www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
 
Sumbatan Shipping Line Teratasi, Penyaluran Minyak GS Zamrud ke NBS Minas Sudah Lancar
Selasa, 26 Maret 2024 - 12:43:23 WIB

PEKANBARU - PT Bumi Siak Pusako berhasil memulihkan pipa penyalur minyak atau shipping line. Sebelumnya sempat terjadi gagal salur minyak dari stasiun pengumpul atau Garhering Station (GS) Zamrud ke North Booster System (NBS) Minas akibat high pressure.

Sebagai informasi, GS Zamrud merupakan fasilitas pengiriman minyak mentah dari semua lapangan di sekitar Zamrud milik Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) BSP. Dari GS Zamrud, minyak tersebut dikirim ke fasilitas North Booster System (NBS) Minas melalui shipping lines dan terus ke Dumai untuk pengapalan.

Direktur BSP, Iskandar mengatakan high pressure tersebut terjadi akibat adanya sumbatan di shipping line dari GS Zamrud ke NBS Minyak.

“Awalnya ada pekerjaan perawatan pipa di KM 65,150. Sepanjang pengerjaan tersebut, terjadi hujan esktrim, sehingga temperatur pipa turun dan mengakibatkan terjadinya congeal atau pembekuan minyak, yang mengakibatkan pipa penyalur tersumbat. Itulah yang menyebabkan high pressure pada shipping line,” papar Iskandar.

Indikasi high pressure muncul pertama kali pada awal Maret 2024. Sejak saat itu BSP langsung membentuk tim tanggap darurat untuk memulihkan keadaan tersebut. Tim tersebut nantinya akan bekerja 24 jam secara bergantian untuk menyelesaikan kendala tersebut.

Pemulihan kondisi high pressure yang terjadi, kata Iskandar, dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena, fasilitas pada pipa penyalur, umurnya sudah puluhan tahun.

“Jadi tim memang bekerja penuh dengan kehati-hatian, sehingga tidak menimbulkan masalah baru yang lebih besar,” jelas Iskandar.

Kerja tim tersebut, kata Iskandar, selain melakukan beberapa strategi penanggulangan, juga aktif melakukan koordinasi dengan para pihak. Antara lain Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Pertagas, kepolisian, Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Dengan berbagai upaya, dan dukungan dari semua pihak, Alhamdulillah tekanan di pipa sudah mulai turun dan minyak berhasil disalurkan kembali. Dan hal yang penting lainya, tidak ada fatality dalam usaha pemulihan tersebut,” papar Iskandar.

Iskandar memberikan apresiasi atas dedikasi seluruh manajemen BSP yang cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan di lingkungan perusahaan. Selain itu, Iskandar juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari SKK Migas, PHR dan Pertagas yang telah membantu kami dalam upaya pemulihan penyaluran minyak dari GS Zamrud ke NBS Minas.

“Saya bersyukur dan terimakasih atas dedikasi manajemen dan bantuan dari semua pihak, termasuk masyarkat sekitar yang telah bersedia memahami permasalahan ini, sehingga permasalahan ini bisa teratasi,” papar Iskandar.

Iskandar mengatakan, kejadian ini akan menjadi pembelajaran berharga bagi BSP dalam menjalankan bisnisnya di sektor hulu migas pada masa-masa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus mengatakan saat munculnya gangguan pada shipping line yang mengakibatkan high pressure, pihaknya gerak cepat untuk menyelesaikan kendala tersebut.

“Kami memanggil manajemen BSP untuk minta keterangan. Tentu setelahnya kita berdiskusi untuk mencari solusinya,” kata Rikky.

Menurut Rikky, pihaknya dan BSP secara intens melakukan komunikasi terkait kendala yang terjadi. Ia juga menjelaskan bahwa skk migas sumbagut mendorong management BSP untuk berkoordinasi dan meminta bantuan ke PHR dan Pertagas untuk segera menyelesaikan hambatan pada pipa penyalur minyak tersebut.

“SKK Migas sebagai pengawas usaha hulu migas harus selalu menjaga intensitas komunikasi dengan para KKKS, terutama jika mengganggu produksi migas,” kata Rikky.

Kembali normalnya penyaluran minyak dari GS Zamrud ke NBS Minas, Rikky menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada stakeholder yang telah membantu pemulihan high pressure di shipping line tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih banyak atas bantuan Dinas Perhubungan dan Polres Siak yang telah membantu dalam hal pengamanan sehingga upaya pemulihan bisa dilaksanakan tanpa gangguan dan berjalan dengan lancar,” papar Rikky.

Rikky berharap, kedepan manajemen BSP bisa lebih dini mengantisipasi kendala penyakuran minyak di shiiping line, sehingga kendala yang terjadi mampu diselesaikan dengan cepat, tepat dan tanpa ada permasalahan baru yang timbul. (rls)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal.(foto: int)PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
LLDIKTI Wilayah XVII sosialisasi KIP-K di UIR.(foto: mcr)Sosialisasi KIP-K di UIR, LLDIKTI Wilayah XVII: Peran Yayasan dan PT Penting untuk Sukseskan Program
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Ikuti MTQ ke-42 Riau, Besok Kafilah Pekanbaru Berangkat ke Dumai
  Service AHASS siaga untuk pemudik.(foto: istimewa)AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
NETA V.(foto: istimewa)Makin Populer, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto bersama Menhub RI.(foto: sri/halloriau.com)Dukung Gebyar BBI/BBWI, Menhub Beri Bantuan 'By The Service' ke Pemprov Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved