www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
 
Pesta Retail Tengah Sumatera 2022
Pemprov Riau Dukung Toko Kelontong SRC Majukan UMKM
Senin, 12 Desember 2022 - 18:06:33 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar bersama Band Wali dalam Pesta Retail Tengah Sumatera 2022 di Pekanbaru.(foto: istimewa)
Gubernur Riau, Syamsuar bersama Band Wali dalam Pesta Retail Tengah Sumatera 2022 di Pekanbaru.(foto: istimewa)

PEKANBARU - PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar pesta retail terbesar di 15 kota di Indonesia untuk merayakan kesuksesan toko kelontong atas berbagai kontribusinya dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Salah satu dari rangkaian acara tersebut adalah Pesta Retail Tengah Sumatera di Kota Pekanbaru yang berhasil menghadirkan lebih dari 1.700 toko kelontong dari Riau, Sumatera Barat (Sumbar) dan Kepulauan Riau (Kepri), serta didukung berbagai elemen masyarakat.

Pesta Retail Tengah Sumatera di Pekanbaru ini berlangsung pada Minggu (11/12/2022) kemarin, yang merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Pesta retail di seluruh Indonesia ini juga didukung pemerintah daerah setempat. Pada sambutannya di Pesta Retail Tengah Sumatera, Gubernur Riau, Syamsuar memberikan dukungan sepenuhnya bagi kemajuan toko kelontong sebagai penggerak kemajuan UMKM di Riau.

"Saya berterimakasih pada SRC yang telah melaksanakan pesta retail pada hari ini, kita doakan semoga retail di riau berkembang pesat sekarang sudah mencapai ribuan, ini semua berkat binaan dari SRC," ungkap Syamsuar.

"Kita mengucapkan selamat dan apresiasi serta terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan SRC yang telah membina retail-retail di riau semoga ekonomi riau ini maju pesat dan semoga sejahtera rakyatnya. Semoga tahun yang akan datang 2023 masih eksis dan bisa mengadakan pesta retail di bumi melayu tercinta ini," ucapnya.

Syamsuar menyatakan, di era yang semakin maju, peran teknologi menjadi salah satu faktor penting dan utama dalam membantu pertumbuhan bisnis. Adanya dukungan nyata berupa digitalisasi dalam bentuk aplikasi 'AYO KELONTONG' yang diberikan kepada SRC akan menjadi tonggak perubahan penting dalam kemajuan bisnis SRC.

"Kami menyambut dengan bangga pesta retail tengah sumatera karena kehadiran toko kelontong SRC juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. Kami juga berterimakasih kepada seluruh warga riau yang masih setia berbelanja di toko kelontong sehingga perputaran ekonomi tetap terjadi," lanjut Syamsuar.

Sebelumnya, Kemenko Bidang Perekonomian menyebutkan, UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9 persen dari total angkatan kerja nasional.

Direktur Penjualan Sampoerna, Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Toko kelontong SRC di seluruh indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional," ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengungkapkan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju, yang sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.

"Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu," sebut Ivan.

Ia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan.

"Rangkaian pesta retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan," tegas Ivan.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Tengah Sumatera akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Riau, Sumbar dan Kepri.

"Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya pesta retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis," ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi.

"Pesta retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital," pungkasnya.

Antusiasme masyarakat semakin bertambah dengan banyaknya hadiah menarik, seperti paket umroh yang diberikan oleh Silver Silk Pekanbaru. Selain itu acara ini turut didukung AQUA, BRI, KFC sebagai official partner nasional, serta Good Day, PLN, MODENA, Antam, Nestle, IM3, Modena, Sharp, Riau Barcode, Jaya Mandiri dan Jack n Jill.(rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



BERITA LAINNYA    
Rumah Kapitan Oei Hi Tam jadi destinasi wisata di Rohil (foto/int)Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
Rizky Billar dan Lesti Kejora saat berada di stadion (foto/int)Haters Ditetapkan Tersangka, Rizky Billar Bersyukur
Ilustrasi Pemko Pekanbaru dapat bantuan bibit dari pemerintah pusat (foto/int)Pemko Pekanbaru Dapat Bantuan Bibit Cabai dan Bawang Ditanam Lahan 10 Hektare
  Nissan X-TrailNissan X-Trail Tawarkan 32 Aksesori Baru
Peggy Melati Sukma dinikahi pengusaha New Zealand (foto/int)Cuma Sekali Bertemu, Peggy Melati Sukma Mantap Dinikahi Pengusaha New Zealand
Ilustrasi ratusan ribu militer Rusia disebut akan dikerahkan persiapan serangan baru Ukraina (foto/int)Menhan Ukraina Curigai Rusia Kerahkan 500 Ribu Pasukan Persiapan Serangan Baru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved