www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Telkomsel Beri Apresiasi untuk Mitra Outlet Setia di Program Undian Digistar
 
Januari - Desember 2021, Riau Alami Inflasi 1,54 Persen
Senin, 03 Januari 2022 - 16:14:03 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat, Riau mengalami inflasi sebesar 1,54 persen pada Januari-Desember 2021 dan 0,05 persen di Desember 2021 dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,78.

Untuk diketahui, inflasi sebagaimana dikutip dari laman resmi Bank Indonesia (BI) adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan deflasi adalah penurunan harga barang secara umum dan terus menerus.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin mengatakan dari 3 kota IHK di Provinsi Riau yaitu Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan, dua mengalami inflasi.

"Kota Pekanbaru mengalami inflasi sebesar 0,07 persen dengan IHK 106,53 dan Kota Tembilahan mengalami inflasi sebesar 0,29 persen dengan IHK 107,42," kata dia, Senin (3/1/2022).

Sedangkan Kota Dumai, jelasnya, mengalami deflasi sebesar 0,13 persen dengan IHK 107,7.

Misfaruddin menjelaskan bahwa inflasi terjadi karena adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh naiknya tujuh indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok penyediaan makan dan minuman/restoran sebesar 0,50 persen, diikuti oleh kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,44 persen, serta kelompok transportasi sebesar 0,35 persen.

Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,21 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,17 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,05 persen dan kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,04 persen.

"Komoditas yang memberikan andil peningkatan harga pada Desember 2021, antara lain kontrak rumah, bawang merah, nasi dengan lauk, cabai rawit, telur ayam ras, ayam hidup, minyak goreng, beras, tarif angkutan udara dan daging ayam ras," paparnya.

"Untuk komoditas yang memberikan andil penurunan harga antara lain cabai merah, tomat, udang basah, wortel, cabai hijau, jeruk, kol putih dan kelengkeng," katanya.

Penulis: Rinai
Editor: Satria


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Telkomsel terus memberikan apresiasi melalui program berhadiah menarik untuk para outlet penjual produk dan layanan Telkomsel yang setia. Melalui program Undian Digistar, Telkomsel memberikan beragam hadiah menarik dari mulai 5 unit Mobil Xpander, 15 Logam Mulia (10 gram) hingga Jutaan Rupiah Saldo Link Aja bagi para mitra outlet Digipos Aja yang aktif bertransaksi produk dan layanan Telkomsel.Telkomsel Beri Apresiasi untuk Mitra Outlet Setia di Program Undian Digistar
XL AxiataAxiata dan XL Axiata Lakukan Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat untuk Mengambilalih 66,03% Saham Link Net
Anggota DPRD Riau Marwan YohanisMarwan Yohanis: Pengawasan Distribusi Minyak Goreng di Riau Kurang
  Suzuki XL 7Penuhi Kebutuhan Bahan Bakar Minyak yang Sesuai untuk Menjaga Kinerja Mesin Tetap Optimal
PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berkolaborasi dengan tim Avatar (Ajak, Vaksin, Antar) Polres Pelalawan dan didukung Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan melaksanakan vaksinasi di sekolah binaan RAPP pada 23-27 Januari 2022.Cegah Learning Loss, RAPP Tuntaskan Vaksinasi Anak Dosis I di Sekolah Binaan
Tokoh pendiri Pelalawan, Daslir MaskarViral Video Panglima DPP LLMB Lecehkan Pelalawan, Pendiri Pelalawan Ingin Kasus Ini Dibawa Ke Ranah Hukum
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Jasa Raharja Riau Kunjungi Metro Riau Group
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved