www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Harga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Walikota Dumai Sampaikan Tanggapan terhadap Pandangan Umum Fraksi Atas Ranperda APBD-P 2021
Rabu, 22 September 2021 - 19:08:04 WIB
Walikota Dumai Paisal menyampaikan sambutan pada acara Paripurna tanggapan terhadap pandangan umum fraksi di DPRD Dumai atas Ranperda APBD Perubahan 2021.
Walikota Dumai Paisal menyampaikan sambutan pada acara Paripurna tanggapan terhadap pandangan umum fraksi di DPRD Dumai atas Ranperda APBD Perubahan 2021.

DUMAI - Walikota Dumai menyampaikan tanggapan terhadap Pemandangan Umum Fraksi DPRD atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD Kota Dumai Tahun Anggaran 2021 di gedung DPRD Kota Dumai, Rabu (22/9/2021).

Tanggapan tersebut disampaikan di rapat Paripurna DPRD Kota Dumai yang dipimpin wakil ketua DPRD Dumai Mawardi didampingi, wakil DPRD Dumai, Bahari dan dihadiri anggota DPRD Dumai, Penjabat Sekda Dumai, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Dumai, Forkopimda dan undangan lainnya. Berikut ini isi lengkap tanggapan Walikota Dumai:

Terhadap Fraksi PKS, walikota mengatakan, sehubungan dengan meningkatnya pendapatan asli daerah, hal ini merupakan usaha kita bersama dan tentunya berkat dukungan DPRD.

Kami akan terus melakukan upaya-upaya untuk mengoptimalisasi sumber-sumber PAD ditengah kondisi pandemik saat ini dan akan terus mengoptimalkan kinerja aparatur serta terus berupaya meningkatkan sistem pemungutan dan pengawasan penerimaan dari sektor PAD.

Dapat kami informasikan juga bahwa dalam penanganan Covid-19 kita telah mengalokasikan belanja tidak terduga untuk penanganan kesehatan, jejaring pengaman pengaman sosial dan pemulihan ekonomi.

Disamping hal tersebut, kita juga dapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau sehingga meringankan beban kita dari sisi pengeluaran.

Terhadap Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan, kami menyampaikan apresiasi berkenaan dengan pemandangan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang telah mengingatkan kami akan pentingnya mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam peningkatan kualitas dan kuantitas pembangunan terutama yang bersentuhan dengan hajat hidup orang banyak.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon dukungan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam merealisasikan belanja-belanja pembangunan daerah sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat terwujud.

Fraksi Nasdem, terkait pendapatan daerah, kami meyakini bahwa dengan kerja keras kita bersama, target-target yang telah ditetapkan akan dapat dicapai dan hal itu diperlukan kerjasama dari kita semua pihak yang berkepentingan.

Pemerintah Kota Dumai akan selalu berinovasi untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah dengan melakukan intesifikasi dan ekstensifikasi potensi pendapatan yang baru.

Upaya peningkatan pendapatan asli daerah dibarengi dengan melakukan evaluasi kinerja secara kontiniu terhadap perangkat daerah yang berhubungan dengan potensi pendapatan sehingga target yang ditetapkan dapat dicapai secara maksimal.

Terhadap pandangan Fraksi PPP, kami sepakat dengan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan bahwa perubahan APBD Tahun 2021 merupakan momentum penting untuk keberlanjutan pemerintahan dan pembangunan untuk memenuhi aspirasi masyarakat Kota Dumai.

Pemerintah Kota Dumai sangat setuju sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda kita, kami terus melakukan efisiensi dalam pembelanjaan keuangan daerah dengan mencermati kesesuaian serta konsistensi dalam rancangan Penjabaran Perubahan APBD dan Perubahan Rencana Kerja Anggaran (RKA) setiap OPD.

Pemerintah Kota Dumai tetap mengalokasikan anggaran untuk pencegahan dan penanggulangan pandemi covid-19 yang meliputi penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi dalam belanja tidak terduga.

Selain hal tersebut Pemerintah Kota Dumai juga mengalokasikan belanja insentif untuk tenaga kesehatan.

Kami berkomitmen pada perubahan APBD tahun 2021 ini akan mengoptimalkan belanja yang dialokasikan dengan efektif dan efisien dengan memperhatikan skala prioritas pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terhadap pandangan umum Fraksi Partai Golkar, Pemerintah Kota Dumai mengucapkan terima kasih dan sepakat bahwa hasil pengelolaan kekayaan Daerah yang dipisahkan harus dikelola oleh orang-orag yang memiliki integritas dan komitmen.

Sehubungan dengan penurunan yang cukup signifikan atas hasil pengelolaan kekayaan Daerah yang dipisahkan, Kami akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan yang lebih intensif agar keberadaan BUMD ini menjadi penopang bagi pendapatan asli daerah Kota Dumai.

Berkenaan dengan kenaikan komponen belanja daerah sebagaimana yang telah disampaikan oleh fraksi partai Golkar, dapat kami sampaikan bahwa secara umum kenaikan belanja barang dan jasa serta belanja modal dalam rangka pemulihan ekonomi daerah dan pemenuhan mandatory spending yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Sedangkan peningkatan belanja tidak terduga adalah dalam rangka penangan Covid 19.

Menjawab pandangan umum Fraksi PAN, terkait belanja pegawai dapat kami jelaskan bahwa terjadi penambahan pada TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai ASN) merupakan pemenuhan terhadap kekurangan penganggaran TPP dan tunjangan lainnya yang pada APBD TA 2021 baru dianggarkan untuk delapan bulan.

Menjawab pandangan umum Fraksi Gerakan Indonesia Raya, Pemerintah Kota Dumai terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja perangkat daerah secara rutin dan berkala untuk menjamin tercapainya target-target dan ketepatan sasaran pembangunan daerah.

Kami akan terus berupaya mematuhi peraturan perundang-undangan tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun anggaran 2021, agar benar-benar dapat memenuhi indikator sasaran pembangunan yang diharapkan sesuai fungsi belanja pada APBD-P 2021.

Mengakhiri jawaban/tanggapan ini perkenankanlah sekali lagi saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya disertai iringan ucapan terima kasih atas kerjasama yang telah ditunjukkan dan dibuktikan selama ini.

Mudah-mudahan Ranperda yang secara maraton kita laksanakan pembahasannya pada akhirnya nanti dapat di-sah-kan menjadi Peraturan Daerah sehingga siklus APBD kita berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah digariskan.

Penulis: Bambang
Editor: Rico




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
IlustrasiHarga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
IlustrasiLahan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang Belum Dibebaskan Tinggal 750 M
Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut AMSI Nilai Hoaks Pengaruhi Tingkat Kepercayaan Publik terhadap Media Massa
Kadisparekraf Provinsi Riau Roni RakhmatKadisparekraf Riau Berharap Ekonomi Masyarakat Bangkit dengan Hadirnya Desa Wisata
IlustrasiRealisasi Transfer Dana Desa Se-Riau Capai Rp15,96 Triliun
  IlustrasiPolisi Diduga Kriminalisasi Petani, Koalisi Desak Kapolres Kampar Dicopot
Adi Putra terpilih secara aklamasi sebagai ketua PWI Kabupaten Bengkalis dalam Konferkab V, periode 2021 - 2024.Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis
IlustrasiSebaran Corona di Indonesia 23 Oktober: Riau Cuma Tambah 9 Kasus
Jonatan ChristieAnthony Ginting dan Jonatan Christie Mundur dari French Open 2021, Ini Penyebabnya
IlustrasiKapolsek yang Perkosa Anak Tersangka Akhirnya Dipecat!
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved