www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Banyak Pesaing, UMKM Riau Harus Berinovasi dan Paham Kebutuhan Pasar
 
Ekonomi Riau Tumbuh 3,70 Persen di Triwulan II 2024
Kamis, 10 Oktober 2024 - 22:15:46 WIB

PEKANBARU - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau pada triwulan II 2024 menunjukkan hasil yang menggembirakan dengan mencatatkan peningkatan sebesar 3,70 persen year on year (yoy). Angka ini lebih tinggi dibandingkan triwulan I yang hanya mencapai 3,42 persen.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad menyampaikan, pertumbuhan ini didorong oleh kinerja konsumsi rumah tangga, lembaga non-profit yang melayani rumah tangga (LNPRT), serta sektor pemerintah yang tetap stabil. Menurutnya, kenaikan konsumsi masyarakat selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan liburan sekolah menjadi faktor pendorong utama.

“Kondisi ini juga diperkuat oleh daya beli masyarakat yang stabil, inflasi yang terkendali, serta penyaluran gaji ke-13 dan Tunjangan Kinerja (Tukin) untuk ASN,” ujar Panji dalam kegiatan Bedelau di Aula BI Riau, Kamis (10/10/2024).

Dari segi lapangan usaha (LU), sektor pertanian dan industri pengolahan menjadi motor penggerak utama ekonomi Riau.

Panji menjelaskan, sektor pertanian mengalami peningkatan signifikan pada triwulan ini, terutama pada subsektor kehutanan dan peternakan.

“Kinerja sektor pertanian tumbuh lebih tinggi didorong oleh peningkatan produksi hasil hutan serta peningkatan pada subsektor peternakan, terutama ayam ras pedaging,” jelasnya.

Selain sektor pertanian, sektor industri pengolahan juga mencatatkan pertumbuhan yang solid, terlihat dari meningkatnya volume ekspor komoditas seperti kertas/karton (HS 48) dan produk kimia (HS 38).

“Peningkatan ini sangat penting untuk menjaga stabilitas ekonomi Riau ke depannya, terutama di tengah tantangan ekonomi global dan nasional yang terus berkembang,” pungkas Panji.

Editor: Barkah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan.(foto: int)Banyak Pesaing, UMKM Riau Harus Berinovasi dan Paham Kebutuhan Pasar
Kepala KPw BI Riau, Panji Achmad.(foto: istimewa)Ekonomi Riau Tumbuh 3,70 Persen di Triwulan II 2024
Production Superintendent EMP Bentu Limited, Dadi Mulyadi, beri edukasi tentang industri hulu migas ke siswa SMAN Bernas Binsus (foto/Andy)Siswa Pangkalan Kerinci Antusias Ikuti Edukasi Hulu Migas bersama EMP Bentu
  Kepala KPw BI Riau, Panji Achmad dalam kegiatan Bedelau di Aula BI Riau.(foto: barkah/halloriau.com) Prospek Ekonomi Riau 2024 dan Dukungan Kebijakan Bank Indonesia
Prosesi upacara HUT Gudep MAN 1 Tembilahan (foto/Ayendra)Pramuka MAN 1 Tembilahan Gelar Upacara HUT Gudep ke-46
BEM UHTP turun ke jalan guna galang dana peduli Palestina selama tiga hari (foto/Yuni)Gandeng INH dan SHARE, BEM UHTP Gelar Aksi Galang Dana Palestina
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved