www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pj Gubri Lanjutkan Penyerahan SK PPPK 2023 di 11 Kabupaten/Kota, Ini Jadwal Lengkapnya
 
Ulang Tahun ke-30, PPLI Tegaskan Peran Utama dalam Pengelolaan Limbah B3
Jumat, 24 Mei 2024 - 07:47:33 WIB
Peringatan Hari Ulang Tahun ke-30 menjadi momentum PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) untuk merayakan pencapaian, sekaligus meneguhkan komitmennya dalam melindungi Indonesia dari potensi bahaya lingkungan akibat pencemaran limbah industri.
Peringatan Hari Ulang Tahun ke-30 menjadi momentum PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) untuk merayakan pencapaian, sekaligus meneguhkan komitmennya dalam melindungi Indonesia dari potensi bahaya lingkungan akibat pencemaran limbah industri.

Baca juga:

Kadisnakertrans Riau Tekankan Pentingnya Keselamatan di Tempat Kerja
Polda Riau Segera Limpahkan Berkas Perkara Kasus Tewasnya 3 Pekerja PT PPLI ke Jaksa
Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kasus Tewasnya Pekerja PHR di Siak

JAKARTA - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-30 menjadi momentum PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) untuk merayakan pencapaian, sekaligus meneguhkan komitmennya dalam melindungi Indonesia dari potensi bahaya lingkungan akibat pencemaran limbah industri.

Sebagai pionir pengelola limbah industri terpadu, PPLI telah menjelma menjadi tonggak utama dalam penyediaan layanan pengumpulan, daur ulang, pengolahan, serta pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dan limbah non-B3. "Tema 'Melindungi Bumi' dalam perayaan HUT ke-30 ini sejalan dengan semangat kami yang sudah beroperasi selama 30 tahun di Tanah Air," kata Direktur Utama PT Prasadha Pamunah Limbah Industri, Yoshiaki Chida, di Jakarta (23/5/2024).

Menurut Yoshiaki, peran PPLI tidak hanya terbatas pada membantu kalangan industry dalam pengelolaan limbah. Lebih dari itu, PPLI juga sring kali diminta Pemerintah untuk membantu mengatasi pencemaran limbah akibat kecelakaan, salah satunya terhadap karamnya kapal minyak di laut beberapa waktu lalu.

Selama lebih dari seperempat abad berkiprah di Indonesia, PPLI tidak hanya concern pada kegiatan bisnisnya semata, tetapi juga melakukan upaya edukasi kepada public tentang kesadaran dan pencegahan pencemaran lingkungan. "Edukasi kepada masyarakat menjadi bagian yang tak kalah penting agar pengelolaan limbah tidak hanya menjadi tanggung jawab industri saja, tetapi juga bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat," ucap Yoshiaki.

Tak hanya sampai di situ, guna memberikan dampak yang berkelanjutan (sustainability), PPLI terus berinovasi dan mengembangkan teknologi pengolahan limbah agar tidak hanya sebagai alat pemusnah, tetapi juga dapat mengolahnya kembali menjadi produk yang bisa dimanfaatkan manusia atau dikenal dengan 4R (replace, reduce, reuse, dan recycle).

Salah satu upaya yang dilakukan, yakni melalui rencana pengembangan teknologi bernama “Waste to Fuel” bersama DOWA Ecosystem sebagai holding company PPLI, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). “Dengan teknologi ini nantinya limbah plastik dapat diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM), yang juga dapat mendukung ekonomi sirkular,” papar Yoshiaki.

Sementara itu, Direktur Teknikal & SHEQ PT PPLI, Elpido, mengungkapkan bahwa perjalanan panjang selama 30 tahun beroperasi di Tanah Air, semakin mengukuhkan komitmen PPLI untuk konsisten dalam memberikan perhatian terhadap lingkungan dan alam Indonesia. "Kita juga berkomitmen untuk terus menjaga aspek keselamatan kerja dan kepatuhan terhadap seluruh standar dan aturan yang berlaku di Indonesia," ucapnya.

Dalam perayaan HUT ke-30 ini, PPLI mengingatkan bahwa upaya melindungi lingkungan adalah tanggung jawab bersama, dan kolaborasi antara pihak industri, pemerintah, dan masyarakat adalah kunci untuk mewujudkannya. “Dengan komitmen yang terus menguat, PPLI siap menjalankan peran dalam memastikan bahwa Indonesia tetap terjaga dari potensi bahaya lingkungan akibat limbah industri,” ujar Elpido, seperti yang dilansir dari republika.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Gubri, SF Hariyanto akan roadshow serahkan SK PPPK Pemprov Riau tahun 2023 (foto/int)Pj Gubri Lanjutkan Penyerahan SK PPPK 2023 di 11 Kabupaten/Kota, Ini Jadwal Lengkapnya
Pj Gubri, SF Hariyanto prihatin daya tampung sekolah di Riau tak memadai (foto/Yuni)Daya Tampung SMA/SMK Negeri Tak Memadai, Ini Langkah Pemprov Riau
Festival Bakar Tongkang Festival yang masuk Kharisma Event Nusantara 2024 Menparekraf RI (foto/int)Besok, 50 Ribu Wisatawan Bakal Ramaikan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
  Kepala Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian tindak lanjuti soal rombongan berseragam dinas minta uang ke pemilik kontrakan (foto/int)Heboh Pria Berseragam Satpol PP Minta Uang ke Pemilik Kontrakan, Begini Reaksi Kaban Zulfahmi
Layanan bus TMP Pekanbaru gratis mulai akhir pekan besok (foto/int)Catat, Mulai Besok Naik Bus TMP Pekanbaru Gratis
Nenek di Pekanbaru didatangi tiga pria berseragam Satpol PP (foto/detik)Heboh, Nenek di Pekanbaru Didatangi Satpol PP dan Dimintai Rp3 Juta, Ini Kronologinya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved