www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
 
3 Tips Aman Bertransaksi Online, Anti Rugi ala Bank Indonesia
Sabtu, 03 Juni 2023 - 07:42:40 WIB

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menyarankan tiga cara aman dalam bertransaksi secara daring atau online supaya masyarakat terhindar dari kerugian yang disebabkan oleh kejahatan siber.

Di era digital saat ini, bertransaksi secara daring merupakan hal tidak asing lagi. Mulai dari pembayaran tagihan membeli barang hingga transfer uang, semuanya bisa dilakukan dalam satu genggaman lewat penggunaan ponsel pintar.

Akan tetapi, maraknya sederet modus kejahatan di lingkup transaksi digital, telah menciptakan zona ketakutan tersendiri bagi masyarakat.

Kejahatan transaksi digital acapkali menggunakan teknik manipulasi sosial lewat pengambilan informasi rahasia dari nasabah.

Dengan memanipulasi seseorang untuk memberikan kata sandi atau password, tentunya lebih mudah dibandingkan membobol sistem. Untuk itu, agar terhindar dari kerugian, diperlukan kewaspadaan dan pemahaman cara bertransaksi digital secara aman.

Dikutip dari laman resmi BI, Jumat (2/6/2023), berikut 3 cara aman bertransaksi secara daring:
1. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga kerahasiaan data pribadi. Hindari memberikan data seperti user ID, password, dan kode OTP kepada siapa pun.

Selain itu, memberikan data pribadi seperti nomor telepon, surat elektronik atau email, dan nomor identitas di media sosial juga berpotensi disalahgunakan.

“Pastikan membuat password yang sulit ditebak, misalnya data pribadi yang umum dipakai sebagai password dengan alasan kemudahan mengingat, antara lain tanggal lahir atau nama.”

2. Waspadai Modus Kejahatan Digital
Tips kedua dari bank sentral adalah selalu waspada berbagai modus penipuan saat bertransaksi online. BI menyarankan masyarakat untuk menggunakan perangkat milik pribadi saat bertransaksi digital dan pastikan untuk selalu  logout setelah melakukan transaksi.

Selain itu, jika berbelanja atau bayar tagihan, pastikan situs dan aplikasi tersebut resmi dan berizin. Salah satu ciri situs resmi dan berizin adalah adanya protokol HTTPS dan logo 'gembok' di alamat situs. Hal ini menunjukkan situs tersebut aman untuk transaksi pembayaran.

BI juga mengimbau publik agar tidak mudah percaya dengan tawaran hadiah dan jangan memencet tautan mencurigakan karena ini adalah modus kejahatan online 'phishing', yang kerap menyasar industri jasa keuangan dalam negeri.

“Oleh karena itu, selalu waspada pada orang atau organisasi/lembaga yang meminta informasi kartu kredit atau data sensitif lainnya melalui telepon, email, media sosial, SMS, maupun melalui cara lainnya,” tulis penjelasan bank sentral.

3. Cari Informasi dari Kontak Resmi
Tips terakhir dari BI adalah cari kontak resmi penyelenggara pembayaran jika adalah masalah saat bertransaksi. Nomor contact center resmi bisa didapatkan dari situs web ataupun akun media sosial resmi penyelenggara, seperti yang dilansir dari bisnis. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kepala Bapenda Riau, Eva Refita.(foto: mcr)TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Enam Kepala OPD Pemprov Riau jalani uji kompetensi besok (foto/int)6 Kepala OPD Pemprov Riau Jalani Uji Kompetensi Besok, Rotasi Besar-besaran Menanti
Pembangunan Flyover Panam Pekanbaru masih tahap pembebasan lahan (foto/tribunpku)Butuh Rp57 M Lagi, Pemprov Riau Kebut Lunaskan Ganti Rugi Lahan Flyover Simpang Panam
  Ketua ASN PPPK 2022 Riau, Eko Wibowo mendesak kepastian jadwal seleksi (foto/ist)Honorer di Riau Risau, Minta Kepastian Jadwal Seleksi PPPK 2024
Petugas Bapenda Kepulauan Meranti saat melakukan pengecekan di salah satu penangkar sarang waletBapenda Kepulauan Meranti Klaim Realisasi PAD Capai Target, OPD Penghasil Retribusi Diharapkan Bersinergi
Ilustrasi Dinkes Pekanbaru launching PIN Polio besok (foto/int)Besok Dinkes Pekanbaru Gelar PIN Polio Serentak, Ini Lokasinya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved