www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Disnaker Riau Akui Ada Persoalan K3 di PT PHR yang Sebabkan Banyak Kecelakaan Kerja
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
DPRD Pekanbaru Pertanyakan Penunjukan Idrus Sebagai Plt Sekwan
Rabu, 25 Januari 2023 - 12:04:07 WIB
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ginda Burnama (foto/int)
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ginda Burnama (foto/int)

PEKANBARU - Penunjukan Idrus sebagai Plt Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru menuai ragam reaksi dari wakil rakyat. Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ginda Burnama menyebut status Plt di Sekwan Pekanbaru sudah terlalu lama.

Posisi Plt Sekwan dimulai dari Alex Kurniawan, Zulfahmi Adrian, lalu Badria Rikasari, Baharudin kemudian dilanjutkan Maisisco. Kemudian terbaru ini ditunjuk Idrus yang juga menjabat Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Pekanbaru.

"Jujur, saya baru tahu pada Sabtu (21/1) lalu, bahwa Plt Sekwan itu ditunjuk Idrus yang juga Kepala Dinas Sosial. Saya tanyakan ini ke Ketua DPRD, disebutnya bahwa Pj Walikota yang memilih langsung Idrus," ungkap Ginda, Rabu (25/1/2023)

Ginda mempertanyakan penunjukkan Idrus sebagai Plt Sekwan ini. Sebab pihaknya ingin posisi Plt tersebut berasal dari internal di lingkungan Sekretariat DPRD Pekanbaru.

"Sebenarnya, komunikasi kami antar pimpinan itu inginnya Plt dari dalam (Sekretariat DPRD) saja. Meski Idrus menjabat sebagai Kepala Dinas, tapi beliau harus belajar lagi bagaimana pola, proses dan administrasi yang ada di DPRD Pekanbaru. Namun begitu, kita berharap beliau bisa cepat dan tanggap dalam melayani tugas-tugas kedewanan," sebutnya.

Ia mengungkapkan bahwa jabatan Idrus sebagai Plt Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru terhitung hanya selama 3 bulan

"Dari SK yang sudah ditandatangani Pj Walikota Pekanbaru itu posisi Idrus sebagai Plt Sekwan DPRD hanya tiga bulan. Namun, apabila surat dari KASN sudah keluar maka sudah boleh melantik Sekwan defenitif. Posisi Idrus sebagai Plt Sekwan ini bisa saja satu minggu, tiga hari, satu bulan. Intinya sampai tiga bulan kedepan itu posisi Plt Sekwan itu masih Idrus," kata Ginda.

Meski enggan menyebutkan nama, Ginda membocorkan bahwa bakal nama baru yang akan menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru definitif.

"Yang jelas, empat Pimpinan DPRD sudah menandatangani (Sekwan definitif) dan kami berempat semuanya setuju," ujarnya.

Politisi Gerindra ini berharap jabatan Sekwan DPRD Kota Pekanbaru definitif bisa segera dilantik dalam waktu dekat.

"Dari tahun 2019 sampai saat ini, saya sebagai salah satu Pimpinan DPRD Kota Pekanbaru merasakan Plt terus, tidak pernah defenitif," ucap Ginda.

Sementara itu, Pj Sekdako Pekanbaru Idra Pomi membenarkan soal penunjukan Plt Sekwan dan menjelaskan alasan dipilihnya Idrus sebagai Plt Sekwan untuk tiga bulan kedepan.

"Batas waktu Maisisco menjabat sebagai Plt Sekwan DPRD itu sudah dua kali. Berdasarkan peraturan, Posisi Plt itu hanya boleh dua kali, yakni hanya enam bulan artinya dua kali per tiga bulan. Nah, jadi sekarang sudah abis, harus dipegang orang lain," kata Pj Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Indra Pomi menambahkan, pergantian ini dilakukan seiring Maisisco sebagai Plt Sekwan telah berakhir pada 17 Januari 2023.

"Hasil assessment itu belum keluar dari KASN, berarti (posisi sekwan) kosong. Sementara, posisi Maisisco ini tidak bisa diperpanjang, maka sementara ditunjuk Plt sampai keluar hasil dari assessment," imbuhnya.

Alasan Pemko Pekanbaru sejauh ini belum menetapkan posisi Sekretaris DPRD definitif karena hasil assessment dari KASN belum keluar.

"Sebenarnya jabatan Sekwan DPRD kemarin waktu pendaftaran seleksi PTP itu kita buka. Ada beberapa yang mendaftar dan hasil assessment dalam proses dan harus dilaporkan ke KASN. Setelah hasil rekomendasi keluar, kita mesti minta izin ke Mendagri untuk melakukan pelantikan," paparnya.

Pemko Pekanbaru menunjuk Idrus sebagai Plt Sekwan Pekanbaru karena dinilai mampu memberikan pelayanan terbaik.

"Jadi pimpinan menilai Idrus ini orangnya supel, bisa bergaul dengan baik. Mungkin beberapa hari ke depan, beliau bisalah menyambung dengan posisi Plt Sekwan DPRD Pekanbaru," sebutnya.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Imron Rosyadi (foto/int)Disnaker Riau Akui Ada Persoalan K3 di PT PHR yang Sebabkan Banyak Kecelakaan Kerja
Pasar Induk Pekanbaru terbengkalai belum ada progres pembangunan (foto/detik)Pembangunan Pasar Induk Masih Terbengkalai, Kadisperindag Sebut Begini
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pekanbaru Alan Kurnia (foto/Rahmat)Sejumlah Wilayah di Pekanbaru Masih Terendam Banjir
Kasatpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian saat razia mengantisipasi LGBT (foto/Rahmat)Antisipasi LGBT, Satpol PP Pekanbaru Sidak Tempat Hiburan Malam
Nissan X-TrailNissan X-Trail Tawarkan 32 Aksesori Baru
  Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi saat ekspos kasus pembegalan (foto/Bayu)12 Anggota Geng Motor Diringkus di Pekanbaru, Begal Tiga Motor Satu Malam
Anggota Komisi I DPRD Riau Abdul Kasim (foto/int)Terkait Dugaan Penyalahgunaan Jabatan di KPID, DPRD Riau Sarankan Bentuk Dewan Kehormatan
Musrenbang Kecamatan Lubuk Batu Jaya 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu (foto/int)Musrenbang Lubuk Batu Jaya, Infrastruktur dan Pendidikan Dominasi Usulan Prioritas
Rumah Kapitan Oei Hi Tam jadi destinasi wisata di Rohil (foto/int)Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
Rizky Billar dan Lesti Kejora saat berada di stadion (foto/int)Haters Ditetapkan Tersangka, Rizky Billar Bersyukur
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved