www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Mantap, Personel Brimobda Riau Urai Kemacetan
 
Ngaku Punya Sistem Anti Fraud, BRK Janji Ganti Uang Nasabah yang Ditilap Admin
Rabu, 29 Juni 2022 - 21:32:17 WIB
Direktur Utama BRK, Andi Buchari
Direktur Utama BRK, Andi Buchari

PEKANBARU - Sehubungan dengan ditangkapnya pegawai Bank Riau Kepri (BRK) yang berinisial RP (33) karena membobol rekening 101 nasabah senilai total Rp5,02 miliar, BRK mengklaim memiliki sistem internal kontrol dan investigasi fraud (penipuan) yang dapat mendeteksi kasus kecurangan pegawai agar kejadian serupa tak terulang lagi.

Kabag Komunikasi BRK, Dwi Harsadi Putra juga berjanji BRK akan mengganti uang nasabah yang ditilap oleh RP. "Tidak ada nasabah yang dirugikan dalam kasus ini karena uangnya sudah kita ganti. Kita menjamin keamanan dana nasabah dan akan terus melakukan pengawasan ketat terhadap urusan transaksi di BRK," kata dia, Rabu (29/6/2022).

Sementara itu Direktur Utama BRK, Andi Buchari menegaskan, dirinya tidak akan pernah berkompromi pada pegawai yang terbukti melakukan fraud yang tak hanya merugikan nasabah tapi juga merugikan bank.

"Ini juga sebagai peringatan kepada seluruh pegawai bank, bahwa Bank Riau Kepri tidak main-main dalam menindak tegas pelaku yang melakukan kecurangan," ujarnya.

Mengingat kejadian pembobolan dana nasabah di BRK ini bukan kali pertama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau mendesak perlunya evaluasi besar-besaran jajaran direksi BRK.

"Sudah beberapa kali kita bahas dengan tim manajemen resiko apa yang mesti dilakukan. Bahkan diakui manajemen bank (BRK) ada beberapa yang perlu dievaluasi," kata Kepala OJK Riau, Muhamad Lutfi.

Lutfi juga menegaskan OJK akan memanggil direksi BRK. "Saya dalam waktu dekat juga akan memanggil direksinya," tegasnya.

Kabag Komunikasi BRK Dwi Harsadi Putra mengatakan akan bekerja sama dengan semua pihak termasuk kepolisian untuk melakukan penindakan pelaporan dan penahanan pelaku segera untuk memberi dampak positif dalam rangka konversi BRK menjadi Syariah sehingga kedepan diharapkan dapat mencegah pegawai untuk melakukan fraud.

Sementara itu mengenai kemungkinan adanya orang lain yaitu Customer Service di BRK yang membantu RP dalam pembobolan itu, Dwi mengatakan masih dalam pengusutan.

"Sejauh ini belum ada yang terlibat lebih dari satu. Iya ada rekannya yang sempat dihubungi pelaku, dia sebagai customer service di Pasir Pangaraian, kita minta keterangan saja. Ini akan kami usut tuntas," tutupnya.

Penulis: Rinai Kasih
Editor: Barkah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Personel Brimobda Riau terlihat sibuk mengurai kemacetan yang terjadiMantap, Personel Brimobda Riau Urai Kemacetan
Bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi menggunakan kursi roda keluar dari gedung Jampidsus Kejagung usai jalani pemeriksaan terkait kasus korupsi dan penyerobotan lahan di Inhu.(foto: int)KPK Berencana Gabungkan Penuntutan Surya Darmadi dengan Kejagung
Proses evakuasi 3 crew kapal tongkang dari dalam tangki pelampung kapal.(foto: bayu/halloriau.com)3 Crew Kapal Tongkang Terjebak di Tangki Pelampung, Satu Tewas Kehabisan Oksigen
  Ilustrasi.(int)Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Gubernur Riau Syamsuar menerima uang Rupiah kertas baru TE 2022 dari Kepala BI Perwakilan Riau M Nur usai peluncuran 7 uang Rupiah kertas baru TE 2022 secara virtual.(foto: mcr)Gubri Minta BI Riau Gencar Sosialisasi Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022
Kepala BI Perwakilan Riau, M Nur.(foto: mcr)Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022 Lebih Sulit Dipalsukan dan Ramah Tunanetra
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Semarakkan HUT ke-77 RI
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved