www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Dedi NasDem Tanggapi Santai Demo Penolakan Anies ke Riau: Setiap Orang Punya Hak yang Sama
 
Pertalite Lebih Boros? BPH Migas Tegaskan Kualitas Sudah Teruji dan Sesuai Ketentuan
Jumat, 14 Oktober 2022 - 05:53:37 WIB
Ilustrasi antrean saat pengisian BBM di sebuah SPBU. Foto INT
Ilustrasi antrean saat pengisian BBM di sebuah SPBU. Foto INT

JAKARTA - Pascakenaikan harga Pertalite per 3 September lalu, kabar kurang sedap seputar kualitas BBM bersubsidi tersebut terus bergulir bahkan viral di dunia maya. Mulai dari anggapan bahwa bensin Pertalite cepat habis dan lebih boros hingga kualitasnya yang dipertanyakan.

Terkait hal ini, Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman menyatakan bahwa kualitas dan spesifikasi BBM jenis RON 90 atau Pertalite sudah teruji.

Menurut dia, isu turunnya kualitas Pertalite yang beredar di lapangan dipastikan tidak benar. Pihaknya dengan tegas membantah isu turunnya kualitas BBM subsidi itu. BPH Migas juga sudah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) perihal isu tersebut.

Sejatinya, kata dia, Pertamina sudah memiliki ketentuan dan tidak akan mengeluarkan produk yang menyimpang dari ketentuan.

"Itu kan sudah diatur di keputusan Dirjen Migas ya, tentang standar kualitas. Jadi, jenis BBM yang boleh beredar di Indonesia ada kriteria yang harus diikuti," paparnya pada acara bertajuk ‘Forum Monitor Pengaturan BBM Subsidi untuk Keadilan Masyarakat, Sudah Tepatkah?’, Kamis (13/10/2022).

Saleh memastikan bahwa pengecekan ke Pertamina sudah dilakukan dan tidak ditemukan adanya perbedaan kualitas produk di kilang yang dulu dengan yang sekarang.

Isu mengenai BBM yang lebih cepat habis juga sudah diklarifikasi dengan pengujian sesuai standar oleh Pertamina.

"Jadi sekali lagi, saya pikir sudah dijawab Pertamina bahwa kualitas produk Pertalite yang dijual setahun yang lalu, enam bulan yang lalu, hari ini, itu sama. Harus mengikuti standar spesifikasi yang ditentukan oleh pemerintah, dalam hal ini kementerian ESDM," tandasnya.

Sebelumnya, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Industri Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) juga telah melakukan pengujian sebagai respons atas kabar tersebut.

“Terkait adanya isu BBM jenis Pertalite menjadi lebih boros pasca penyesuaian harga, pemerintah telah meminta Lemigas untuk melakukan pengujian secara teknis terkait standar dan mutu dari Pertalite,” papar Dirjen Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji, dikutip dari laman resmi Lemigas ESDM.

Terpisah, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting juga menegaskan standar dan mutu Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM RON 90 yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

"Pertamina mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, agar produk BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya," saran Irto, seperti yang dilansir dari sindonews.

Sebelumnya, jagad maya dihebohkan dengan unggahan foto yang viral di media sosial tentang kualitas Pertalite dengan oktan yang lebih rendah. Terlihat foto pengetesan Pertalite menggunakan sebuah alat, di mana tertera Pertalite dengan RON 86, bukan 90. (*)

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wakil Ketua Bapilu DPW Nasdem Riau, Dedi Harianto LubisDedi NasDem Tanggapi Santai Demo Penolakan Anies ke Riau: Setiap Orang Punya Hak yang Sama
Ketua Dewan Pakar DPW NasDem Riau Edy Natar Nasution. (dua dari kiri)NasDem Riau: 25 Ribu Massa Bakal Sambut Kedatangan Anies di Pekanbaru
Sekretaris DPD I Golkar Riau, Indra Gunawan Eet.(foto: int)Golkar Riau Pasang Baliho Sampai ke Desa Menangkan Airlangga di Pilpres 2024
  Kabag Bantuan Hukum, Yan Dharmadi.(foto: mcr)Pemprov Riau Tambah Dana Bantuan Hukum Warga Miskin Jadi Rp450 Juta
Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, Bagus Santoso memberikan sambutanFGD Perumusan Kebijakan Riau 2024, Wabup Sampaikan Persoalan Infrastruktur Rupat dan Abrasi
Ilustrasi.(int)Tour de Siak 2022 Etape 2, Warga Pekanbaru Diimbau Cari Jalan Alternatif
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved