," katanya.

"Nah, kena PHK ini kan tentu saja banyak orang yang akhirnya mencari pekerjaan baru adanya g buka wartel, buka laundry. JNE merasa kita ingin membantu juga."

Johari mengenang, kebetulan JNE itu masih jalan. Lalu pihaknya menawarkan menjadi agen dengan modal yang seadanya bahkan dari JNE menyediakan timbangan waktu awalnya itu mereka bisa buka bisnis pengiriman.

"Di tahun 1998 itu bisnisnya masih kecil, orang ada yang mau ada yang tidak. Awalnya tidak begitu menguntungkan tapi bisa jalan," kenangnya.

"Tanpa disadari, di tahun 2000, kita sudah mulai melihat ada bisnis e-commerce gitu. Online selling, Kaskus, itu mulai kelihatan dan di tahun 2010."

Sejak online selling ada, Johari mengaku JNE sudah bisa menghasilkan omzet 1 triliun dalam waktu satu tahun. Kemudian, naik per tahunnya sekitar 30-40 persen.

"Memang bisa tumbuh segitu cepat karena agen kita itu yang banyak karena itu cocok dengan modal bisnisnya. Itu kan sesuatu yang menurut saya keajaiban dari sedekah," ungkapnya.

Johari juga mengungkap bahwa peran istrinya juga begitu besar dalam kariernya.

Peran istri, Noerlaila tak kalah penting bagi Johari Zein. Baginya, faktor istri penting dalam sebuah rumah tangga.

"Nah, ketika mencari pasangan, tentu itu menjadi ukuran yang dipertimbangkan, dan ketika saya memilih dan menjadi seorang mualaf, saya melihat istri saya lebih banyak mengambil posisi mendukung saya dan bisa menjadi teman bicara yang sangat menyenangkan," ucapnya.

Lalu, katanya, akibat dari kondisi seperti itu membuat Johari lebih fokus ke kerjaannya. "Karena tipe saya itu memang lebih suka menyelesaikan pekerjaan itu secepat-cepatnya karena kemungkinan ada pekerjaan lain di esok hari," ungkapnya.

"Nah, masalah keluarga kalau tidak penting itu tidak saya urus, dan saya sangat bersyukur karena istri saya selalu menyelesaikan masalah anak-anak, masalah sekolah, itu dengan semua keahliannya," ucap Johari bersyukur. (*)

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Pegawai Lapas Klas II B Pasir Pangaraian salurkan 100 paket sembako ke masyarakat.Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi resmi membuka acara simulasi pilkades serentakBupati Inhu Resmi Buka Simulasi Pilkades Serentak di Desa Seresam
Tim RPK PT Arara Abadi APP Sinar Mas Berjibaku dengan Warga Padamkan Karhutla di Desa Mengkapan
  Bengkalis Raih Penghargaan KLA Pratama dari Menteri PPPA
Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak
Kepala Bappeda Pelalawan Syahrul SyariefRPJMD Pelalawan 2021-2026 Raih Penghargaan Bergengsi SIPP Award 2021
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Peserta Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved