www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pertamina Tuan Rumah Peringatan Harlah Pancasila
Presiden Jokowi Bakal Pimpin Upacara di Lapangan Garuda PHR Dumai
Kamis, 30 Mei 2024 - 17:59:15 WIB

DUMAI - Pertamina menyampaikan apresiasi dan rasa bangga bahwa Wilayah Kerja Rokan telah ditunjuk sebagai tuan rumah puncak peringatan Hari Lahir Pancasila (Harlah) 2024. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila akan berlangsung di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Dumai, pada Sabtu (1/6/2024) yang dipimpin langsung Presiden Jokowi.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menunjuk Blok Rokan sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila 2024 karena merupakan simbol ketahanan energi negeri. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan bangsa.

Upacara ini menjadi momen penting untuk memperingati nilai-nilai luhur Pancasila yang telah menjadi landasan bagi bangsa Indonesia selama bertahun-tahun. Untuk itu, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Pemerintah Kota Dumai turut berkolaborasi demi suksesnya upacara tersebut.

"Kami merasa terhormat dan bangga dipercaya menjadi tuan rumah Hari Lahir Pancasila. Mari bersama kita sukseskan momen bersejarah ini sebagai cerminan persatuan dan kesatuan bangsa," kata VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso saat kegiatan Konferensi Pers di Dumai, Kamis (30/5/2024).

Menurut Fadjar, Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan menjadi momen penting untuk memperingati nilai-nilai luhur Pancasila yang telah menjadi landasan bagi bangsa Indonesia. Sebagai tulang punggung energi nasional, PHR juga seluruh Pertamina Group menyadari pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan operasi yang andal dan selamat demi ketahanan energi nasional.

"Pancasila telah menjadi landasan perusahaan dalam menjalankan usaha dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara," ucapnya.

Kesuksesan kegiatan ini sekaligus bentuk sinergi dan kolaborasi antara BUMN, Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menyelenggarakan event nasional.

Sepanjang 2023, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan penghasil minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia dengan produksi sebesar 167.270 barel setara minyak per hari (BOEPD). PT PHR juga telah berhasil meningkatkan produksi migas sejak alih kelola tahun 2021.

PT PHR juga telah melakukan pembayaran dana Participating Interest (PI) atau kepemilikan sebesar 10% dengan total nilai Rp3,5 triliun kepada PT Riau Petroleum Rokan (RPR), sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pengelola dana PI yang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Riau untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Riau.

Sebelumnya Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyampaikan bahwa puncak peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini di pusatkan di Lapangan Blok Rokan Kota Dumai dan dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dijelaskannya, pemilihan Lapangan Blok Rokan di Dumai sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila tahun 2024 untuk meningkatkan nasionalisme dan persatuan seluruh anak bangsa.

Blok Rokan merupakan blok minyak tersubur di Indonesia yang sejak 2021 pengelolaannya 100 persen kembali ke Ibu Pertiwi. Dari ini sini kami ingin sampaikan pesan kalau kita bersatu, kita bisa mengelola sumber daya alam yang manfaatnya untuk kesejahteraan seluruh rakyat. Tambahnya

Harlah Pancasila tahun ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Iya mengatakan, Indonesia akan mengalami usia emas pada 2045. masa itu ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya.

Terakhir wali kota Dumai H. Paisal mengucapkan puji syukur karena Dumai dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan upacara harlah Pancasila 2024.

"Alhamdulillah Dumai dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan upacara harlah Pancasila 2024. Tentunya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Dumai. Dan kami menyambut baik semua tamu yang hadir baik dari Pusat maupun dari Pemerintah Provinsi.

Wako berharap, dengan semangat hari lahir Pancasila ini menambah semangat kita untuk bersatu dan menyerukan NKRI harga mati.

Terakhir wako H. Paisal mengatakan bahwa kota Dumai baru merasakan dana bagi hasil. "Alhamdulillah sejak pengelolaannya kembali ke Ibu Pertiwi kota Dumai merasakan dana bagi hasil. DBH tersebut kami gunakan untuk pembangunan Dumai." Pungkasnya.

Penulis: Bambang
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Rombongan Agung-Markarius kunjungi pemilik Ponpes Babussalam Tuan Guru Ismail Royan, Selasa (23/7/2024) (foto:ist)Tuan Guru Ismail Royan Doakan AMAN, Sebut Calon Pemimpin yang Berpotensi
BKPSDM Rohil, Acil Rustianto, saat bertindak sebagai pembina apel pagi (foto/afrizal)ASN Pemkab Rohil Harus Penuhi Kewajiban Sebelum Menuntut Hak
  Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
Pj Gubri, SF Hariyanto menyerahkan SK PPPK guru honor Kuansing dan Inhu (foto/int)Akhirnya 332 Guru Honorer di Inhu dan Kuansing Terima SK PPPK
Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung-Markarius minta nasehat Tuan Guru Ismail Royan (foto/Mimi)Calon Walikota Pekanbaru Agung-Markarius Sambangi Tuan Guru Ismail Royan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved