www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Belum Semua Pasar Modern Pekanbaru Ikut Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga
 
Harga Sembako Ngelunjak, Warga Pertanyakan Peran Pemerintah
Sabtu, 25 Desember 2021 - 14:14:04 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

PEKANBARU - Harga Sembako di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru naik saat perayaan Natal dan menjelang tahun baru. Terutama untuk harga minyak goreng, telor ayam hingga komoditas sayur seperti buncis dan timun.

Kenaikan sejumlah sembako membuat masyarakat kewalahan dalam mengatur kebutuhan dapur, bahkan kenaikan harga sembako akhir tahun ini tidak bisa dikompromi, berbeda jauh jika dibandingkan tahun yang lalu.

"Jika kenaikan harga BBM bisa kita ketahui jauh-jauh hari, tapi harga sembako kita lihat naiknya suka-suka aja, apalagi jelang akhir tahun ini kebutuhan dapur pada naik tanpa kompromi," ungkap Ita salah seorang pembeli di Pasar Pagi Arengka, Sabtu (25/12/2021).

Ita juga mempertanyakan peran pemerintah dalam mengontrol dan menekan harga sembako di pasaran, pasalnya kenaikan harga sembako sudah sangat memberatkan masyarakat.

"Minyak melambung mahal, disusul telur dan kebutuhan lainnya, apa kenaikan harga ini tidak bisa ditekan oleh pemerintah, bagaimana caranya harga sembako tidak terus naik, karena bagi kami masyarakat kecil ini harus pintar-pintar mutar keuangan biar dapur tetap ngepul," tambah Ita.

Sementara itu, Lilik salah seorang pedagang memaparkan mahalnya harga sembako saat Natal dan jelang tahun baru diperkirakan banyak faktor, diantaranya disebabkan tingginya permintaan.

"Kemungkinan itu karena tingginya permintaan di pasar, mungkin juga ada faktor lain seperti untuk sayur mayur bisa dipengaruhi faktor cuaca yang mempengaruhi pasokan yang masuk, seperti yang mahal saat ini untuk harga buncis dan timun," ujar Lilik.

Untuk inforamasi hari ini harga telur ayam tembus diharga Rp51.000 per papan (30 biji) sebelumnya hanya Rp45.000 per papan.

Sardin Mili dari Rp 35.000 saat ini sudah berada di harga Rp 38.000, dan untuk pasokan ikan sarden beberapa hari belakangan dikeluhkan kosong di beberapa distributor dan beberapa pasar.

Untuk harga timun harga saat ini berada di harga Rp10.000 per kilogram dari Rp8.000 per kilogram.

Minyak goreng Fortune Rp 19.000 per liter, Bimoli Rp 18.000 Per liter dan minyak goreng curah Rp 17.000 per liter.

"Kalau harga cabe merah, bawang merah kenaikan tidak begitu signifikan masih kategori aman," tambah Ani, salah seorang pedagang lainnya.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Ardian


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.Belum Semua Pasar Modern Pekanbaru Ikut Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga
Mobil jenis Isuzu Panther dengan nomor polisi BM 1447 TP hangus terbakar.Mobil Dinas Kepala Keamanan Lapas Pekanbaru Dibakar OTK
Universitas Riau.Himaprodi PPKn FKIP Unri Adakan Olimpiade PPKn Nasional bagi Pelajar dan Mahasiswa
  Vaksinasi boosterMasyarakat Riau Sudah Bisa Vaksin Booster, Ini Ketentuannya
Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto ikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.Kapolres Rohil beserta Puluhan Personil Ikuti Vaksinasi Booster
Press Release kasus peredaran narkoba, Kamis (20/1/2022) di Mapolda Riau. Gubri Apresiasi Polda Riau Bongkar Peredaran 80 Kg Sabu
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Jasa Raharja Riau Kunjungi Metro Riau Group
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved