www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Launching ALAKE , Wako Dumai Minta Dana Kelurahan Segera Digunakan
Selasa, 11 Juni 2024 - 19:57:31 WIB

DUMAI - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai melaunching kebijakan Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi (ALAKE) berkhidmat untuk mewujudkan Dumai sebagai kota damai dan hijau, Selasa (11/6/2024).

Launching ALAKE secara langsung Walikota Dumai, Paisal dihadiri unsur FITRA Provinsi Riau, Pilar Nusantara, Ford Foundation serta kepala OPD, camat dan lurah se Kota Dumai.

Kepala Bappeda Kota Dumai Budhi Hasnul menjelaskan kebijakan ALAKE sebagai strategi menuju Dumai Kota Hijau sesuai RPJMD Kota Dumai tahun 2005-2025 mewujudkan Dumai sebagai lingkungan hidup yang hijau.

RPJMD 2021-2026 misi ketiga mewujudkan infrastruktur dan ruang kota Dumai berkualitas dan berwawasan lingkungan. Bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana.

Untuk skema pengalokasian dana kelurahan berbasis kinerja yakni pagu dana kelurahan sebesar 50 persen alokasi dasar. 20 persen alokasi Formula serta 30 persen alokasi kinerja.

Selanjutnya indek kinerja kelurahan terbagi pada aspek lingkungan hidup kelurahan bobot 60 persen dan aspek tata kelola pemerintahan dan kesejahteraan sosial bobot 40 persen.

"Kita juga menyerahkan penghargaan kepada tiga kelurahan dalam penerapan insentif ALAKE yakni urutan pertama diraih Kelurahan Jayamukti, urutan kedua diraih Kelurahan Guntung dan ketiga diraih Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan," kata Budi. 

Walikota Dumai, Paisal menjelaskan selama 3,5 tahun saat ini pemerintah terus berpacu untuk membangun daerah ini. Sebab Dumai merupakan daerah investasi yang berasal dari dalam dan luar negeri.

"Kami terus menggesa, dan alhamdulillah APBD Dumai yang awal nya Rp1,2 triliun saat ini telah mencapai Rp2 triliun. Ini berkat kerja sama semua sehingga ada DBH serta peningkatan PAD yang menghasilkan pendapatan seusai yang diharapkan," kata wako. 

Saat ini Dumai telah memiliki insfrastruktur yang baik dan universitas yang banyak. Saat ini kelurahan memang menjadi tolak ukur makanya diprioritaskan agar mendukung pembangunan di kota Dumai. Sekarang angka kemiskinan ekstrem di kota Dumai sudah nol, dan ini jangan membuat kita lengah.

"Orang datang ke Dumai cukup tinggi dengan pertumbuhan industri orang berbondong-bondong datang ke Dumai. Disdukcapil harus lebih selektif agar jumlah kemiskinan ekstrem tidak meningkat dan angkat pengangguran tidak bertambah," ujarnua.

Dengan bertambahnya APBD ke depan dana kelurahan akan bisa ditingkatkan sebab dana ini bisa langsung dieksekusi tak perlu dilelang. Ia yakin dengan kebijakan ini pembangunan bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama jalan, drainase.

"Masih banyak PR yang harus dituntaskan. Ini semua dapat terealisasi atas kerjasama seluruh unsur kepasa OPD, camat dan kelurahan, RT serta masyarakat," tutupnya.

Penulis: Bambang
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF HariyantoSosok Syekh Ma'sum Tambusai di Mata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto
Sapi kurban milik anggota DPRD Pekanbaru yang terberat se-Sumatea, kalahkan sali Jokowi.(foto: tribunpekanbaru.com)Lampaui Jokowi dan Terberat se-Sumatera, Politisi Muda Pekanbaru Kurban Sapi 1,3 Ton
Kantor Gubernur Riau.(foto: int)Proses Pengisian Jabatan Eselon II Pemprov Riau dalam Pengajuan Rekomendasi KASN
Plt Kakanwil Kemenag Riau, H Muliardi.(foto: mcr)Ribuan Jemaah Haji Riau Pulang Bertahap Mulai 24 Juni 2024
  Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Saat Memimpin Rapat Kegiatan Bakti Sosial Sinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.Kamis Ini Pemko dan Provinsi akan Gelar Aksi Bersih-bersih Sempena Hari Jadi ke-240
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Sekda Ingatkan ASN Pemko Pekanbaru Tak Tambah Libur
Pintu Tol Pekanbaru-Dumai.(foto: tribunpekanbaru.com)Peningkatan Arus Balik Iduladha di Tol Riau Diprediksi Memuncak Hari ini
Honda Brio.(foto: int)Honda Prospect Motor Raih Penjualan Positif di Kuartal Kedua 2024
PT BSP diwakili Sekper, Ardian menyaksikan pemotongan hewan kurban di Sekretariat PWI Riau, Selasa (18/6/2024).Wartawan PWI Riau Gotong Royong Potong 9 Hewan Kurban
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved