www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pemko Pekanbaru Belum Bisa Pastikan Kapan CFD Kembali Dibuka
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Suzuki Laksanakan Lagi Program Clean Up The World di Pulau Morotai
Jumat, 26 Mei 2023 - 12:04:13 WIB
Suzuki Indonesia menggelar program Clean Up the World bersama Pemkab Pulau Morotai di area konservasi mangrove (foto/ist)
Suzuki Indonesia menggelar program Clean Up the World bersama Pemkab Pulau Morotai di area konservasi mangrove (foto/ist)

JAKARTA - Suzuki kembali menggelar program "Clean Up the World". Kegiatan dalam rangka memperingati World Environment Day 2023, Suzuki Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai di area konservasi mangrove.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Suzuki sebagai wujud komitmen dan aksi nyata untuk menjaga lautan. Pada kesempatan ini, Suzuki mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya menjaga pantai dan bahaya dari kerusakan lingkungan pantai.

"Melalui program Clean Up the World ini, kami berharap dapat mengedukasi dan menggerakkan masyarakat untuk peduli dan menjaga lingkungan sekitar, terutama wilayah laut. Kami menyadari pentingnya kesadaran untuk menjaga lingkungan sejak dini. Sehingga Suzuki mengadakan edukasi anak untuk mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan bahaya rusaknya lingkungan. Serta bersama-sama mempraktikkan langsung upaya penjagaan ini," terang Aceng Ulumudin, Department Head of Marine PT Suzuki Indomobil Sales.

Kegiatan Clean Up the World Morotai ini dihadiri Ida Arsyad selaku Asisten III Setda Pemkab Pulau Morotai, Yoppy Jutan selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pulau Morotai, Nurhayati selaku Camat Morotai Selatan, dan lainnya.

Clean Up the World Morotai ini diikuti oleh 150 orang, yang terdiri dari anak-anak nelayan, warga sekitar, Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, dan perwakilan pihak PT Suzuki Indomobil Sales serta diler Suzuki Marine.

Suzuki mengajak seluruh masyarakat yang terlibat langsung untuk mengikuti rangkaian acara yang dilakukan selama Clean Up the World Morotai. Adapun kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan materi dan informasi mengenai cara dan pentingnya memilah dan menggolongkan sampah yang sudah tidak terpakai menjadi dua golongan, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Kemudian, dilanjutkan dengan aksi nyata membersihkan sampah yang ada di pantai. Dalam durasi 1,5 jam, Suzuki dan masyarakat berhasil mengumpulkan 396 Kg sampah yang utamanya terdiri dari sampah plastik, disertai oleh botol kemasan, plastik kemasan, dan styrofoam.

Sebagai bentuk kontribusi secara langsung yang positif bagi kebersihan pantai, Suzuki memberikan donasi berupa 50 unit tempat sampah berukuran 50 liter kepada Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai di akhir rangkaian acara.

Kegiatan membersihkan area konservasi mangrove ini disambut dengan antusias oleh anak-anak setempat. Ketika kegiatan dimulai, mereka dengan semangat mengambil kantong sampah besar dan secara berkelompok berpencar mencari sampah-sampah yang terlihat di area tersebut. Salah satu anak, Aprillia, menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan karena dilakukan bersama-sama dan lingkungan tempat tinggalnya jadi bersih.

Ida Arsyad, Asisten III Setda Pemkab Pulau Morotai berterima kasih terhadap upaya positif yang dilakukan oleh Suzuki untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan sekitar terutama laut.

"Kami sangat berterima kasih kepada Suzuki yang telah menggelar program Clean Up the World dengan rangkaian kegiatan positif di dalamnya. Harapan kami, kegiatan ini dapat membangun kesadaran masyarakat sejak dini mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar, khususnya kelestarian lingkungan pesisir karena juga akan memberi dampak ekonomi yang berkesinambungan bagi masyarakat," terangnya.

Program Clean Up the World merupakan salah satu agenda dari kampanye besar Suzuki Motor Corporation, yaitu Suzuki Clean Ocean Project. Di mana kegiatan ini dilakukan setiap tahun untuk menjaga lautan.

Selain Clean Up the World, dua agenda lain yang dinaungi kampanye Suzuki Clean Ocean Project adalah reduce plastic packaging, yaitu aksi untuk mengurangi pemakaian kemasan plastik pada suku cadang resmi mesin tempel suzuki, dan collect marine micro-plastic waste, yang direalisasikan lewat pemasangan teknologi microplastic collecting device pada mesin DF115B Suzuki. 

Tercatat telah ada 13 ribu orang yang berpartisipasi pada kegiatan ini terhitung sejak Clean Ocean Project yang diselenggarakan secara global pada tahun 2010. Bahkan per Desember 2022 kampanye ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 28 ton material plastik.

Kegiatan Clean Up The World ini telah dilakukan selama kurang lebih 10 tahun dan sudah diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia seperti tahun 2014 di Tanjung Pasir, tahun 2015 dan 2016 di Ancol, tahun 2017 di Pantai Jatimalang yang berlokasi di Purworejo, dan tahun 2018 Pantai Matahari Terbit di Sanur-Bali.

Kemudian tahun 2019 Pantai Kusamba di Klungkung-Bali, tahun  2020 Pulau Pari di Kepulauan Seribu, tahun 2021 di Pangandaran, tahun 2022 di Pulau Bunaken dan Pantai Biru di Makassar. Pada tahun ini, Suzuki Motor Corporation menargetkan 2500 partisipan bergabung dalam kegiatan Clean Up the World 2023 secara global. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Ilustrasi CFD Pekanbaru selalu ramai diikuti masyarakat (foto/int)Pemko Pekanbaru Belum Bisa Pastikan Kapan CFD Kembali Dibuka
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/int)Hotel Pemprov Riau di Jakarta Akan Groundbreaking Juni Mendatang
Tumpukan sampah di Jalan Gulama, RT 04/RW 04, Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru (foto/int)Sampah Menumpuk di Jalan Gulama Pekanbaru, Warga Keluhkan Bau Busuk
  Kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan SM Amin menuju Jalan Naga Sakti (foto/tribunpku)Sering Macet, Warga Minta Pemko Aktifkan Lampu Lalu Lintas Disimpang SM Amin-Naga Sakti
Asisten I  Pemkab Rohil Drs Ferry menghadiri malam pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-42 Provinsi Riau (foto/afrizal)Pejabat Pemkab Rohil Hadiri Malam Taaruf dan Pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-42 Riau
Bupati Kepulauan Meranti tampak melambaikan tangan, bertepuk tangan menyambut riang saat kafilah melintas di panggung mimbar kehormatan pelepasan Pawai Ta’aruf.Tampil Memukau, Kafilah Kepulauan Meranti Meriahkan MTQ Provinsi Riau Ke-42 di Kota Dumai
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved