www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Kuasai Pasar SUV, Honda HR-V dan WR-V Cetak Penjualan Tertinggi di Semester Pertama 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Suntikan Dana Besar tapi Pengerjaan Proyek Terkesan Suka-suka, Ade Hartati Kritik PDAM
Senin, 20 November 2023 - 19:18:01 WIB

PEKANBARU - Sejumlah kendaraan di Kota Pekanbaru diketahui terperosok ke dalam bekas galian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dikerjakan PT PP Tirta Madani karena tidak ditutup rapi.

Kejadian itu membuat masyarakat geram karena pengerjaan proyek itu terkesan dilakukan sembarangan dan tidak mempedulikan keselamatan masyarakat sekitar.

Menanggapi hal tersebut anggota DPRD Riau dapil Kota Pekanbaru, Ade Hartati, menyebut bahwa pengerjaan SPAM yang setengah-setengah itu merugikan.

"Air itu 'kan kebutuhan dasar, namun jangan karena dia kebutuhan dasar pengerjaannya suka-suka yang mengerjakan gitu loh. Karena 'kan terkait juga dengan fasilitas umum. Di beberapa ruas jalan Pekanbaru ada bekas galian yang tidak ditutup lagi, mobil nyungsep (terperosok) disitu. Nah itu 'kan merugikan," kata dia saat dijumpai halloriau, Senin (20/11/2023).

Ade Hartati meminta agar PDAM bekerja dengan profesional, terlebih dengan kucuran dana yang cukup besar untuk mereka.

"Kita berharap bahwa PDAM kerjanya profesional. Ketika saya dulu masih di DPRD Kota Pekanbaru, suntikan dana ke PDAM itu cukup besar. Tapi 'kan dampaknya juga nggak kelihatan oleh masyarakat," pungkasnya.

Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Kota Pekanbaru dan stakeholder lain, lanjut Ade, ia meminta agar kontraktor yang mengerjakan proyek bisa melakukan lintas koordinasi agar tidak saling menyalahkan ketika masyarakat sudah mengeluh.

"Ya PDAM harus bekerja profesional lah. Terutama dalam hal pengadaan pipa-pipa air ke rumah-rumah masyarakat. Berkoordinasi, ada lintas koordinasi antara PDAM mungkin dengan PUPR atau PDAM dengan yang lain, sehingga tidak saling lempar tanggung jawab," tutupnya.

Diketahui, setidaknya ada dua kendaraan yang terperosok ke dalam bekas galian SPAM di Jalan Gotong Royong, Kota Pekanbaru pada Jumat (20/10/2023) lalu.

Kemudian satu unit truk colt diesel juga terperosok ke dalam bekas galian SPAM di Jalan Durian, Kota Pekanbaru, pada Rabu (15/11/2023).

Supardi, supir mobil colt diesel nahas itu menilai pengerjaan SPAM itu seolah asal-asalan bahkan di mata masyarakat awam. Harusnya Pemerintah Kota Pekanbaru tak membiarkan kontraktor bekerja tanpa pengawasan.

"Harusnya pemerintah kontrol proyek ini, sesuai SOP nggak? Ini cuek aja dengan keluhan-keluhan masyarakat, padahal dalam hal ini masyarakat yang paling dirugikan," pungkasnya.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR di http://simpulkpbu.pu.go.id/project/read/104/spam-kota-pekanbaru, proyek SPAM Pekanbaru merupakan infrastruktur air minum yang akan melayani beberapa kecamatan di Kota Pekanbaru.

Lingkup yang akan dikerjasamakan dengan Badan Usaha antara lain rehabilitasi dan peningkatan WTP dan reservoir yang untuk mencapai 500 l/d dan pembangunan fasilitas intake baru, WTP, dan reservoir dengan kapasitas 250 l/d. Badan Usaha Pelaksana ialah PT PP Tirta Madani.

Kategori proyek ini solicited dengan sektor permukiman, di mana Walikota Pekanbaru didelegasikan kepada Direktur Perumdam Tirta Siak Kota Pekanbaru bertindak sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dengan biaya konstruksi sebesar Rp692 miliar.

Penulis: Rinai
Editor: Satria

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Honda WR-V.Kuasai Pasar SUV, Honda HR-V dan WR-V Cetak Penjualan Tertinggi di Semester Pertama 2024
Suhardiman Amby mendapatkan dukungan dari Gerindra untuk maju di Pilkada Kuansing 2024.Suhardiman Amby Kantongi Rekomendasi dari Prabowo untuk Maju di Pilkada Kuansing
Spanduk dan baliho Bacalon Walikota Pekanbaru Agung Nugroho yang bertuliskan "Rangking 1".Spanduk Rangking Satu Agung Nugroho Bertebaran di Pekanbaru, Ini Maksudnya
Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto.Keren! Inilah Daftar Pemenang Riau Bhayangkara Run 2024
Daihatsu Sigra.Tutup Semester 1 2024, Daihatsu Catatkan Penjualan 89.378 Unit
  Andry Saputra.Sosok Andry Saputra Ketua DPC Gerindra yang Dapat Surat Tugas Maju di Pilwako Pekanbaru
ilustrasi.Warga Heran Jalan Ahmad Dahlan Tak Kunjung Diperbaiki, DPRD Pekanbaru Desak Pemerintah
ilustrasi pameran mobil.Penjualan Mobil Juni 2024, Daihatsu Sigra Terlaris, Toyota Avanza Naik Peringkat
ilustrasi: Nyamuk Anopheles.860 Kasus DBD Ditemukan Selama 5 Bulan di Riau, 1 Kasus Meninggal
Nico Williams memecah kebuntuan Spanyol di final Piala Eropa 2024.
Spanyol Berhasil Menjadi Juara Piala Eropa 2024, La Furia Roja Mengalahkan Inggris 2-1 di Final
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved