www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pemegang Saham Telkom Indonesia Bakal Dapat Dividen Rp14,86 triliun
 
BSI Kembangkan Layanan Open Banking
Jumat, 13 Mei 2022 - 06:51:28 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan Ayoconnect dalam pengembangan solusi berbasis teknologi open banking. Kerja sama tersebut bertujuan mengoptimalkan percepatan inklusi perbankan syariah di Indonesia dan dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman mengenai layanan API open banking.

Direktur Information Technology BSI Achmad Syafii mengatakan, sinergi ini dibangun atas kesepakatan untuk menghadirkan solusi finansial yang aman, cepat, dan berkelas global. BSI telah memiliki layanan open banking dengan konsep bank as a service (BaaS) dan akan diperluas melalui jaringan yang dimiliki oleh Ayoconnect.

"Penjajakan kerja sama antara BSI dan Ayoconnect ini nantinya akan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat yang ingin menikmati layanan BSI dengan aman, mudah, dan cepat melalui sistem yang terintegrasi API dan terdaftar resmi di OJK," kata Syafii, Rabu (11/5/2022).

Inovasi digital menjadi salah satu strategi yang terus dibangun BSI untuk mempercepat inklusi perbankan syariah. Adanya kerja sama ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk menjadikan bank syariah sebagai pilihan solusi finansial.

Syafii menambahkan, BSI berupaya mempercepat akselerasi digital dan pengembangan ekosistem syariah melalui open banking. Nantinya, Ayoconnect sebagai platform keuangan terbuka pengembang solusi berbasis teknologi open banking dapat mempercepat pertumbuhan inklusi ekonomi syariah melalui integrasi sistem BSI.

"Kolaborasi ini juga dapat mendorong lebih banyak lagi Muslimpreneur untuk memanfaatkan layanan BSI melalui API open banking ini," katanya, seperti yang dilansir dari republika.

Sebagai contoh, dalam waktu dekat melalui pemanfaatan ekosistem open banking Ayoconnect, nasabah BSI dapat menikmati fitur direct debit. Fitur tersebut memungkinkan nasabah BSI melakukan pembayaran daring melalui pendebitan dana langsung dari rekening BSI. Syafii mengatakan, adanya pengembangan solusi open banking juga akan diaplikasikan dalam BSI Mobile.

Layanan digital BSI terus mengalami peningkatan hingga akhir kuartal I 2022. Jumlah pengguna mobile banking BSI hingga Maret 2022 mencapai 3,77 juta pengguna atau naik 124 persen. BSI juga mencatat transaksi mobile banking mencapai 55,11 juta transaksi dengan volume mencapai Rp 71,29 triliun. Angka itu meningkat masing-masing sebesar 276 persen dan 311,94 persen.

COO Ayoconnect Chiragh Kirpalani mengatakan, kerja sama strategis yang terjalin merupakan salah satu upaya untuk mendukung BSI dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia melalui perbankan syariah. Ia juga berkomitmen akan terus menggandeng lebih banyak institusi finansial dalam berinovasi dan membangun infrastruktur teknologi finansial. Hal tersebut sebagai salah satu pilar pendukung demi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

"Kami harap hadirnya berbagai fitur baru yang terbentuk berkat kerja sama ini dapat menjadikan BSI sebagai financial solution sharia bank yang amanah dalam membantu nasabah melakukan transaksi yang mudah dan aman," katanya. *


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Telkom IndonesiaPemegang Saham Telkom Indonesia Bakal Dapat Dividen Rp14,86 triliun
Ilustrasi.Karena Uang Rp1.000, Seorang Warga Inhil Ditikam OTK
Ketua Komisi III DPRD Riau Makarius Anwar.Komisi III DPRD Riau Minta BPKAD Lakukan Penahanan Aset Bermasalah
  Wakil Bupati Siak, Husni Merza menghadiri Haflah Akhirussanah 21 Santri Pondok Pesantren Ibnu Sina Siak.Wabup Husni Merza: Ponpes Ibnu Sina Bantu Pemerintah Cerdaskan Generasi Muda Siak
Maling kotak amal di Masjid Amaliyah Pekanbaru terekam CCTv.Terekam CCTv, 3 Kotak Amal Masjid Amaliyah Pekanbaru Digondol Maling
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha bersama wisudawan IDCamp 2021 yang diwakili 10 lulusan terbaik.Wujudkan Talenta Digital Berkelas Dunia, Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan IDCamp 2022
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Paguyuban Balai PPW Riau Anjangsana ke Panti Asuhan di Pekanbaru
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved