www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
 
Telkomsel dan ZTE Perkuat Kolaborasi Strategis di MWC 2024 Barcelona
Kamis, 29 Februari 2024 - 17:21:02 WIB

JAKARTA - Telkomsel, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, dan ZTE Corporation (0763.HK/000063.SZ), perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di dunia, mengumumkan kolaborasi strategis untuk memajukan portofolio jaringan mereka di masa depan.

Ditandai dengan penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) antara Telkomsel dan ZTE di Mobile World Conference (MWC) 2024 Barcelona (27/2), kolaborasi ini menjadi upaya kedua perusahaan untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi lebih dari 1 Gbps (pengalaman gigabit) yang dapat dinikmati oleh para pelanggan di Indonesia, baik di rumah maupun di luar rumah.

Melalui kolaborasi tersebut, Telkomsel dan ZTE akan mengkaji beberapa solusi teknologi jaringan termutakhir yang dapat menghadirkan pengalaman jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi bagi konsumen di Indonesia, yakni Network Edge AI, 5G Advanced, dan Intelligent Home Network. Uji coba oleh kedua perusahaan akan dilangsungkan di sejumlah lokasi jaringan Telkomsel tertentu di Indonesia guna menelaah pemanfaatannya dalam situasi nyata, termasuk dari aspek pengalaman pengguna dan efisiensi sumber daya dan biaya jaringan.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan, sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan melalui pemanfaatan teknologi terkini. Dengan sinergi kapabilitas teknologi jaringan Telkomsel dan ZTE untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi yang lebih baik, stabil, dan andal, kami berharap dapat membuka lebih banyak peluang inovasi yang berdampak dan mendorong kemajuan secara inklusif dan berkelanjutan.

Mei Zhonghua, SVP ZTE Corporation, mengatakan, sangat senang dapat bekerja sama dengan Telkomsel, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, untuk merintis masa depan dengan pengalaman konektivitas yang lebih cepat dan stabil, yang dapat digunakan dalam spektrum pengaplikasian yang lebih luas. Kepercayaan Telkomsel dalam menggunakan solusi teknologi ZTE selama bertahun-tahun menunjukkan standar kualitas layanan yang tinggi dan komitmen kami untuk selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi, membuka jalan bagi konektivitas berkecepatan tinggi yang luar biasa.

Uji coba pemanfaatan jaringan yang mengimplementasikan teknologi AI bersama ZTE dalam solusi Network Edge AI diperkirakan dapat mendukung efisiensi energi dan sumber daya dengan memperhitungkan beban jaringan, sehingga akan meningkatkan pengalaman jaringan secara keseluruhan. Sedangkan dengan solusi 5G-Advanced, Telkomsel dan ZTE akan menghadirkan teknologi Reconfigurable Intelligent Surface (RIS) untuk mengoptimalkan jangkauan sinyal dan RedCap untuk menyederhanakan kerumitan implementasi perangkat IoT dan 5G di industri.

Dalam solusi Intelligent Home Network menggunakan Smart Cloud Platform (SCP) dari ZTE, pengelolaan Mesh Access Point (AP), IP Camera (IPC), dan Perangkat Fiber-to-the-Room (FTTR) secara sekaligus akan dikombinasikan dengan pemanfaatan AI untuk meningkatkan pengalaman menikmati konten hiburan, sehingga diharapkan dapat melengkapi kualitas pengalaman pelanggan Telkomsel dan memperkuat kapabilitas Wi-Fi di rumah. Kolaborasi ini juga membuka peluang lebih lanjut untuk mendorong transformasi digital Telkomsel secara internal melalui penambahan wawasan pemanfaatan teknologi terkini.

Dalam komitmen bersama untuk menciptakan inovasi di bidang telekomunikasi dan mendorong transformasi digital, kolaborasi strategis Telkomsel dan ZTE telah menghadirkan sejumlah proyek yang bertujuan memperluas akses konektivitas yang inklusif dan berkelanjutan. Pada MWC 2023, kedua perusahaan bersama mengembangkan pemanfaatan layanan 5G untuk segmen bisnis di Indonesia.

Bersamaan dengan itu, ZTE dan Telkomsel menyatakan komitmen bersama untuk meningkatkan kapasitas dan jaringan broadband untuk wilayah maritim di Indonesia, yang mana terwujud pada akhir tahun 2023 dalam bentuk MarineMobile, sebuah solusi komunikasi mobile jarak jauh yang dirancang untuk membantu nelayan mengatasi tantangan operasional yang sering mereka hadapi. (rls)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal.(foto: int)PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
LLDIKTI Wilayah XVII sosialisasi KIP-K di UIR.(foto: mcr)Sosialisasi KIP-K di UIR, LLDIKTI Wilayah XVII: Peran Yayasan dan PT Penting untuk Sukseskan Program
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Ikuti MTQ ke-42 Riau, Besok Kafilah Pekanbaru Berangkat ke Dumai
  Service AHASS siaga untuk pemudik.(foto: istimewa)AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
NETA V.(foto: istimewa)Makin Populer, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto bersama Menhub RI.(foto: sri/halloriau.com)Dukung Gebyar BBI/BBWI, Menhub Beri Bantuan 'By The Service' ke Pemprov Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved