www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Jelang Pilkada, "Perang" Baliho Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Terlihat di Pekanbaru
 
Gerakan Boikot Produk Pendukung Israel Disarankan tak Bersifat Individu
Selasa, 30 Januari 2024 - 06:14:42 WIB

DEPOK - Koordinator BDS Asia Pasifik Apoorva Gautama mengatakan gerakan Boikot Divestasi Sanksi terhadap Israel (BDS) terus menjalar. Gerakan boikot ini juga dilakukan di negara-negara Asia Pasifik demi mendesak gencatan senjata di Gaza, Palestina.

"Perkembangan terkini selama empat bulan terakhir sejak adanya genosida di Gaza, yg telah menelan lebih 26 ribu korban jiwa, bahwa gerakan BDS tidak berhenti dan justru terus tumbuh dan ini penting bagi kita untuk bagaimana kita menyalurkan amarah kita," ujar Apoorva belum lama ini.

Apoorva pun mengapresiasi Gerakan BDS di Indonesia yang juga terus kencang menyuarakan suara rakyat Gaza. Meskipun Apoorva mengakui, tidak semua produk diboikot mengingat implementasinya sulit, tetapi BDS ini diharapkan bisa efektif memberikan efek bagi Israel.

Karena itu, Apoorva mendorong boikot terhadap produk yang ikut berperan langsung dengan kejahatan Israel terhadap Palestina. Salah satunya perusahaan logistik perdagangan milik Israel, ZIM.

"Satu target yang sangat penting bagi upaya menyadari genosida ini berhasil yakni perusahaan ZIM perusahaan terbesar Israel di bidang logistik perkapalan. Kenapa penting, karena perusahaan ZIM ini termasuk perusahaan yang mentrasportasikan persenjataan bagi Israel yang sebagiannya digunakan untuk memborbardir Gaza, sehingga memiliki keterikatan dan posisinya sangat jelas dengan genosida tersebut," ujarnya.

Untuk itu, Apoorva mendorong semua negara untuk mencegah kapal-kapal yang dimiliki ZIM ini untuk berlabuh ke pelabuhan masing-masing teritorial.

"Bukan hanya kapal kapal yang berbendera Israel, tetapi kapal kapal meskipun tidak berbendara Israel tetapi dimiliki oleh ZIM ini perlu diboikot," ujarnya.

Apoorva juga mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang melarang kapal Israel yang hendak bersandar ke pelabuhan Indonesia. Namun demikian, Apoorva berharap hal itu berlaku bagi kapal manapun yang merupakan milik ZIM.

"Perlu ada kejelasan bahwa tidak hanya kapal yg berbendera Israel tapi juga kapal yangg gunakan perusahaan ZIM memiliki keterlibatan dalam genosida meskipun tidak berbendera Israel," ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan sejumlah produk di Indonesia yang perlu menjadi sasaran boikot karena dukungannya terhadap genosida di Gaza.

"Yang dapat jadi sasaran boikot di Indonesia ada HP, Netafirm perusahaan pertanian yang ada di Indonesia dan jual produk-produknya, dia melakukan pencurian lahan dan sumber-sumber air dan menggunakan lahan Palestina untuk jadi pemukiman," ujarnya.

Apoorva juga mendorong agar tak hanya boikot secara individu, tetapi divestasi atau penghentian kerja sama Pemerintah dengan tidak menyertakan perusahaan yang terafiliasi dengan genosida Israel dalam lelang proyek Pemerintah. Ia mencontohkan, Hyundai Construction Equipment (Hyundai CE) yang disebut mengirimkan buldosernya untuk menghancurkan rumah di Palestina.

"Hyundai Israel ya tapi bukan Hyundai mobil ya beda. Hyundai Buldoser ini digunakan Israel untuk hancurkan rumah Israel, dilaksanakan kampanye untuk mendesak pemerintah agar dalam kontruksi tidak menggunakan Hyundai Israel tersebut," ujarnya, seperti yang dilansir dari republika. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Salah satu baliho bakal calon Gubernur Riau yang dipasang di simpang empat Arentka, Rabu (17/4/2024) (foto:rinai/halloriau) Jelang Pilkada, "Perang" Baliho Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Terlihat di Pekanbaru
ICDX Bursa Indonesia.(foto: istimewa)Konflik Iran-Israel Tidak Goyahkan Kinerja Bursa Komoditas Indonesia
Kampus Prodi Doktor Sains Manajemen UIR.(foto: istimewa)UIR Hadirkan Program Doktor Sains Manajemen
  Man City Vs Real Madrid.Prediksi Man City Vs Real Madrid: The Citizens Menang Tipis
Lonjakan arus kendaraan di Tol Riau sepanjang musim mudik dan balik lebaran.(foto: mcr)416.007 Kendaraan Melintas di Tol Riau Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024
Cabai merah keriting turun di Pekanbaru (foto/int)Cabai Merah Turun Jadi Rp25 Ribu/Kg, Ini Harga Sembako di Pekanbaru Pasca Lebaran
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved