www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Ketum PPP: KIB Belum Bahas Capres 2024
 
Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022 Lebih Sulit Dipalsukan dan Ramah Tunanetra
Kamis, 18 Agustus 2022 - 20:25:26 WIB
Kepala BI Perwakilan Riau, M Nur.(foto: mcr)
Kepala BI Perwakilan Riau, M Nur.(foto: mcr)

PEKANBARU - Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan uang rupiah kertas baru tahun emisi (TE) 2022, oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menkeu RI Sri Mulyani, Kamis (18/8/2022) secara virtual.

Peluncuran uang TE 2022 ini juga turut disaksikan Gubernur Riau Syamsuar dan Kepala BI Perwakilan Riau Muhamad Nur di Gedung Daerah Riau.

Dalam kesempatan itu, Kepala BI Perwakilan Riau, Muhamad Nur menuturkan, peluncuran uang rupiah kertas baru ini menjadi wujud komitmen BI untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya untuk masyarakat Indonesia.

Hal ini juga diamanatkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang yang mengatur mengenai kewenangan BI dalam melakukan pengelolaan Uang Rupiah yang meliputi perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, serta pemusnahan Uang Rupiah.

"Berdasarkan evaluasi dan masukan dari semua pihak, BI memandang perlu untuk dilakukan penguatan terhadap uang yang beredar, yaitu dengan mengeluarkan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022," ucap M Nur dilansir mcr.

M Nur menuturkan, peluncuran uang baru ini juga mempertimbangkan 3 aspek inovasi, yakni desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

"Desain warna lebih tajam agar semakin dikenali, unsur pengaman lebih andal, semakin sulit dipalsukan dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Ini yang menjadi dasar BI untuk meningkatkan keandalannya dalam menyediakan uang rupiah," ungkapnya.

Diketahui, Uang Rupiah Kertas TE 2022 terdiri dari pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000 dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022 dengan mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.(*)

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Plt Ketum PPP Muhammad MardionoKetum PPP: KIB Belum Bahas Capres 2024
Upacara berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya (foto/ilustrasi)Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya
Presiden RI, Joko Widodo mengumpulkan para menteri/pimpinan lembaga dan kepala daerah se IndonesiaTindak Lanjuti Arahan Presiden, Gubri Rapat Pengendalian Inflasi di Riau
  Hujan di Riau masih berpotensi angin kencang dan petir (foto/ilustrasi)Awas Banjir, Siang Hingga Sore Pekanbaru dan Sekitarnya Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.
Dinas PUPR Pekanbaru: Jalan Rusak Akibat IPAL Baru Pulih Awal Tahun 2023
ilustrasi7 Ciri-ciri Pasangan Selingkuh, Perhatikan Beberapa Perubahan Ini
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved