www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Diskes Teken Komitmen Bersama Percepat UHC di Kota Dumai
Kamis, 29 September 2022 - 21:52:15 WIB
Kepala Diskes Dumai, dr Syaipul menandatangani Komitmen Bersama Percepat UHC di Kota Dumai, Kamis (29/9/2022).(foto: bambang/halloriau.com)
Kepala Diskes Dumai, dr Syaipul menandatangani Komitmen Bersama Percepat UHC di Kota Dumai, Kamis (29/9/2022).(foto: bambang/halloriau.com)

DUMAI - Diskes Kota Dumai menggelar Pertemuan Percepatan Universal Health Coverage (UHC) Kota Dumai Tahun 2022 dan Penandatanganan Komitmen Bersama Terkait Riau Menuju Jaminan Kesehatan 2024.

Acara yang dilangsungkan di Ballroom salah satu hotel di Kota Dumai ini, dibuka Sekdako Dumai H Indra Gunawan, Kamis (29/9/2022).

Turut hadir, Kadiskes Riau H Zainal Arifin SKM MKes, Forkopimda Kota Dumai, Kepala OPD Pemko Dumai, pimpinan Instansi vertikal, Camat dan Lurah di lingkup Pemko Dumai.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), peningkatan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas dan untuk menjamin keberlangsungan program JKN sesuai Intruksi Presiden No 1 Tahun 2022.

Kadiskes Dumai, dr Syaiful dalam laporannya mengatakan, dari 331.445 total jumlah penduduk Kota Dumai, yang sudah mempunyai jaminan kesehatan baru 89 persen atau sebanyak 291.598 jiwa.

"Yang belum mempunyai jaminan sekitar 23.000 jiwa. Target kita untuk mencapai UHC dan terkait Riau menuju Jaminan Kesehatan per 1 Januari 2023 yaitu 95 persen atau sebanyak 314.572 jiwa," ungkapnya.

Sementara itu, Sekdako Dumai, Indra Gunawan mengatakan, Pemko Dumai berkomitmen dalam melaksanakan Amanat UU No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan yang menegaskan setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses dan sumber daya bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau.

"Dumai termasuk daerah dengan APBD yang kecil di Riau. Walau begitu, tidak menjadikan itu sebagai penghambat Pemko Dumai dalam mengoptimalkan program JKN. Hal ini dibuktikan dengan Khidmat Kesehatan yang merupakan salah satu program unggulan Pemko Dumai," tuturnya.

Lanjutnya, dengan besarnya jumlah anggaran yang dianggarkan, menunjukkan Pemko Dumai sangat berkomitmen dalam melaksanakan dan mewujudkan amanat UU serta berupaya maksimal demi terwujudnya UHC di Riau dengan target 1 Januari 2024.

"Semoga dengan adanya Penandatanganan Komitmen Bersama Percepatan Jaminan Kesehatan ini, tujuan pemerintah pusat dan daerah dalam melaksanakan program negara untuk memberikan kepastian, perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dapat terwujud," harap Indra.

Di sisi lain, Kadiskes Riau H Zainal Arifin SKM MKes mengapresiasi upaya dan langkah yang dilakukan Pemko Dumai untuk melakukan percepatan Jaminan Kesehatan per tanggal 1 Januari 2024 di Riau, yang sebelumnya telah dilakukan penandatanganan komitmen bersama kepala daerah pemerintah kabupaten/kota se-Riau di Pekanbaru.

Tambah Arifin, sebagai gambaran, di Provinsi Riau Jaminan Kesehatan Semesta hanya 79 persen per 1 Januari 2022, sementara nasional baru 86 persen. "Untuk Kota Dumai sudah mencapai 89 persen, sudah berada di atas Pemprov dan pemerintah Pusat," ucapnya.

"Untuk itu, kepada Pemko Dumai kami berharap, kalau memang bisa mencapai target sebelum 1 Januari 2024, ya kenapa tidak. Setahun lebih cepat dari target yang telah ditetapkan, ini lebih baik," pungkasnya.

Penulis: Bambang
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Dit Intelkam Polda Riau bersama pengurus RPBD di Kuansing.(foto: rivo/halloriau.com)Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
Sekjen DPW Partai NasDem Riau, Jhony Charles63 Kampung dI Riau Terima Sertifikat Proklim, Jhony Charles Harap Terus Ditingkatkan, Ini Sebabnya
Ilustrasi.(int)Set Top Box Tiba-tiba Meledak, Ini Sebabnya
Bupati Cianjur menerima bantuan donasi untuk korban gempa dari Pemprov Riau.(foto: mcr)Terkumpul Rp676 Juta Lebih, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Korban Gempa Cianjur
Bupati dan pimpinan DPRD Kepulauan Meranti salam komando usai pengesahan APBD Tahun 2023APBD Kepulauan Meranti Tahun 2023 Disahkan Rp1,4 Triliun, Banggar DPRD Berikan Sejumlah Rekomendasi
  Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Diskes Riau Bakal Gelar Seminar Hari AIDS Sedunia Bersama Mahasiswa Kesehatan
Ilustrasi.(int)Sore ini 3 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, Riau Nihil
Ilustrasi.(int)DLHK Riau Verifikasi Administrasi SPJ Sebelum Bangun 2 Sekat Kanal di Rohil dan Pelalawan
Aliansi Masyarakat dan Anggota Poktan Menggala Jaya, unjuk rasa di lahan sengketa. Unjuk Rasa di Lahan Sengketa, Anggota Poktan Menggala Jaya Rohil Minta Syamsuar Bertindak
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, memberikan pemaparan kepada media tentang kolaborasi XL Axiata dan Polri dalam pengamanan KTT G20.(foto: istimewa)XL Axiata-Polri Kolaborasi Terapkan Teknologi Body Worn Camera di KTT G20 Bali
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved